Blog

Tips Agar Bayi 8 Bulan Mau Makan

Tips Agar Bayi 8 Bulan Mau Makan – Sebagian anak memang akan susah makan. Mereka bisa saja menolak makanan yang sudah Anda berikan karena tidak sesuai dengan selera mereka. Si kecil juga sudah mulai bisa untuk memilih-milih makanan jadi tidak semua makanan yang Anda sediakan akan cocok dengan keinginannya.

Tips Agar Bayi 8 Bulan Mau Makan

Oleh karena itu sebagai ibu sangatlah penting untuk Anda bisa berkreasi dengan berbagai macam makanan untuk membuat si kecil mau makan dengan lahap. Bentuk dari bahan makanan yang kurang menarik dan juga rasanya yang tidak sesuai dengan keinginannya membuat si kecil menjadi sulit untuk makan.

Namun Anda tidak perlu takut karena berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat si kecil bisa makan dengan lahap.

Baca Tips agar Bayi 8 Bulan mau Makan Berikut Ini

  1. Sabar

Pertama yang penting dilakukan adalah selalu sabar saat mengajak anak untuk makan. Si kecil bisa saja rewel karena makanan yang Anda sediakan kurang sesuai dengan seleranya. Oleh karena itu si kecil menjadi tidak mau makan. Padahal ia juga harus mencoba berbagai macam makanan yang lainnya.

Jangan memaksa si kecil bila ia menolak beberapa jenis makanan tertentu. Anda bisa mencoba memberikannya lain kali. Bahkan satu jenis makanan terkadang harus dicoba selama 15 kali sampai si kecil mau dan menyukainya.

  1. Biarkan si kecil makan sendiri

Tips agar bayi 8 bulan mau makan dengan lahap yang selanjutnya adalah membiarkannya untuk makan sendiri. Biasanya ketika Anda menyuapi si kecil, ia akan meraih tangan Anda dan mencoba untuk mengambil sendoknya. Hal ini berati si kecil memang mau untuk makan sendiri.

Coba untuk berikan sendok makan tersebut sambil Anda mencoba untuk tetap menyuapinya. Biarkan apabila si kecil mau makan sendiri walaupun berantakan. Selain itu hindari juga untuk memaksanya menghabiskan makanan yang sudah Anda buat. Si kecil akan merasa proses makan menjadi kurang menyenangkan dan tertekan sehingga lebih mudah rewel saat waktu makan tiba.

  1. Sesuai dengan waktu makannya

Penting juga untuk mengatur makannya sesuai dengan waktu saat ia merasa lapar. Ketika si kecil rewel dan lapar, segera berikan bubur bayi organik. Kegiatan ini bisa Anda lakukan secara rutin untuk membentuk pola atau jadwal makan rutinnya. Sehingga si kecil sudah terbiasa dengan jadwal makan tersebut setiap harinya.

  1. Suasana makan yang menyenangkan

Suasana makan yang menyenangkan juga bisa mempengaruhi si kecil untuk makan atau tidak. Si kecil yang merasa proses makan tersebut menyenangkan tidak akan tertekan sehingga tidak mudah rewel menjelang dan saat waktu makannya. Selain itu si kecil juga bisa makan dengan lebih lahap.

Contoh untuk membangun suasana makan yang menyenangkan adalah dengan ajak ia makan sambil mengobrol atau bernyanyi. Hal ini untuk menghilangkan rasa tertekan pada si kecil saat makan. Namun hindari untuk mengajak si kecil makan sambil bermain atau menonton TV. Dikarenakan si kecil bisa saja lebih tertarik dengan tontonannya daripada dengan makannya sehingga tidak bisa makan dengan cukup banyak.

  1. Sayur tersembunyi

Tidak semua bayi menyukai sayur, oleh karenanya tips agar bayi 8 bulan mau makan MPASI adalah dengan memberikan sayur tersembunyi pada bubur bayi organiknya. Sayur tersembunyi tersebut bisa berupa parutan wortel atau cincangan bayam halus. Pastikan si kecil tidak mengetahui jika Anda mencampurkan sayuran dalam bubur tersebut.

  1. Menggunakan porsi yang kecil

Penting untuk memberikan porsi yang kecil pada bayi yang baru memulai MPASI-nya. Si kecil masih memiliki sistem pencernaan yang berkembang sehingga tidak bisa menerima makanan dalam jumlah yang banyak secara mendadak. Untuk itu tidak apa bila si kecil hanya menghabiskan 2 sampai 3 sendok bubur bayi organik. Nantinya Anda bisa mencoba menyuapinya lagi dalam selang waktu 1 hingga 2 jam.

  1. Berikan asupan bubur organik

Bubur organik berbeda dari bubur MPASI biasa karena dibuat dari berbagai bahan alami tanpa pengawet dan MSG. Anda bisa membuatkan si kecil bubur organik atau membeli produk bubur instan.

Untuk yang sehat, ada rekomendasi bubur buatan ONIC yang diisi dengan banyak daging dan sayur. Cara penyiapannya amat mudah karena tinggal dipanaskan dan bubur ini rasanya enak apalagi tersedia dalam 14 varian rasa berbeda yang pasti disukai bayi. Oleh karena itu, Anda bisa memilihkan rasa kesukaan si kecil agar mereka mau makan.

Nutrisi yang Dibutuhkan si Kecil untuk Perkembangan Otaknya

Si kecil pastinya membutuhkan berbagai macam makanan yang mengandung nutrisi yang penting untuk perkembangan otaknya. Terutama ketika masih memasuki usia 8 bulan dimana masa-masa pertumbuhannya.

Berikut adalah beberapa jenis nutrisi yang sangat ia butuhkan:

  1. Kolin

Kolin ini sangat penting karena berguna untuk perkembangan sel-sel otak si kecil dan juga pembentukan tulang belakangnya. Selain itu juga menurut penelitian, kolin ini juga bagus untuk membantu peningkatan fungsi kognitifnya. Kolin tersebut bisa didapatkan dari ASI.

Jadi walaupun sudah berusia 8 bulan, Anda tetap bisa memberikan ASI disela-sela waktu makan MPASI-nya. Sedangkan untuk sang ibu juga harus mengonsumsi kedelai, susu dan telur yang merupakan sumber kolin. Jadi kandungan kolin pada ASI Anda tetap bisa terjaga dan bisa memenuhi kebutuhan kolin si kecil.

  1. Protein

Nutrisi selanjutnya yang juga sangat penting untuk perkembangan si kecil adalah protein. Protein ini juga sama halnya dengan kolin yang berguna untuk membantu perkembangan otaknya. Selain itu adanya protein juga membantu dalam perkembangan panca indranya. Untuk ibu yang menyusui Anda bisa mengonsumsi makanan seperti kacang kedelai, daging, kacang-kacangan, ikan dan juga telur.

Si kecil juga bisa mengonsumsi MPASI dengan kandungan tersebut untuk membantu mendapatkan nutrisi protein yang lebih maksimal. Tips agar bayi 8 bulan mau makan sampai habis dengan beberapa campuran makanan di atas adalah dengan mengkreasikan makanan si kecil semenarik mungkin agar ia tertarik untuk mencobanya.

  1. Asam folat

Kandungan makanan yang juga tidak kalah penting dan sangat dibutuhkan untuk si kecil adalah asam folat. Asam folat tersebut berguna untuk perkembangan otaknya. Bahkan juga bisa membantu untuk mencegah terjadinya tumor otak.

Asam folat ini banyak ditemukan pada ikan tuna atau ikan salmon. Jika si kecil kurang menyukai MPASI dengan tambahan ikan secara langsung Anda bisa mencoba mengkreasikannya menjadi menu yang lain seperti nugget.

  1. Zat besi

Zat besi juga nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh si kecil karena berguna untuk membantu kinerja otaknya. Selain itu zat besi juga berguna dalam pembentukan sel darah merah atau hemoglobin. Zat besi tersebut bisa didapatkan dari makanan berupa sayuran, daging, sereal dan juga telur.

Beberapa tips agar bayi 8 bulan mau makan di atas bisa menjadi solusi untuk Anda ketika si kecil selalu rewel pada saat waktu makan MPASI-nya.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp