Blog

Tips Agar Wajah Bayi Mulus

Tips Agar Wajah Bayi Mulus – Memiliki wajah yang mulus untuk bayi bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk orang tua. Akan tetapi tidak semua bayi bisa memiliki wajah yang mulus dan halus. Biasanya wajah bayi yang mungkin sedikit kasar atau memiliki tekstur tersebut dikarenakan ia sedang mengalami alergi.

Tips Agar Wajah Bayi Mulus

Alergi tersebut bisa terjadi karena faktor dari luar seperti lingkungannya yang kurang bersih. Selain itu faktor dari dalam juga bisa berpengaruh seperti karena ada jenis makanan yang kurang cocok. Hal tersebut membuat si kecil menjadi alergi dan bisa menimbulkan bintik-bintik kemerahan yang biasanya juga menyebabkan gatal pada area wajah si kecil.

Namun untuk mencegah atau mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa bahan-bahan alami. Bahan alami tersebut memang lebih cocok digunakan pada si kecil karena lebih kecil untuk menyebabkan alergi. Selain itu juga bahan alami akan lebih mudah Anda temukan. Berikut adalah beberapa hal mengenai kulit wajah si kecil yang kering.

Penyebab Kulit Wajah Bayi Kering

  • Penyebab kulit wajah bayi tidak mulus

Biasanya bayi yang baru lahir akan memiliki masalah kulit berupa kulit yang kering. Kulit yang kering tersebut juga menyebabkan kulit menjadi lebih mudah untuk terkelupas. Hal inilah yang membuat tekstur dari kulit wajah si kecil tidak bisa halus atau mulus.

Biasanya kulit yang akan kering dan mengelupas ini terjadi setelah bayi berusia 4 minggu. Anda tidak perlu takut akan hal ini karena menjadi hal yang wajar atau normal. Kulit bayi tersebut sedang mengalami masa penyesuaian dan juga perkembangan. Sehingga sangatlah wajar untuk terjadi.

Namun selain itu juga ada beberapa hal yang menyebabkan kulit wajah di kecil menjadi kering, diantaranya:

  • Kondisi cuaca yang berubah bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Misalnya untuk cuaca dengan suhu yang rendah seperti hujan, bisa menyebabkan kulit menjadi sangat kering. Tips agar wajah bayi mulus dan bersih adalah dengan lebih sering memberikan pelembab yang aman digunakan untuk bayi.
  • Mandi memang menjadi hal yang sangat wajar untuk dilakukan. Akan tetapi mandi terlalu sering dan dengan penggunaan sabun bisa menyebabkan kulit si kecil yang lebih mudah kering. Hal ini dikarenakan penggunaan sabun terlalu sering bisa menyebabkan minyak alami pada kulit wajah menjadi berkurang. Akibatnya kelembaban kulit menjadi berkurang.

Selain karena dua faktor dari luar juga ada faktor dari dalam seperti keturunan yang bisa menyebabkan kulit bayi menjadi sangat kering yaitu terkena eksem.

  • Gejala si kecil mengalami kulit yang kering

Penting sekali bagi Anda untuk bisa mengetahui gejala dari kulit kering yang mungkin sedang dialami si kecil. Kulit wajah yang kering biasanya akan memberikan tekstur kulit yang kasar dan juga akan terlihat seperti bercak bersisik. Kulit wajah si kecil yang kering juga tidak akan terlalu merah atau gatal. Berbeda dengan kulit yang terkena alergi karena makanan yang tidak cocok.

Kulit yang kering pada bayi tidak hanya muncul pada bagian wajah saja, namun jua bis bagian lainnya seperti siku, lutut atau lengan. Jika kondisi kulitnya benar-benar kering, biasanya akan menyebabkan kulit yang retak.

Hal ini terkadang cukup menyakitkan untuk si kecil. Bahkan bisa saja menyebabkan infeksi. Tips agar wajah bayi mulus dan putih adalah dengan menggunakan pelembab yang dikhususkan untuk kulit bayi.

Biasanya pelembab tersebut mengandung susu yang bisa membantu untuk melembapkan kulit. Selain itu jika si kecil sudah bisa mengonsumsi MPASI Anda bisa memberikan bubur bayi organik yang mengandung buah-buahan sebagai kandungan antioksidan yang bagus untuk kulitnya.

Tips agar Wajah Bayi Mulus yang Aman

Cara untuk merawat kulit bayi yang kering juga harus diperhatikan. Tujuannya agar si kecil tidak merasa kesakitan atau merasa kurang nyaman karena rasa kulitnya yang terlalu kering.

  • Pertama adalah dengan menggunakan sabun yang memiliki kadar PH rendah atau netral yang juga sesuai dengan kulit si kecil. Biasanya sabun yang memiliki pewarna dan juga parfum seminimal mungkin akan lebih bagus jika digunakan. Selain itu coba untuk tidak menggunakan sabun dengan kandungan detergen dan juga antiseptik. Hal ini akan membuat kulit yang lebih kering.
  • Mandi terlalu lama juga bisa membuat tubuh atau kulit si kecil menjadi lebih mudah kering. Hal ini karena terlalu banyak minyak alami kulit yang terbuang. Itulah mengapa kulit bisa kering hingga berkerut saat terlalu lama mandi. Selain itu untuk si kecil juga jangan menggunakan air yang suhunya terlalu tinggi.
  • Cara untuk mengatasinya adalah Anda bisa mencoba untuk menambahkan minyak atau baby oil pada air saat si kecil mandi. Namun hindari untuk menggunakannya terlalu banyak karena ditakutkan akan terlalu licin.
  • Setelah mandi Anda juga bisa memijat tubuh si kecil secara rutin dengan minyak Almond, kelapa atau zaitun untuk membantu melembapkan tubuhnya.

Cara Mencegah Kulit yang Kering

Selain memberikan cara untuk membantu agar si kecil tidak merasa kering pada bagian wajah penting juga untuk mengetahui bagaimana cara untuk mencegahnya.

  • Jika si kecil memiliki kulit yang sensitif, usahakan untuk tidak mandi lebih dari 5 menit.
  • Gunakan pelembab setelah selesai mandi.
  • Tips agar wajah bayi mulus secara alami adalah dengan memberikan si kecil nutrisi yang bagus untuk kesehatan kulit. Seperti kandungan antioksidan dan juga vitamin E. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan kandungan tersebut agar lebih praktis. Namun pemberian MPASI ini hanya untuk si kecil yang bisa mengolah makanan seperti saat sudah berusia 6 bulan atau lebih.
  • Gunakan pakaian yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun ini akan mudah untuk menyerap keringat. Sehingga akan memungkinkan kulit si kecil yang bisa bernafas.
  • Untuk bayi hindari menggunakan berbagai macam produk pelembab di area wajahnya. Hal ini karena bagian wajah juga menjadi area yang sensitif sehingga ditakutkan nantinya si kecil justru mengalami alergi.

Lebih baik hindari menggunakan produk pelembab yang mengandung banyak bahan kimia dan juga parfum. Si kecil yang masih berusia kurang dari 6 bulan sebaiknya hindari menggunakan baby cologne.

Asupan Nutrisi agar Wajah Bayi Mulus

Selain tips agar wajah bayi mulus di atas, jangan lupa juga rawat kulit bayi dari dalam dengan memberikan asupan bernutrisi. Anda dapat memberikan bubur bayi organik yang enak dan juga memberikan gizi penting bagi bayi.

Salah satunya yaitu bubur bayi buatan ONIC FOOD. Bubur ini terbuat dari bahan-bahan organik yang aman, menyehatkan dan halal bagi si kecil. Di dalam buburnya terdapat banyak daging dan sayur bernutrisi dalam bentuk MPASI sehat.

Jika Anda ingin memberikan asupan nutrisi yang baik dan pastinya disukai oleh bayi maka Anda bisa memberikan bubur bayi organik dalam kemasan praktis ONIC ini.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp