Blog

Tips Bayi 1 Tahun Susah Makan

Tips Bayi 1 Tahun Susah Makan – Bayi yang susah makan memang menjadi hal yang wajar. Hal ini karena mereka memang suka memilih-milih makanan. Tujuannya untuk mencari tahu jenis makanan mana yang memang mereka sukai. Itulah mengapa Anda sebagai ibu wajib untuk memberikan berbagai macam jenis makanan yang berbeda-beda. Terutama untuk si kecil yang sudah berusia 1 tahun.

Tips Bayi 1 Tahun Susah Makan

Si kecil dengan usia yang sudah 1 tahun biasanya sudah tidak perlu lagi untuk mengonsumsi asi. Hal ini karena kebutuhan nutrisi dan juga gizinya sudah lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Sehingga asi saja tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi tersebut. Oleh karenanya si kecil sudah bisa mengonsumsi makanan padat.

Namun si kecil juga bisa rewel saat akan makan. Hal ini tentu saja akan membuat Anda khawatir karena jika terjadi secara terus menerus, maka akibatnya ia bisa kekurangan gizi. Hal ini juga akan berpengaruh pada pertumbuhan nutrisinya yang bisa menjadi lebih lambat dan kurang bisa terpenuhi dengan baik.

Orang tua kebanyakan akan marah jika sang anak tidak mau makan. Padahal cara ini salah untuk dilakukan. Si kecil yang tidak mau makan dan justru Anda marahi bisa saja malah semakin lebih rewel. Oleh karena itu lebih baik jika menggunakan cara-cara tertentu yang lebih efektif untuk membujuk si kecil agar mau makan dengan lahap.

Cara atau Tips Bayi 1 Tahun Susah Makan

  • Jangan memaksanya

Kebanyakan orang tua mungkin akan memaksakan bayi untuk makan jika ia sedang rewel. Padahal hal ini bukanlah cara yang tepat. Jadi lebih baik menghindari untuk memaksa si kecil makan jika ia sedang rewel atau tidak mau makan. Memaksa si kecil hanya akan membuatnya lebih rewel dan memperburuk nafsu makannya. Selain itu bisa saja ia menganggap makan menjadi hal yang tidak disukainya.

Cara untuk membujuk si kecil agar mau makan adalah dengan tidak memaksanya dan tetap bersikap tenang. Anda bisa menanyakan mengenai apa yang dimau agar ia bisa makan makanan bergizi walaupun hanya sedikit. Hal ini biasanya akan lebih efektif jika dibandingkan dengan harus memaksanya untuk makan.

  • Menu makanan yang bervariasi

Si kecil yang sudah menginjak usia satu tahun biasanya akan diperbolehkan untuk mengonsumsi MPASI. Hal ini bisa menjadi salah satu tips bayi 1 tahun susah makan MPASI. Caranya adalah dengan memberikan menu MPASI yang bervariasi. Kemungkinan si kecil susah untuk makan adalah karena ia merasa bosan dengan menu MPASI yang itu-itu saja. Karenanya lebih baik Anda mencoba untuk menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan yang memiliki berbagai macam variasi rasa.

Cobalah untuk memberikan si kecil olahan MPASI yang lebih kreatif dengan mengombinasikan berbagai macam jenis olahan makanan. Misalnya dengan menambahkan sayuran, makanan dengan rasa gurih atau asin, berbagai macam olahan daging dan lain sebagainya.

Selain cara itu Anda juga bisa mencoba untuk merekayasa tampilan dari makanan tersebut. Maksudnya adalah dengan menghias makanan tersebut menjadi lebih menarik. Seperti menggunakan makanan dengan warna yang mencolok atau membentuknya menjadi karakter hewan atau gambar tertentu. Hal ini tentunya akan membuat si kecil lebih tertarik.

  • Memberikan contoh untuk makan

Ketika si kecil sulit untuk makan, Anda bisa mencoba untuk memberikannya contoh makan. Hal ini karena pada usia tersebut si kecil memang lebih menyukai untuk meniru orang tuanya. Cobalah untuk menyuapkan makanannya ke dalam mulut Anda seolah-olah sedang memberi contoh, kemudian berikan pada si kecil.

Cara ini akan membuat si kecil lebih berantusias ketika makan. Memberikan si kecil contoh saat makan akan lebih baik untuk dilakukan daripada Anda harus memarahinya atau memberinya hadiah.

  • Menggunakan alat makan khusus

Petunjuk dan tips bayi 1 tahun susah makan juga bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan alat makan khusus untuk bayi. Alat makan khusus si kecil bisa Anda gunakan untuk membantunya agar tidak rewel. Hal ini bertujuan agar si kecil merasa tertarik dengan makanan yang ada di dalam alat makannya tersebut. Terutama jika Anda menggunakan alat makan dengan warna yang menarik dimana juga akan menarik perhatian si kecil.

Mencoba untuk membangun suasana makan yang menyenangkan juga bisa membantu si kecil agar tidak rewel ketika makan. Bahkan Anda juga bisa meminta si kecil untuk memilih jenis alat makannya sendiri untuk membuatnya lebih merasa nyaman dan tertarik. Misalnya dengan memilih sendok, garpu, mangkuk hingga gelas dengan tampilan yang disukainya.

  • Mengatur pola makannya

Cara yang selanjutnya bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur pola makannya. Pola makan yang dimiliki si kecil juga hampir sama dengan pola untuk tidur. Jika dilakukan secara teratur akan membantu untuk meningkatkan nafsu makannya.

Selain itu jika si kecil sudah memiliki pola makan yang teratur, maka walaupun menggunakan menu yang sama si kecil tidak akan rewel dan lebih mudah untuk makan. Selain itu pola makan ini juga akan sangat membantu si kecil hingga dewasa. Ia akan terbiasa untuk makan dengan jadwal tertentu. Sehingga Anda juga tidak akan kerepotan lagi untuk bisa mengajaknya makan.

  • Sabar dan selalu memperhatikan porsi

Si kecil yang masih berusia 1 tahun masih belum bisa untuk makan dalam jumlah atau porsi yang besar sama seperti orang dewasa. Oleh karena itu hindari untuk memberinya makan dalam jumlah yang banyak karena belum tentu akan dihabiskan. Porsi yang tepat untuk anak usia 1 tahun adalah 1 sendok makan saja. Jadi ketika Anda membuat bubur bayi organik dalam kemasan lebih baik jangan terlalu banyak atau disesuaikan dengan porsi si kecil saja.

Selain untuk memperhatikan porsi makannya, penting juga untuk selalu sabar dalam menghadapi si kecil yang sulit atau rewel saat makan. Si kecil memang akan sangat wajar bila makan dengan rewel terutama pada saat fase MPASI. Hal ini dikarenakan sumber nutrisi yang dibutuhkan si kecil sudah bukan berasal dari asi lagi melainkan dari MPASI. Anda harus lebih sabar dalam memilih menu MPASI-nya dan juga mengolahnya menjadi makanan yang disukai si kecil. Tips bayi 1 tahun susah makan nasi adalah dengan mencoba menambahkan sedikit rasa gurih atau olahan makanan lainnya sebagai campuran untuk menambah cita rasanya.

Cara Membuat Bayi Lahap Makan Lainnya

Salah satu cara lainnya yaitu memberikan asupan yang rasanya pasti disukai bayi. Sebut saja produk bubur bayi ONIC yang terbuat dari bahan-bahan organik. Bubur ini aman karena tanpa MSG atau pengawet tambahan.

Selain itu, tersedia 14 varian rasa enak sehingga Anda bisa mencoba memilih asupan rasa yang paling disukai oleh bayi. Cara masaknya juga cepat dan sangat mudah karena dikemas dalam kemasan pouch yang praktis.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp