Blog

Tips Agar Bayi 8 Bulan Tidur Nyenyak

Tips Agar Bayi 8 Bulan Tidur Nyenyak – Si kecil pastinya juga sangat membutuhkan tidur. Hal ini karena tidur menjadi waktu dimana hormon pertumbuhan si kecil akan berkembang sehingga pertumbuhan dan juga perkembangan si kecil banyak terjadi pada saat ia tidur.

Si kecil masih belum mengenal perbedaan siang dan malam sehingga membuat si kecil kurang bisa tidur dengan nyenyak. Hal ini sering kali membuat orang tua stress karena si kecil yang jadwal tidurnya tidak beraturan. Oleh karena itu berikut adalah beberapa tips agar si kecil bisa tidur dengan nyenyak.

Tips Agar Bayi 8 Bulan Tidur Nyenyak

Tips Agar Bayi 8 Bulan Tidur Nyenyak Dengan Mudah

  1. Mengurangi frekuensi untuk mengganti popoknya

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah hindari untuk terlalu sering mengganti popoknya. Penggunaan popok dengan daya serap yang tinggi dan juga anti bocor akan lebih bagus digunakan menjelang waktu tidurnya saat malam.

Sehingga si kecil tidak akan mudah terganggu dengan popok yang sering bocor dan menggantinya. Selain itu ganti popok pada saat si kecil buang air besar. Gunakan tisu yang sudah dibasahi dengan air hangat agar si kecil tidak kaget saat Anda membersihkan pantatnya.

  1. Menenangkannya dengan cara membedongnya

Sudah menjadi hal yang biasa ketika si kecil menyukai udara yang hangat. Hal ini juga karena ia berada di dalam kandungan ibu selama 9 bulan. Sehingga ketika si kecil terbangun terkadang ia masih terkejut dengan udara yang dingin.

Oleh karenanya, tips agar bayi 8 bulan tidur nyenyak sepanjang malam adalah dengan membedongnya saat ia terbangun. Hal ini bisa membantunya untuk merasa lebih nyaman sehingga bisa tertidur kembali.

  1. Menggunakan lampu tidur yang redup

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat agar lampu tidurnya menjadi redup. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi agar si kecil lebih mudah tidur dengan cepat dan nyenyak.

Selain itu, menggunakan lampu yang redup untuk kamarnya di malam hari membantu agar si kecil bisa mengetahui perbedaan antara siang dan malam. Jadi lama-kelamaan nantinya ia akan mulai mengerti tentang jadwal tidurnya tersebut. Selain itu gunakan juga posisi lampu tidur dengan posisi yang nyaman sehingga mata si kecil tidak terganggu.

  1. Memasang musik yang lembut

Si kecil akan lebih mudah tidur dan juga kualitas tidurnya bisa terjaga karena suasana kamar yang tenang. Untuk itu hindari menggunakan kamar yang kurang bisa meredam suasana berisik.

Tips agar bayi 8 bulan tidur nyenyak sampai pagi adalah dengan memutarkan musik dengan suara yang lembut. Coba untuk menggunakan alunan musik klasik yang menenangkan untuk membantu agar si kecil bisa tidur dengan lebih nyenyak.

  1. Menggunakan ruang dengan white noise

White noise merupakan kombinasi atau gabungan suara dari berbagai macam frekuensi yang berguna untuk menutupi suara yang bisa mengganggu. Misalnya suara orang yang berbicara, membuka pintu hingga berbagai macam aktivitas lainnya. White noise ini sebenarnya terinspirasi dari kondisi saat si kecil masih di dalam kandungan dimana dikelilingi oleh cairan ketuban.

White noise ini juga bagus untuk membantu menghentikan si kecil agar tidak menangis. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyalakan hairdryer atau kipas angin. Namun saat ini bahkan sudah ada alat khusus yang berguna untuk menghasilkan suara white noise tersebut.

  1. Menggunakan baby swing

Menggunakan baby swing juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu si kecil tidur dengan lebih mudah. Penggunaan alat ini akan membuat si kecil merasa diayun-ayunkan. Hal ini tentu saja lebih praktis karena Anda tidak harus selalu menggendong si kecil dimana bisa menjadi kebiasaan untuknya.

Anda hanya perlu meletakkan si kecil pada baby swing saat waktu atau jadwalnya untuk tidur siang atau malam. Kemudian gerak-gerakkan baby swing tersebut hingga si kecil tertidur. Nantinya Anda bisa memindahkannya ke tempat tidurnya.

  1. Memberikan teman tidur

Tips agar bayi 8 bulan tidur nyenyak tanpa terbangun selanjutnya adalah dengan memberinya teman tidur. Teman tidur tersebut bisa berupa guling atau boneka. Namun kebanyakan memang akan menggunakan boneka. Anda bisa meletakkan boneka di samping si kecil saat akan tidur.

Hal ini akan membantunya untuk merasa nyaman dan tidak sendirian. Akan tetapi hindari untuk menggunakan boneka dengan ukuran yang terlalu besar. Akibatnya si kecil bisa saja kesulitan untuk bernafas karena terhalang oleh boneka dengan ukuran yang terlalu besar tersebut.

  1. Membatasi waktu untuk tidur siangnya

Pada waktu siang hari akan lebih baik jika si kecil lebih banyak untuk beraktivitas. Misalnya seperti bermain atau berjalan-jalan. Waktu tidur si kecil pada siang hari memang akan lebih berkurang namun hal ini lebih baik karena nanti di malam hari si kecil bisa tidur dengan lebih nyenyak dan juga cepat.

Si kecil yang terlalu banyak tidur di siang hari kemungkinan nanti pada saat malam hari lebih aktif dan lebih sering begadang. Oleh karenanya lebih baik jika waktu di siang hari bisa dimanfaatkan untuk bermain atau mengasah perkembangannya.

  1. Hindari makan terlalu mepet

Kebanyakan orang mungkin akan berpikir jika si kecil makan sebelum tidur bisa membuatnya tidur dengan lebih nyenyak. Padahal justru sebaliknya. Kondisi perut si kecil yang penuh akan membuatnya kesulitan untuk tidur dengan cepat.

Oleh karena itu lebih baik Anda memberikan si kecil MPASI berupa bubur bayi organik sekitar 1 hingga 2 jam sebelum waktu tidurnya. Hal ini untuk membuat sistem pencernaannya lebih nyaman namun si kecil masih merasa kenyang.

Jika Anda tidak ingin telat memberikan asupan pada si kecil karena terlalu lama menyiapkan MPASI maka Anda dapat memberikannya bubur organik ONIC. Bubur ini praktis dihidangkan karena tinggal dipanaskan saja sebelum diberikan pada bayi. Tersedia dalam 14 varian rasa enak dan juga banyak daging serta sayurnya. Pastikan bayi kenyang sehingga tidak rewel saat jam tidur.

  1. Membuat suasana kamar yang nyaman

Suasana kamar yang nyaman juga akan bagus untuk membantu si kecil agar bisa tidur dengan lebih tenang dan nyaman. Buatlah kamar menjadi redup dengan menggunakan lampu tidur. Kemudian atur agar suhu kamar tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Suhu yang tepat untuk kamar si kecil berkisar antara 25 atau 26 derajat Celsius. Hindari juga untuk memilih kamar yang tidak bisa mengurangi suara yang terdengar dari luar atau suara yang berisik.

Sudah menjadi hal yang wajar dan biasa apabila si kecil kurang bisa tidur dengan nyenyak. Hal ini juga karena ia masih belum bisa membedakan waktu antara siang dan malam. Oleh karena itu Anda perlu melakukan beberapa tips agar bayi 8 bulan tidur nyenyak di atas.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp