Blog

Tips Agar Bayi 9 Bulan Cepat Gemuk

Tips Agar Bayi 9 Bulan Cepat Gemuk – Si kecil yang sudah berusia 9 bulan adalah masa dimana ia akan mengalami perubahan fisik dan juga kecerdasannya yang meningkat dalam mengolah sensor motoriknya. Bobot bayi yang selalu meningkat juga menjadi salah satu tanda bahwa ia sehat.

Tips Agar Bayi 9 Bulan Cepat Gemuk

Biasanya si kecil yang berusia 9 bulan memiliki berat yang ideal sekitar 8,9 kg dengan tinggi badannya sekitar 70,5 cm. Namun terkadang ada juga bayi yang kurang memiliki berat badan sesuai dengan standarnya tersebut.

Untuk itu berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu berat badan si kecil agar naik sesuai dengan usianya.

Tips agar Bayi 9 Bulan Cepat Gemuk

  1. Menggunakan menu makan yang bervariasi

Tips yang pertama adalah memberikan menu makanan atau MPASI untuk si kecil yang bervariasi. Menu makanan yang beraneka macam tersebut berguna agar si kecil tidak bosan sehingga nafsu makannya tidak menurun. Nafsu makan si kecil yang menurun dalam waktu yang lama pastinya akan menyebabkan si kecil yang berkurang berat badannya.

Selain itu si kecil umumnya menyukai berbagai macam varian rasa MPASI yang berbeda-beda setiap hari. Dikarenakan lidah si kecil suka untuk merasakan sesuatu yang baru yang berbeda dan bisa membuatnya semangat saat makan. Dengan begitu berat tubuh si kecil juga akan naik dengan lebih mudah dan cepat.

  1. Memberikan vaksin tertentu

Tips agar bayi 9 bulan cepat gemuk dan sehat selanjutnya adalah dengan memberikan jenis vaksin tertentu. Pemberian vaksin untuk si kecil berguna agar memperkecil kemungkinan si kecil terkena virus yang dibawa oleh orang lain atau karena polusi seperti radikal bebas.

Biasanya jenis vaksin yang dimaksud adalah vaksin untuk menghindarkan si kecil dari penyakit cacar, campak dan lainnya. Si kecil yang terkena virus tertentu bisa menyebabkan ia menjadi kurang nafsu makan untuk jangka waktu yang lama. Hal ini pastinya membuat si kecil mengalami penurunan berat badan. Oleh karenanya penting untuk selalu membawa si kecil ke acara imunisasi secara rutin.

  1. Menggunakan suplemen tambahan

Jika memang memungkinkan, si kecil yang berusia 9 bulan sudah bisa Anda berikan tambahan suplemen untuk membantu kenaikan berat badannya. Pemberian suplemen ini sangat bagus untuk si kecil yang sulit makan atau yang mau minum ASI saja.

Akan tetapi sebaiknya pemberian suplemen makanan tersebut bisa didasarkan atas usia yang cocok dengan si kecil. Lebih baik juga Anda bertanya pada dokter mengenai jenis obat yang cocok atau sesuai untuk si kecil.

  1. Pemberian asupan gizi yang seimbang

Selain mengusahakan untuk meningkatkan berat badan si kecil, Anda juga harus memberikan makanan dengan kandungan gizi yang seimbang yaitu 4 sehat 5 sempurna. Kandungan gizi yang lengkap tersebut juga termasuk dalam tips agar bayi 9 bulan cepat gemuk berat ideal.

  1. Berjemur

Mungkin banyak yang kurang mengetahui bahwa berjemur juga bisa meningkatkan berat badan si kecil. Si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan akan sangat membutuhkan asupan sinar matahari yang mengandung vitamin D.

Kegunaan dari vitamin D tersebut bagus untuk anti bakteri yang berguna dalam menyehatkan dan juga memperbaiki tulang serta jaringan pada hati. Selain itu juga berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya yang bisa berpengaruh pada nafsu makannya.

  1. Tidur dengan cukup

Waktu tidur yang dibutuhkan untuk bayi biasanya sekitar lebih dari 12 jam dalam sehari untuk membantu perkembangan tubuhnya dan juga agar kesehatannya stabil. Si kecil yang waktu tidurnya kurang bisa lebih mudah untuk sakit sehingga juga bisa mempengaruhi tingkat nafsu makannya.

  1. Tetap memberikan ASI

Si kecil yang sudah berusia 9 bulan akan lebih baik masih tetap mengonsumsi ASI. Bahkan disarankan untuk menggunakan ASI eksklusif selama sampai usia 2 tahun. Hal ini dikarenakan ASI menjadi makanan terbaik yang mengandung anti bakteri.

Anti bakteri tersebut berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga tidak akan mudah sakit. si kecil yang selalu sehat akan lebih mudah untuk mengalami kenaikan berat badan dibandingkan dengan yang sering sakit.

Daftar Makanan untuk Membantu Menaikkan Berat Badan si Kecil

  1. Bubur organik

Bubur organik seperti namanya terbuat dari bahan-bahan yang alami sehingga menyehatkan bagi bayi. Bubur ini dapat dibuat dari daging, sayur dan buah. Jika Anda ingin memberikannya asupan MPASI berupa bubur organik namun kesusahan membuatnya, maka Anda bisa memberikan bubur organik instan.

Seperti bubur buatan pabrikan ONIC yang bebas bahan pengawet serta MSG dengan rasa yang enak. Bubur ini dibuat dari bahan alami termasuk daging dan sayur sehingga bernutrisi. Cocok untuk membantu menaikkan berat badan si kecil secara menyehatkan.

  1. Bubur susu

Memberikan bubur susu juga bisa menjadi tips agar bayi 9 bulan cepat gemuk dengan alami. Bubur susu biasanya terbuat dari gandum utuh atau beras merah yang kemudian ditambahkan dengan susu sehingga tidak membutuhkan gula lagi.

Bubur susu tersebut mengandung protein, kalsium dan juga serat yang tinggi dimana bagus untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Ketika sistem pencernaan si kecil yang sehat maka juga bisa membantu untuk meningkatkan nafsu makannya. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan kandungan atau komposisi yang sama agar lebih praktis.

  1. Biskuit bayi

Makanan selanjutnya yang juga sangat umum digunakan untuk menu MPASI si kecil adalah dengan biskuit bayi. Biskuit bayi tersebut tidak hanya terbuat dari susu dan tepung saja, namun saat ini sudah banyak sekali biskuit bayi yang terbuat dari gandum utuh, buah-buahan hingga sayuran.

Biskuit bayi tersebut bisa menjadi salah satu alternatif untuk diberikan pada si kecil jika ia tidak menyukai rasa bubur sayur yang terlalu terasa. Anda bisa memberikan berbagai macam pilihan rasa yang berbeda setiap harinya agar si kecil tidak merasa bosan.

  1. Kurma dan jus pisang Ambon

Satu buah pisang Ambon dengan tambahan 2 kurma yang dihaluskan bisa menjadi menu MPASI yang disukai si kecil. Jika si kecil merasa kurang manis Anda bisa menambahkan sedikit madu sebagai perasa manis tanpa menggunakan gula. Jus ini bisa membantu untuk meningkatkan berat badan si kecil dan juga bagus untuk kondisi kesehatan pencernaannya.

  1. Bubur roti pisang

Menu MPASI selanjutnya adalah menggunakan roti gandum dan juga pisang. Kedua kombinasi dari bahan tersebut bisa membantu untuk meningkatkan berat badan si kecil. Anda juga bisa menambahkan asi atau susu formula jika dirasa tekstur dari bubur tersebut kurang encer.

  1. Bubur bayam alpukat

Tips agar bayi 9 bulan cepat gemuk adalah menggunakan menu bubur bayam alpukat. Bubur bayi organik dengan bahan utama bayam bisa Anda manfaatkan dengan mencampurkan alpukat ke dalamnya. Namun sebelumnya jangan lupa untuk menghaluskan alpukatnya terlebih dulu. Menu tersebut bagus untuk membantu kesehatan pencernaan si kecil.

[Total: 2   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp