Blog

Tips Bayi 10 Bulan Susah Makan

Tips Bayi 10 Bulan Susah Makan – Si kecil yang sudah berusia 10 bulan biasanya akan mengonsumsi makanan berupa MPASI. MPASI tersebut merupakan makanan pendamping ASI dimana memang digunakan untuk membantu si kecil memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kebutuhan nutrisinya tersebut tidak cukup jika hanya dari asupan ASI saja. Oleh karena itu dibutuhkanlah asupan nutrisi lainnya dari MPASI.

Tips Bayi 10 Bulan Susah Makan

Pemberian MPASI untuk si kecil yang berusia 10 bulan itu biasanya dalam bentuk bubur atau puree. Hal ini karena sistem pencernaan si kecil masih belum benar-benar sempurna sehingga masih harus mengonsumsi makanan dengan tekstur yang halus. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan yang lebih praktis untuk dibuat.

Memberikan si kecil makan dengan MPASI bukanlah cara yang mudah. Si kecil bisa saja rewel pada saat hendak disuapi atau saat sudah waktunya untuk makan. Hal ini tentunya menyebabkan Anda sebagai orang tua juga repot atau kewalahan untuk membuatnya tetap makan.

Sedangkan si kecil yang tidak mau makan dalam jangka waktu lama atau secara terus menerus bisa berakibat pada kesehatannya karena kekurangan nutrisi. Oleh karenanya berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk membujuk si kecil agar mau makan.

Inilah Tips Bayi 10 Bulan Susah Makan dan Rewel

  • Jangan dipaksa

Kebanyakan dari orang tua mungkin akan memaksa anaknya untuk makan sesuai dengan keinginan sang ibu. Bahkan ada juga yang memaksa si kecil untuk menghabiskan makanan yang ia buat. Padahal hal ini adalah cara yang salah.

Jika si kecil tidak mau melanjutkan makannya saat sudah selesai dengan waktu makannya, maka biarkan saja. Anda bisa membereskan makanan tersebut  dan tidak perlu memaksanya untuk menghabiskan semua makanan yang sudah Anda buat. Anda bisa menggantinya dengan memberikannya snack atau makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan jika ia mau.

  • Hindari memberikan susu atau snack sebelum waktunya makan

Biasanya ketika si kecil rewel saat menjelang waktu makannya, hal tersebut berarti ia sedang lapar. Namun yang menjadi kesalahan adalah banyak ibu yang memberikannya susu atau snack untuk mengganjal perutnya atau agar ia tidak rewel lagi.

Sedangkan hal ini harusnya dihindari karena bisa membuat si kecil merasa kenyang sebelum waktunya untuk makan. Akibatnya si kecil akan lebih susah atau rewel untuk makan berat. Tips bayi 10 bulan susah makan MPASI adalah dengan segera memberikan si kecil makan saat memasuki waktu makan atau menjelang jadwal makannya.

  • Makan bersama

Makan bersama keluarga juga bisa menjadi salah satu cara untuk Anda meningkatkan nafsu makan si kecil. Bila memungkinkan Anda bisa mengajak si kecil untuk makan bersama keluarga. Tujuannya untuk membuat waktu makan si kecil menjadi lebih nyaman dan juga menyenangkan.

Bahkan Anda bisa mencoba untuk menyanyikan lagu tertentu sambil menyuapinya. Dengan begitu si kecil tidak akan merasa bosan saat makan. Membuat suasana makan menjadi menyenangkan memang dirasa cukup efektif untuk membuat si kecil lebih antusias saat makan.

  • Jangan memarahinya

Wajar bila seorang ibu marah ketika si kecil tidak mau makan. Akan tetapi jangan sampai Anda mengancam, memaksa, memarahi atau mengiming-imingi si kecil ketika ia tidak mau makan. Hal ini akan membuatnya menjadi merasa bahwa waktu untuk makan adalah waktu yang tidak menyenangkan. Akibatnya si kecil lebih mudah rewel dan justru bisa mogok makan karena selalu Anda marahi saat makan.

  • Menyajikan makanan yang ia sukai

Cara untuk memancing si kecil yang tidak mau makan karena tidak selera dengan menu makannya adalah dengan menggunakan satu jenis makanan yang ia sukai. Misalnya si kecil menyukai olahan ayam yang dicincang halus.

Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan rasa bayam dan mencampurkannya dengan olahan daging ayam tersebut. Hal ini bertujuan agar si kecil mau untuk makan dan juga menambah selera makannya. Jadi Anda tidak perlu lagi hanya memberinya makan berupa olahan makanan yang ia sukai saja.

  • Menyajikan makan dengan bentuk yang menarik

Petunjuk dan tips bayi 10 bulan susah makan adalah dengan menggunakan makanan yang bisa menarik perhatian si kecil. Si kecil rewel karena tidak mau makan bisa terjadi jika ia merasa bahwa makanan tersebut kurang menarik. Baik dalam segi rasa ataupun tampilannya. Untuk itu cobalah berkreasi dengan olahan makanan yang Anda buat.

Misalnya dengan membentuknya semenarik mungkin atau menambahkan cita rasa tertentu seperti manis atau gurih untuk makanan yang Anda buat. Akan tetapi memang sebelumnya penting untuk mengetahui jenis atau cita rasa makanan seperti apa yang disukainya.

Penyebab si Kecil Tidak Nafsu Makan

Selain mengetahui cara untuk membuat si kecil bisa makan dengan lahap, cara yang lainnya juga adalah dengan mengetahui penyebab atau mengapa si kecil bisa tidak mau makan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut:

  • Tumbuh gigi

Tumbuh gigi menjadi masalah yang paling sering terjadi sehingga menyebabkan si kecil yang tidak nafsu makan. Hal ini karena saat akan muncul gigi, gusinya akan mengalami rasa sakit akibat gigi yang akan tumbuh. Itulah mengapa ia akan sulit dan lebih rewel saat minum susu melalui botol dan juga saat akan makan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena hal ini hanya berlangsung 2 minggu saja. Setelah itu si kecil akan kembali nafsu makan.

  • Menyesuaikan makanan

Si kecil juga bisa saja menjadi lebih rewel saat usia baru 6 bulan. Hal ini karena si kecil harus menyesuaikan makanan yang ia dapatkan. Untuk itu tips bayi 10 bulan susah makan siang adalah dengan mencoba berbagai jenis makanan yang bisa ia konsumsi. Tujuannya untuk mencari tahu makanan apa yang mungkin cocok dan ia sukai. Jadi Anda juga tidak boleh memberinya satu jenis makanan saja.

  • Kesehatannya yang menurun

Sama halnya dengan orang dewasa dimana akan merasa nafsu makannya menurun saat sedang merasa sakit. Hal ini juga berlaku untuk si kecil yang sedang mengalami gangguan kesehatan atau sakit. Misalnya saat ia demam, batuk, flu dan lain sebagainya.

Tips bayi 10 bulan susah makan adalah dengan mencoba memberinya bubur bayi organik dalam kemasan dengan menu yang ia sukai. Cara ini berguna untuk membantu mengembalikan nafsu makannya yang hilang.

Franchise Bubur Bayi Murah

Jual Bubur Bayi Organik ONIC

Salah satunya melalui pemberian produk organik ONIC yang menawarkan tidak hanya rasa enak yang disukai bayi, namun juga nutrisi seimbang. Kelebihan bubur ini yaitu:

  • Tersedia 14 varian rasa enak yang disukai bayi
  • Tanpa MSG atau pengawet
  • Tidak terlalu cair
  • Banyak daging dan sayurnya
  • Mudah ditemukan dan dibeli secara online/ offline

Apalagi bubur ini dikemas praktis dan mudah dimasak tanpa harus menunggu lama. Selain itu kualitasnya sangat baik karena terbuat dari bahan alami.

[Total: 2   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp