Blog

Tips Agar Bayi 9 Bulan Mau Makan

Tips Agar Bayi 9 Bulan Mau Makan – Biasanya untuk si kecil yang berusia 9 bulan, ia sudah bisa makan dengan jadwal tiga kali dalam sehari. Selain menggunakan bubur bayi organik yang sudah dihaluskan, Anda juga bisa memberikan makanan padat yang dipotong seukuran jari atau finger food.

Biasanya berbagai macam sayuran yang sudah bisa digunakan sebagai finger food adalah buncis, wortel dan juga kentang yang pastinya sudah dimasak sampai lunak. Pastikan juga si kecil selain mengonsumsi sayuran juga mengonsumsi makanan yang lainnya seperti buah-buahan, nasi hingga protein hewani. Jangan lupa juga untuk tetap memberikan si kecil ASI.

Tips Agar Bayi 9 Bulan Mau Makan

8 Tips agar Bayi 9 Bulan Mau Makan dengan Lahap

Dalam mengusahakan agar si kecil yang berusia 9 bulan mau makan, adalah dengan menggunakan beberapa panduan seperti berikut:

  1. Memperhatikan alat makan yang digunakan

Saat si kecil makan, Anda bisa memakaikan celemek untuknya agar baju yang ia kenakan tetap bersih. Selain itu juga untuk mengantisipasi agar makanan tersebut tidak tumpah dari mulut atau sendoknya dan mengenai baju atau lantai Anda.

Selain itu penting juga menggunakan alat makan yang tidak terbuat dari kaca agar tidak melukai si kecil saat pecah. Penggunaan alat makan yang si kecil sukai juga bisa membantu untuk membuatnya lebih nafsu makan.

  1. Menghindari menggunakan penyedap rasa

Tips agar bayi 9 bulan mau makan dengan lahap selanjutnya adalah dengan hindari menggunakan penyedap rasa pada makanan si kecil. Penyedap rasa tersebut bisa berupa garam, gula dan MSG. Hal ini karena penambahan bahan tersebut kurang bagus untuk perkembangan dan juga pertumbuhan si kecil.

Selain itu jika si kecil sudah dibiasakan mengonsumsi makanan dengan kandungan penyedap rasa maka nantinya saat dewasa ia juga akan lebih menyukai makanan dengan kadar penyedap rasa yang lebih tinggi. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik yang memiliki rasa lebih alami dari bahan yang digunakan tersebut. Sehingga si kecil benar-benar bisa merasakan rasa asli dari bahan yang digunakan seperti sayuran atau buah-buahan.

  1. Membuat suasana makan yang menyenangkan

Membuat suasana makan sebisa mungkin agar si kecil merasa senang juga bisa untuk membantunya agar ia bisa makan dengan lahap. Misalnya makan dengan diiringi alunan musik atau bisa menggunakan alat makan kesukaan si kecil.

Akan tetapi Anda juga harus siap apabila si kecil sangat aktif sehingga proses makannya menjadi berantakan. Hal ini sangatlah wajar dan menjadi bagian dari pertumbuhan dan juga perkembangannya. Anda bisa melakukan hal ini jika si kecil merasa senang saat makan hingga menghabiskan makanannya.

  1. Biarkan si kecil mencoba makan sendiri

Tips agar bayi 9 bulan mau makan nasi adalah dengan mencoba membiarkan agar ia makan sendiri. Terkadang si kecil akan merasa senang apabila ia makan sendiri. Namun tetap penting untuk menemaninya saat makan agar ia tidak tersedak. Untuk menghindari risiko tersedak tersebut, hindari memberikan si kecil makan atau menyuapinya saat ia ada di kursi goyang.

  1. Si kecil membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri

Memberikan si kecil makan berupa MPASI tidak bisa terjadi dalam satu waktu dan bisa lencar untuk selanjutnya. Si kecil pastinya masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan rasa dan juga tekstur dari makanan tersebut.

Untuk itu jangan memaksakan si kecil untuk menghabiskan MPASI yang Anda buat. Ketika pada saat tersebut si kecil kurang tertarik dengan makanan yang Anda berikan, jangan lupa untuk tetap mencoba memberinya esok hari. Hal tersebut harus terus Anda lakukan hingga si kecil mulai menyukai makanan tersebut.

  1. Memberinya jumlah yang sedikit

Selain tidak memaksa si kecil untuk menghabiskan makanannya, pada saat masa adaptasinya Anda juga perlu memberi si kecil porsi makan yang sedikit. Pada masa tersebut kualitas dari MPASI akan lebih baik daripada kuantitas atau jumlah dari MPASI yang ia makan.

Anda bisa memberikan jenis bubur bayi organik yang berbeda selang beberapa hari. Tujuannya agar ia tidak bosan dan bisa mengetahui berbagai macam jenis rasa dan tekstur dari makanan yang berbeda-beda.

  1. Makan bersama

Makan bersama juga bisa menjadi salah satu tips agar si kecil mau makan. Anda bisa mengajaknya untuk makan bersama keluarga saat jam makan malamnya. Si kecil yang suka untuk meniru kebiasaan orang-orang di sekitarnya juga akan membuat ia menjadi lebih nafsu makan. Anda juga bisa ikut makan sambil sesekali menyuapi si kecil untuk membuat suasana makan yang nyaman dan menyenangkan.

  1. Asupan bubur organik

Anda dapat memberikan si kecil asupan bubur organik dengan rasa yang enak seperti bubur organik ONIC. Bubur ini bernutrisi dan menyehatkan bagi bayi ditambah lagi ada pelengkap enak seperti puding dan sop. Anda dapat menyiapkan bubur organik buatan ONIC secara praktis karena tinggal dihangatkan saja. Selain itu, bubur ONIC juga bebas MSG dan pengawet.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memberi MPASI

Selain beberapa cara di atas, tips agar bayi 9 bulan mau makan MPASI adalah dengan memperhatikan beberapa hal saat pemberian MPASI:

  1. Pertama adalah dengan menghindari memberikan si kecil susu sapi dan madu. Si kecil yang usianya masih di bawah 1 tahun belum cocok untuk mengonsumsi susu sapi.
    Hal ini karena kandungan yang ada dalam susu sapi masih belum cocok dengan kebutuhan nutrisinya. Bahkan juga bisa menyebabkan si kecil yang kekurangan asupan zat besi. Sedangkan pemberian madu bisa menimbulkan botulisme.
  1. Memberikan buah-buahan dalam bentuk jus memang diperbolehkan. Akan tetapi hindari untuk memberinya dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini karena mengonsumsi jus yang berlebihan untuk si kecil bisa menyebabkan ia terkena diare. Hal ini dikarenakan buah yang dihaluskan memilik kandungan nutrisi dan juga serat yang lebih rendah daripada buah yang dipotong biasa.
  2. Walaupun si kecil yang berusia 9 bulan sudah bisa mengonsumsi makanan yang lebih kasar, namun Anda tetap tidak boleh memberikan makanan yang keras seperti biji-bijian. Misalnya menggunakan kacang, permen, atau popcorn yang bisa menyebabkan si kecil menjadi tersedak.
  3. Jangan memberikan makanan cepat saji. Akan lebih baik jika Anda mengolah atau membuat makanan sendiri yang lebih sehat tanpa kandungan perasa tambahan. Anda juga bisa menggunakan bubur bayi organik yang lebih aman untuk si kecil karena bahan yang digunakan tanpa melewati proses kimiawi dan tidak menggunakan tambahan perasa apa pun.

Si kecil yang usianya sudah menginjak 9 bulan perlu mendapatkan asupan makanan yang bergizi. Namun terkadang hal tersebut bisa menjadi sulit saat si kecil tidak mau makan. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan tips agar bayi 9 bulan mau makan di atas pada si kecil yang rewel.

[Total: 1   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp