Blog

Tips Bayi 1 Bulan Agar Cepat Gemuk

Tips Bayi 1 Bulan Agar Cepat Gemuk – Semua orang tua pasti menginginkan anaknya bisa tumbuh dengan sehat. Salah satunya juga bisa ditandai dengan berat badannya yang semakin naik. Oleh karena itu kebanyakan orang tua akan merasa sedih jika si kecil sulit untuk menaikkan berat badannya.

Tips Bayi 1 Bulan Agar Cepat Gemuk

Walaupun bayi dengan berat badan yang gemuk memang tidak bisa menjadi acuan, namun berat badannya yang sulit untuk naik bisa menjadi salah satu faktor penyebab si kecil mengalami masalah kesehatan.

Kata gemuk untuk bayi di sini berarti si kecil yang memiliki berat badan yang cukup atau ideal dengan usianya. Bayi yang terlalu gemuk sudah pasti juga akan mempengaruhi kesehatannya. Untuk itu jangan sampai Anda salah persepsi dengan berusaha membuat agar si kecil memiliki berat badan yang selalu banyak atau gemuk.

Si kecil yang sulit untuk gemuk biasanya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu. Bisa saja karena asupan nutrisinya yang kurang seimbang dan juga si kecil yang selalu aktif. Untuk itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan berat badan si kecil.

Daftar Tips Bayi 1 Bulan Agar Cepat Gemuk dan Sehat

  • Istirahat dengan cukup

Cara yang pertama untuk membantu agar berat badan si kecil bisa naik adalah dengan memberinya waktu istirahat yang cukup. Si kecil yang sudah mulai bertambah usianya biasanya waktu untuk tidur atau istirahatnya juga akan berkurang. Hal ini karena ia sering untuk mengeksplor banyak hal di pagi hari atau siang hari.

Terutama saat ia sudah mulai bisa menguasai beberapa perkembangan seperti merangkak dan lainnya. Semakin si kecil aktif maka harusnya waktu tidurnya juga harus semakin disesuaikan. Salah satunya dengan jangan melewatkan waktu untuk tidur siangnya. Bahkan walaupun si kecil sudah memasuki fase balita juga lebih baik selalu menjaga pola tidur siangnya.

  • Tetap memberikan ASI eksklusif

Beberapa orang mungkin masih mengira bahwa ASI yang diberikan ibu menjadi salah satu penyebab mengapa si kecil menjadi sulit untuk naik berat badannya. Mereka berpikir nutrisi yang ada pada ASI tersebut tidak cukup baik untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Akibatnya si kecil menjadi kekurangan nutrisi. Sehingga banyak juga beberapa ibu yang memilih untuk menggunakan tambahan nutrisi berupa susu formula.

Padahal hal tersebut termasuk salah dan justru bisa membuat produksi ASI Anda menjadi berkurang. Anda tidak perlu patah semangat dan tetap bisa memberikan si kecil ASI hingga usianya 6 bulan. Tips bayi 1 bulan agar cepat gemuk dan sehat dengan tetap memberikan ASI eksklusif justru akan membantunya untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

  • Coba untuk peka saat si kecil menangis

Cara untuk membantu si kecil agar tumbuh dengan gemuk adalah dengan membantu mengetahui kebutuhannya. Si kecil yang berusia 1 bulan hanya bisa berkomunikasi dengan cara menangis atau rewel.

Hal ini juga termasuk saat si kecil yang lapar. Saat ia merasa lapar maka cara untuk memberi tahu Anda adalah dengan menangis. Jangan sampai Anda membiarkannya untuk menangis dengan waktu yang lama karena bisa membuatnya stres sehingga berat badannya menjadi sulit naik bahkan bisa saja turun.

Selain itu si kecil yang menangis juga bisa menjadi tanda lainnya seperti popoknya yang penuh, merasa gelisah atau karena sakit. Untuk itu memang penting melihat tanda apa yang membuatnya menangis.

  • Menggunakan susu formula dengan nilai gizi yang baik

Cara yang selanjutnya adalah memilih susu formula dengan kandungan gizinya yang bagus. Susu formula dengan kandungan gizi yang baik bisa membantunya untuk gemuk dengan lebih cepat.

Namun jika produksi ASI Anda masih sangat bagus dan banyak akan lebih baik jika tetap memberikannya ASI. Tetapi jika ingin menggunakan tambahan susu formula maka pastikan jika kandungannya bagus dan cocok untuk si kecil. Karena ada si kecil yang alargi dengan jenis susu formula tertentu.

Anda bisa mencoba untuk berkonsultasi pada dokter mengenai kandungan susu yang tepat untuk digunakan. Kandungan gula yang ada pada susu formula biasanya yang menyebabkan si kecil menjadi lebih mudah gemuk atau bertambah berat badannya. Namun jika memang bertujuan memberikan susu formula untuk tambahan berat badannya, maka lebih baik berkonsultasi pada dokter.

  • Menyediakan cemilan

Tips bayi 1 bulan agar cepat gemuk MPASI adalah dengan memberikan camilan untuk si kecil. Ketika si kecil sudah berusia sekitar 6 bulan atau lebih, Anda bisa memberikannya MPASI dari bubur bayi organik dalam kemasan. Selain itu Anda juga bisa memberikannya camilan yang pastinya harus sehat.

Misalnya dengan buah-buahan segar atau biskuit untuk bayi. Makanan camilan tersebut selain bisa menambah gizinya juga bisa membantu untuk menambah berat badannya. Asupan karbohidrat seperti kentang juga bisa Anda gunakan untuk menambah berat badan. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mencegah si kecil yang rewel pada saat bermain.

Jenis Makanan untuk Membuatnya Gemuk

Ada berbagai macam makanan yang bisa Anda gunakan untuk membantu menambah berat badan si kecil. Beberapa jenis makanan tersebut bisa Anda olah menjadi puree atau hanya diberikan sebagai camilan. Berikut adalah jenis makanan yang bisa Anda gunakan:

  • Pisang

Buah pisang menjadi jenis makanan yang banyak diolah untuk dijadikan MPASI si kecil. Hal ini karena buah pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga akan lebih mudah untuk dijadikan bubur. Bahkan Anda juga bisa memberikannya secara langsung pada si kecil.

Namun selain itu, buah pisang juga mengandung beberapa jenis kandungan seperti karbohidrat dan juga energi. Karbohidrat tersebut akan bagus untuk membantu berat badan si kecil untuk naik. Biasanya buah pisang bisa diolah dengan menggunakan ASI atau buah alpukat.

  • Umbi-umbian

Kentang dan umbi-umbian juga bisa Anda manfaatkan untuk tips bayi 1 bulan agar cepat gemuk dengan alami. Hal ini karena dalam umbi-umbian dan kentang mengandung karbohidrat yang bagus untuk menaikkan berat badannya.

Kentang tersebut bisa Anda tumbuk dengan halus dan dibuat menjadi puree. Jika Anda ingin lebih praktis, maka bisa juga menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan dengan varian umbi-umbian atau kentang. Baik umbi-umbian dan juga kentang tetap bagus untuk membantu meningkatkan berat badan si kecil.

Jual Bubur Bayi untuk MPASI

Jika bayi 1 bulan sudah bertambah besar dan siap menerima MPASI, Anda bisa memberikan mereka bubur organik dari ONIC. Kenapa?

  • Bubur ini bebas MSG dan pengawet
  • Harganya terjangkau
  • Kemasannya praktis
  • Rasanya enak
  • Bergizi
  • Banyak daging dan sayurnya

Selain itu bubur ini juga mudah ditemukan karena sudah tersedia di 40 outlet di seluruh Indonesia. Tentunya cara ini lebih menyehatkan karena bubur ONIC aman, sehat, dan halal!

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp