Blog

Tips Bawa Bayi Naik Pesawat

Tips Bawa Bayi Naik Pesawat – Ketika Anda memiliki bayi dan diharuskan untuk bepergian ke suatu tempat menggunakan pesawat. Maka mau tidak mau Anda harus membawa si kecil bersama Anda.

Namun hal inilah yang terkadang menjadi masalah. Ketika Anda harus membawa si kecil pergi menggunakan pesawat, ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan kembali. Mulai dari apakah nanti si kecil rewel atau tidak hingga bagaimana dengan makannya.

Tips Bawa Bayi Naik Pesawat

Semua maskapai penerbangan biasanya memiliki peraturan atau kebijakan yang berbeda-beda. Maskapai biasanya juga memberikan batasan usia untuk bayi yang sudah boleh naik pesawat. ada yang minimal 2 hari hingga 14 hari. Selain itu ada juga beberapa maskapai yang meminta surat keterangan sehat dari dokter anak.

Namun lebih baik Anda membawa si kecil yang sudah berusia lebih dari 2 minggu karena untuk mengurangi risiko yang terjadi. Bayi yang berusia kurang dari 2 minggu biasanya daya tahan tubuhnya masih rendah sehingga akan lebih rentan untuk tertular penyakit. Oleh karena itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Tips Bawa Bayi Naik Pesawat Dengan Aman dan Nyaman 

  • Bawa semua keperluan bayi

Tips yang pertama adalah jangan sampai Anda lupa untuk membawa keperluan bayi. Peralatan bayi adalah hal yang penting karena selama beberapa saat si kecil akan berada di tempat yang menurutnya cukup asing. Membawa perlengkapan bayi juga akan memudahkan Anda jika dalam keadaan yang darurat. Berbagai jenis peralatan bayi yang bisa Anda bawa adalah:

  • Jumlah popok yang cukup
  • Tisu basah
  • Stroller
  • Baju ganti
  • Selimut dengan bahan yang lembut dan juga nyaman
  • Peralatan makan
  • Baju khusus untuk menyusui
  • Susu formula dan MPASI. Untuk MPASI-nya, Anda bisa menggunakan MPASI bubur bayi organik dalam kemasan yang bisa Anda gunakan dengan lebih praktis dan mudah.
  • Pilihlah tempat duduk yang nyaman

Tips bawa bayi naik pesawat terbang yang selanjutnya adalah dengan memilih tempat duduk yang strategis. Jika Anda melakukan perjalanan jarak dekat, lebih baik pilih jam penerbangan siang. Hal ini akan memudahkan Anda karena bayi bisa tidur siang di dalam pesawat. Sedangkan jika jaraknya cukup jauh, pilihlah waktu penerbangan di malam hari agar lebih memudahkannya untuk beristirahat.

Selain itu jangan lupa untuk memilih tempat duduk yang strategis. Untuk bayi, tempat yang aman di dalam pesawat adalah pada bagian tempat duduk khusus pesawat. Akan tetapi tidak semua pesawat menyediakan tempat duduk ini. Jika begitu maka pilihlah tempat duduk yang cukup luas agar memudahkan si kecil untuk bergerak.

  • Berikan makanan ketika lepas landas dan mendarat

Pada saat lepas landas dan mendarat, Anda bisa mencoba untuk menyusui si kecil. Hal ini dikarenakan berubahnya suhu udara dalam kabin akan membuat telinga bayi menjadi lebih rentan sakit. Selain menyusui, empeng juga akan menolongnya. Hal ini juga untuk mengatasi si kecil yang rewel karena lapar saat perjalanan.

  • Rileks dan menikmati perjalanan

Jika Anda membawa si kecil naik pesawat untuk pertama kalinya, bisa saja Anda akan merasa cemas hingga stres. Akan tetapi cobalah untuk tetap rileks dan menikmati perjalanan. Hal ini karena ditakutkan ibu yang sedang cemas juga akan membuat bayi menjadi rewel.

  • Menyiapkan mainan favoritnya

Si kecil sudah pasti akan rentan rewel atau menangis. Hal ini karena ia sedang berada di tempat yang cukup asing baginya. Selain itu jika jarak tempuhnya juga jauh si kecil bisa saja bosan dan menangis.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mencoba dengan cara membawakan mainannya. Misalnya boneka, buku dongeng, buku mewarnai dan lain sebagainya. Mainannya tersebut akan membuatnya lebih tenang dan pikirannya sedikit teralihkan.

Tips Memberikan MPASI Untuk Bayi Agar Mau Makan

Selain beberapa cara di atas, Anda juga harus selalu memperhatikan mengenai MPASI atau makanannya ketika mengajaknya mudik. Si kecil yang sudah mulai makan makanan lain selain ASI biasanya akan membuat ibu lebih repot. Hal ini karena Anda harus menyiapkan makanannya jauh-jauh hari. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Porsi makan

Tips bawa bayi naik pesawat jarak jauh dengan MPASI adalah jangan lupa untuk membawa porsi yang cukup untuk makanan si kecil. Anda bisa membawa beberapa tambahan makanan jika ada hal yang darurat seperti si kecil yang lebih lapar atau keadaan pesawat yang delay. Misalnya seperti untuk bayi dengan usia 6 sampai 9 bulan porsi makannya 2 sampai 3 kali sehari, dan usia 9-12 bulan makan 3 sampai 4 kali sehari.

  • Jenis makanan yang bisa Anda bawa

Ketika Anda dalam perjalanan dan membawa si kecil, akan lebih baik jenis makanan yang Anda bawa adalah makanan yang praktis. Misalnya roti, keju, buah seperti pisang atau biskuit. Hal ini akan lebih memudahkan Anda untuk membawanya dan memberikannya pada si kecil. Anda juga bisa menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan dimana lebih mudah dibawa dan untuk membuatnya juga tidak perlu repot.

Anda juga bisa menyiapkan makanan yang pasti disukai si kecil. Hal ini untuk membuat si kecil lebih mudah saat makan dan tidak perlu rewel lagi dengan jenis makanan baru. Jika Anda ingin membuat puree, maka bekukan terlebih dahulu. Namun jika Anda menggunakan buah-buahan maka Anda bisa memberikan buah-buahan segar.

  • Trik membawa MPASI

Tips bawa bayi naik pesawat dengan aman selanjutnya adalah bagaimana Anda juga bisa membawa MPASI dengan aman saat di pesawat. Jika waktu perjalanan Anda cukup lama maka bawalah cooler box untuk menyimpan MPASI. Selain itu jangan lupa untuk membawa blue ice guna menjaga suhunya tetap dingin. Jika Anda menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan akan lebih praktis karena Anda tidak perlu menyiapkan cooler box.

  • Menyajikan MPASI

Menyajikan MPASI menjadi salah satu hal yang cukup repot dilakukan jika Anda sedang dalam perjalanan. Akan tetapi lebih mudah jika Anda menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan. Anda hanya perlu meminta bantuan pramugari untuk menyediakan air panas dan mencampurkannya dengan bubur tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan direpotkan dengan membawa termos berisi air panas terlebih dulu.

  • Berikan bubur organik

Kalau Anda ingin memberikan MPASI pada bayi, selain tips bawa bayi naik pesawat di atas, maka bisa juga memberikan bubur bayi organik. Salah satunya adalah produk buatan ONIC, Bubur Organik ini halal, sehat dan tanpa pengawet/ MSG.

Karena itu jika Anda ingin beli bubur bayi organik yang dijamin enak, sehat serta halal maka bisa beli di outlet kami yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, juga ada jual produk ONIC online.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp