Blog

Tips Agar Bayi 9 Bulan Cepat Berjalan

Tips Agar Bayi 9 Bulan Cepat Berjalan – Setiap anak memiliki proses untuk berkembangnya masing-masing. Ada yang cepat atau ada juga yang lambat. Salah satunya adalah perkembangan si kecil untuk berjalan. Si kecil biasanya sudah bisa mulai berjalan atau melangkahkan kakinya pada usia 14 bulan.

Tips Agar Bayi 9 Bulan Cepat Berjalan

Namun ada juga yang berusia 7 tahun sudah bisa melangkah. Biasanya paling lambat bisa terjadi pada usia 18 bulan. Si kecil yang sudah bisa menarik badannya untuk berdiri akan lebih bersemangat untuk menjelajah lingkungannya. Akan lebih baik jika Anda tidak membatasi pergerakannya.

Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan agar si kecil sudah bisa berjalan saat berusia 9 bulan.

10 Tips agar Bayi 9 Bulan Cepat Berjalan Lancar

  1. Menawari si kecil hadiah

Coba berikan jarak antara Anda dan juga si kecil. Agar ia mau berjalan ke arah Anda, coba untuk memegang hadiah atau mainan supaya ia mau mengambilnya. Anda juga bisa mengganti mainan tersebut dengan makanan kesukaannya.

Cara lainnya adalah dengan merentangkan kedua tangan Anda seakan-akan mau memeluknya. Nanti biarkan si kecil mencoba belajar berjalan sendiri ke arah Anda. Jangan lupa untuk memberinya apresiasi atau pujian untuk membuatnya senang dan lebih bersemangat belajar berjalan.

  1. Bermain “tarik tambang”

Tips agar bayi 9 bulan cepat berjalan sendiri yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan bermain tarik tamban dengannya. Caranya adalah coba untuk membuat si kecil agar mau menarik tangan Anda sampai bergerak.

Anda juga bisa mencoba menariknya agar si kecil mau untuk bergerak. Untuk membantu si kecil berpegangan, Anda tidak perlu menggunakan tali atau tambang. Cukup gunakan boneka atau tangan Anda sebagai pegangannya.

  1. Meletakkan bayi di lantai

Jika Anda ingin membuat si kecil bisa berjalan dengan lebih cepat, maka mulai sekarang hindari untuk menggendong si kecil terlalu sering saat di rumah. Kecuali memang dalam keadaan yang mendesak. Anda bisa meletakkan si kecil di lantai saja dan biarkan ia berusaha untuk berdiri sendiri. Bahkan bisa saja si kecil juga akan berusaha untuk berjalan sedikit demi sedikit.

Tujuannya untuk membangun rasa percaya diri si kecil agar ia bisa berusaha untuk berjalan sendiri. Si kecil yang terlalu sering Anda gendong walaupun hanya di rumah saja, justru bisa membuatnya menjadi kurang bisa mandiri dan sulit untuk mulai belajar berjalan. Bahkan bisa saja si kecil tidak mau berdiri karena sudah terlalu nyaman Anda gendong.

  1. Menggunakan hewan peliharaan yang aktif

Tips agar bayi 9 bulan cepat berjalan dan berdiri adalah dengan menggunakan bantuan dari hewan peliharaan. Siapa yang mengira bahwa memiliki hewan peliharaan juga bisa membantu agar si kecil bisa berjalan dengan lebih cepat.

Si kecil biasanya akan menyukai hewan peliharaan. Jika Anda memiliki anjing yang tenang maka Anda bisa mencoba membiarkan si kecil agar berjalan-jalan dengan anjing tersebut. Namun tetap dalam pengawasan Anda. Anda juga bisa melibatkan si kecil untuk memberinya makan dan minum hewan tersebut.

  1. Berenang

Berenang biasanya menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk si kecil. si kecil yang berenang secara tidak langsung juga sedang belajar untuk menggerakkan kakinya. Hal ini bagus untuk membantu menguatkan otot kakinya saat belajar berdiri dan berjalan nanti. Ajari si kecil untuk bisa menendang di bawah air.

Jika Anda memilih menggunakan kolam dengan air yang dangkal, coba ajak si kecil untuk berjalan-jalan sambil terus dipegangi kedua tangannya. Hal ini juga berguna untuk membantu kekuatan kakinya dalam menopang berat tubuhnya.

  1. Menggunakan mainan yang didorong

Menggunakan mainan yang memiliki roda atau yang bisa didorong juga bisa menjadi salah satu tips agar bayi 9 bulan cepat berjalan dengan tegak. Namun pastikan jika jenis mainan yang digunakan tersebut kokoh untuk digunakan si kecil belajar berjalan.

Hal ini karena si kecil akan berpegangan dan sebagian besar berat tubuhnya akan bertopang pada mainan tersebut. Penting juga untuk menggunakan mainan yang memiliki ukuran roda yang besar agar mainan tersebut tidak mudah terguling atau miring saat didorong si kecil.

Berbeda lagi jika si kecil sudah bisa untuk melangkah. Anda bisa menggunakan jenis mainan yang tanpa roda sekalipun untuk membantu si kecil berjalan. Misalnya menggunakan kotak mainan yang besar atau menggunakan kursi. Akan tetapi pastikan jika berat dari benda tersebut cukup kuat untuk menopang si kecil. selain itu pastikan lantai Anda tidak licin agar si kecil tidak terpeleset.

  1. Belajar dengan teman sebayanya

Belajar berjalan dengan teman yang juga seumuran dengannya biasanya akan lebih membuatnya bisa berjalan dengan cepat. Hal ini karena si kecil merasa termotivasi sehingga juga ingin sama dengan temannya itu.

Anda bisa membuat si kecil dan temannya itu untuk berlomba mengambil benda yang Anda pegang dan memancingnya agar mau berjalan ke arah Anda. Jangan lupa untuk memberikan pujian pada si kecil yang sudah berani untuk melangkah.

  1. Bertelanjang kaki

Si kecil yang belajar untuk berjalan akan lebih baik tidak menggunakan alas apapun atau bertelanjang kaki. Hal ini bertujuan agar menguatkan otot pergelangan kakinya, membentuk otot kaki dan juga agar telapak kakinya bisa lebih kuat. Si kecil yang berjalan tanpa menggunakan alas kaki akan lebih cepat untuk menyeimbangkan badannya dan juga melatih koordinasinya.

Namun penting untuk memastikan bahwa rumput atau lantai tersebut aman dari benda tajam atau hal-hal yang bisa membahayakan. Selain itu jika udaranya cukup dingin, maka beri si kecil kaus kaki dengan alas yang kesat agar tidak terpeleset.

  1. Menggenggam tangannya

Cara yang satu ini adalah yang paling umum dan bisa Anda lakukan untuk mengajari si kecil berjalan. Berjalan di belakang si kecil sambil Anda memegang tangannya dan biarkan si kecil berjalan ke arah yang ingin ia tuju. Coba untuk memegang lengannya dengan cukup tinggi untuk membantu tubuhnya bisa berdiri dengan tegak. Usahakan agar telapak kakinya tetap bisa menapak pada tanah.

  1. Berikan asupan bernutrisi

Asupan bernutrisi pasti juga akan berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil. Karena itu Anda perlu memastikan pemberian asupan bernutrisi bagi si kecil. Misalnya memberikan mereka bubur organik menyehatkan yang banyak daging dan sayur seperti bubur organik ONIC.

Bubur ini tidak terlalu cair dan rasanya enak. Selain itu juga bebas dari MSG dan pengawet meski dikemas instan. Di dalamnya mengandung nutrisi seimbang dari bahan alami yang baik bagi bayi.

Melihat si kecil yang sudah bisa berjalan dengan kakinya sendiri terkadang membuat banyak orang tua yang tidak sabar. Untuk itu Anda bisa melakukan tips agar bayi 9 bulan cepat berjalan di atas untuk membantu si kecil agar bisa berjalan dengan lebih cepat.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp