Blog

Tips Agar Berat Badan Bayi 5 Bulan Naik

Tips Agar Berat Badan Bayi 5 Bulan Naik – Si kecil dengan berat badan yang sesuai pastinya akan membuat ibu merasa senang. Selain itu berat badan yang sesuai dengan usianya juga berarti si kecil yang memiliki pertumbuhan yang sesuai dengan usianya. Namun perlu diketahui bahwa pertumbuhan atau kenaikan berat badan si kecil tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa hal.

Tips Agar Berat Badan Bayi 5 Bulan Naik

Ada beberapa faktor yang menyebabkan si kecil menjadi kurang dalam hal berat badannya. Hal tersebut ada yang wajar dan ada juga yang memang harus dikonsultasikan dengan dokter. Oleh karenanya memang sangat penting untuk selalu menjaga dan mengetahui berat badan si kecil.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga berat badan si kecil yang berusia 5 bulan.

Tips Menjaga Berat Badan Bayi 5 Bulan Naik Namun Tetap Sehat

  • Memperhatikan jenis makanan untuk menambah berat badannya

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah melihat mengenai jenis makanan yang digunakan untuk membantu menambah berat badannya. Salah satu caranya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan menu MPASI yang bervariasi.

Akan tetapi pastikan jika menu MPASI adalah menu yang memiliki berbagai macam variasi karbohidrat dan juga nutrisi. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan berbagai macam rasa atau variasi sehingga nutrisi tersebut tetap bisa terpenuhi.

  • Meningkatkan kualitas dan juga kuantitas ASI

Tips agar berat badan bayi 5 bulan naik cepat salah satunya dengan memperhatikan kualitas dan juga kuantitas ASI yang akan diberikan pada si kecil. Untuk meningkatkan kualitas ASI Anda bisa melakukannya dengan asupan gizi dari sang ibu. Selain itu Anda juga harus bisa menjaga pola makan dan istirahat dengan waktu yang cukup.

Pemberian ASI untuk si kecil juga tidak boleh dibatasi. Akan lebih baik apabila ASI bisa diberikan sebanyak yang si kecil mau. Untuk itu Anda sebagai ibu juga harus peka atau mengetahui kapan harus memberikan si kecil ASI atau tidak.

  • Memberikan MPASI secara terjadwal

Selanjutnya adalah memberikan jadwal MPASI dengan terjadwal. Anda bisa memberikan si kecil MPASI secara terjadwal dan juga bervariasi. makanan yang bervariasi tersebut akan berguna untuk memberikan si kecil kebutuhan karbohidrat dan juga nutrisinya yang sesuai. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan berbagai macam varian rasa.

Anda juga bisa membuat MPASI sendiri dengan bahan dari ikan, telur, sayuran, tahu, tempe, bayam, wortel dan lain sebagainya. Untuk memberikan rasa pada makanan si kecil, gunakan juga MPASI dengan campuran keju atau minyak sayur.

Biasanya MPASI tersebut diberikan pada si kecil sekitar dua sampai tiga kali dalam satu hari. Namun penting untuk menyesuaikan porsi yang diberikan tersebut dengan kemampuan si kecil dalam mengonsumsi makanan. Jika usia si kecil sudah lebih besar, maka coba untuk berikan makanan lainnya seperti camilan. Jenis camilan yang bisa Anda berikan misalnya buah-buahan segar.

  • Memastikan agar si kecil cukup tidurnya

Tips agar berat badan bayi 5 bulan naik terus selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa si kecil bisa tidur atau beristirahat dengan waktu yang cukup. Hal ini karena pertumbuhan si kecil kebanyakan terjadi saat ia tertidur.

Selain itu tidur atau beristirahat juga bagus untuk membantu si kecil mengembalikan staminanya. Si kecil yang kekurangan waktu tidurnya juga bisa menyebabkan si kecil yang cukup sulit untuk naik berat badannya. Bahkan si kecil bisa saja turun berat badannya.

  • Memberinya camilan yang sehat

Pemberian camilan juga bisa untuk membantu agar berat badan si kecil menjadi lebih cepat naik. Hanya saja jenis camilan yang diberikan adalah camilan yang mengandung banyak kalori dan juga jenis camilan yang sehat. Anda bisa memberinya camilan berupa biskuit bayi.

  • Menambahkan mentega dan margarin

Dalam margarin dan juga mentega mengandung lemak dimana lemak tersebut juga mengandung vitamin A, D, dan B1. Bahkan juga mengandung protein yang bagus untuk pertumbuhan si kecil.

Anda bisa mencampurkan margarin atau mentega tersebut dengan makanan yang sudah dimasak. Namun jangan mencampurnya terlalu banyak. cukup gunakan setidaknya satu sendok teh saja.

  • Memberikan bubur organik

Apabila si kecil sudah siap mendapatkan MPASI maka Anda dapat memberikannya bubur organik. Bubur ini tidak hanya dapat membantu menaikkan berat badan bayi, namun juga menjaganya tetap sehat karena terbuat dari bahan alami.

Salah satu produk yang bisa Anda berikan adalah bubur organik ONIC dengan 14 varian rasa yang dijamin akan disukai si kecil. Bubur ini bebas MSG dan pengawet sehingga aman bagi bayi.

4 Penyebab Si Kecil Susah Naik Berat Badan

Selain melakukan beberapa tips agar berat badan bayi 5 bulan naik dengan mudah di atas, Anda juga perlu mengetahu apa saja yang membuat si kecil bisa susah untuk naik berat badan. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui sumber masalahnya sehingga juga akan lebih mudah dalam menemukan solusinya.

  • Asupan yang kurang

Pertama yang bisa menjadi faktor penyebab adalah asupan makanan yang kurang. Si kecil yang masih berusia kurang dari 6 bulan memang sebaiknya asupan makannya bersumber dari ASI saja. Hal ini karena sistem pencernaan si kecil masih belum maksimal. Kurangnya asupan seperti pemberian ASI yang tidak sesuai dengan jadwalnya juga akan membuat berat badan si kecil menjadi sulit untuk naik.

Jika asupannya dari ASI masih kurang, Anda bisa menggunakan susu formula. Oleh karena itu Anda bisa mencoba mempertimbangkan untuk pemberian susu formula. Akan tetapi pastikan jika si kecil cocok dengan jenis susu formula tersebut.

  • Terkena penyakit

Si kecil yang masih sakit biasanya memang akan lebih sulit untuk makan atau minum ASI. Hal ini memang menjadi hal yang wajar. Namun akibatnya jika berlangsung cukup lama, maka berat badan si kecil juga akan ikut menurun. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa berkonsultasi pada dokter anak.

  • Keturunan

Keturunan atau masalah genetik juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan si kecil sulit untuk naik berat badannya. Misalnya jika orang tuanya memiliki postur tubuh yang kecil. maka kemungkinan si anak juga akan memiliki postur tubuh yang kecil juga. Oleh karena itu Anda juga tidak perlu terlalu takut atau khawatir.

  • Si kecil yang mulai aktif

Si kecil yang berusia 5 bulan biasanya akan mengalami berbagai macam pertumbuhan. Pertumbuhan dan juga perkembangan tersebut misalnya seperti si kecil yang sudah mulai berguling. Hal ini menyebabkan ia menjadi lebih aktif. Si kecil yang aktif tersebut membuat energinya akan cukup banyak terbuang. Sehingga berat badannya juga bisa berpengaruh.

 

Itulah beberapa macam informasi penting tentang tips agar berat badan bayi 5 bulan naik dengan aman dan penyebab si kecil susah naik berat badan. Semoga bermanfaat.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp