Blog

Tips Bayi 11 Bulan Susah Makan

Tips Bayi 11 Bulan Susah Makan – Orang tua pasti akan sangat merasa senang saat si kecil yang masih berusia 3 sampai 4 bulan bisa makan dengan antusias hingga habis. Hanya saja rasa antusias tersebut sudah mulai berkurang saat ia menginjak usia 11 sampai 12 bulan. Hal ini cukup wajar karena pada saat usia tersebut si kecil masih suka mengeksplorasi berbagai macam rasa makanan. Itulah mengapa ia juga lebih mudah untuk menerima makanan dengan berbagai macam rasa.

Tips Bayi 11 Bulan Susah Makan

Pada usia 11 sampai 12 bulan, biasanya si kecil akan mulai rewel pada waktu makannya. Seperti dengan menangis, menyembur-nyemburkan makanan, menutup rapat mulutnya dan lain sebagainya. Akan tetapi hal tersebut adalah wajar. Namun akan berbahaya juga bila terjadi dalam waktu yang lama karena kebutuhan nutrisinya bisa berkurang.

Si kecil yang kurang antusias tersebut karena ia sudah merasa bosan dengan rasa dari makanan yang setiap hari Anda berikan. Untuk itu memang diperlukan beberapa cara yang tepat untuk membuatnya bisa makan dengan lebih antusias. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Cara atau Tips Bayi 11 Bulan Susah Makan

  • Jangan paksakan anak

Pada usia 11 bulan, si kecil sudah mulai bisa untuk memilih makanannya sendiri. Hal ini karena ia sudah memiliki selera sendiri mengenai makanan yang ia makan. Tugas orang tua adalah membantu mencari tahu jenis makanan dengan rasa apa yang ia sukai. Si kecil juga memiliki hal untuk bisa menentukan jenis makanan apa yang ingin dimakan.

Selain itu si kecil juga sudah mengira-ngira seberapa banyak makanan yang bisa ia konsumsi. Oleh karena itu sebaiknya menghindari untuk terlalu memaksakan si kecil untuk makan jenis makanan tertentu dan menghabiskan makanannya. Akibatnya jika Anda terlalu memaksakan si kecil, maka ia bisa saja kehilangan kepercayaannya pada Anda.

  • Mengerti penyebabnya

Tips bayi11 bulan susah makan MPASI salah satunya juga dengan mengenali penyebab mengapa ia bisa susah saat waktu makan. Ada berbagai macam penyebab atau faktor yang membuat si kecil menjadi rewel pada saat makan.

Misalnya sudah bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, sedang sakit, sedang tumbuh gigi, konstipasi, hingga kekurangan darah. Menangani atau mengatasi masalah dari penyebab si kecil tidak mau makan tersebut juga bisa menjadi salah satu cara yang tepat agar si kecil mau untuk makan kembali dan tidak rewel.

Contohnya si kecil yang tidak mau makan karena bosan dengan menu makanannya, Anda bisa mencoba untuk memberinya menu atau variasi MPASI yang lain dari bubur bayi organik dalam kemasan.

  • Suasana makan yang nyaman

Suasana makan yang nyaman dan menyenangkan juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat si kecil makan dengan lebih lahap. Anda bisa mencobanya dengan cara meluangkan waktu untuk makan bersama si kecil atau cobalah untuk mengajak si kecil saat akan membuat MPASI-nya.

Hal ini bertujuan agar si kecil merasa dilibatkan saat membuat makanannya. Akan tetapi hindari untuk mengajak si kecil makan sambil melakukan aktivitas lainnya yang bisa membuat perhatiannya dari makan teralihkan. Misalnya dengan mengajaknya bermain atau menonton televisi. Akibatnya si kecil justru akan lebih tertarik dengan mainannya daripada makanannya.

  • Mengenalkan rasa atau jenis makanan baru dengan bertahap

Petunjuk dan tips bayi 11 bulan susah makan adalah dengan memberinya jenis makanan yang berbeda secara bertahap. Si kecil memang menyukai untuk mengeksplorasi berbagai macam makanan. Hanya saja bukan berarti Anda bisa memberikan jenis makanan yang berbeda dalam satu hari atau beberapa hari.

Cobalah untuk menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan dengan rasa atau varian yang sama dalam satu hari. Hal ini bertujuan agar si kecil benar-benar bisa merasakan dan juga mengingat rasa dari makanan tersebut. Selain itu ini berguna untuk Anda mengetahui apakah si kecil memiliki alergi pada jenis makanan tertentu.

  • Makanan dengan model dan variasi yang berbeda

Jika si kecil menyukai sayuran misalnya wortel atau bayam biasanya sang ibu akan selalu menggunakan jenis makanan itu untuk menu MPASI-nya. Padahal hal ini bisa saja membuat si kecil merasa bosan. Untuk itu Anda bisa mencoba tetap menggunakan bayam atau wortel hanya saja dengan olahan yang berbeda setiap harinya. Tujuannya agar si kecil bisa merasakan berbagai macam varian rasa walaupun menggunakan jenis makanan yang sama.

Kriteria MPASI untuk Kebutuhan Gizi si Kecil

Memberikan MPASI tidak hanya berdasarkan tekstur makanan yang halus saja. Namun ada juga kriteria yang harus Anda gunakan. Kriteria tersebut akan membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi si kecil yang lebih sesuai. Berikut adalah beberapa kriteria yang bisa Anda penuhi:

  • Disiapkan dengan higienis

Kriteria yang pertama adalah dengan menyiapkan makanan MPASI tersebut secara higienis atau aman. Makanan bayi yang aman dan higienis seperti menggunakan alat dan juga bahan yang bersih dan bagus. Hal ini berguna untuk mencegah supaya makanan yang Anda berikan tersebut tidak terkontaminasi dengan zat atau bakteri dimana juga akan sangat berbahaya untuk tubuh si kecil. Bahkan bisa saja menyebabkan infeksi dan juga penyakit untuknya.

  • Waktu

Waktu yang digunakan untuk memberikan MPASI juga harus sesuai dengan kriteria. Untuk si kecil yang berusia 6 sampai 8 bulan membutuhkan asupan MPASI sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari. Anak dengan usia 9 sampai 11 bulan membutuhkan peningkatan waktu makan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Namun untuk usia 12 sampai 24 bulan biasanya sehari hanya 1-2 kali saja dengan tambahan camilan seperti buah segar. Tips bayi 11 bulan susah makan siang adalah dengan mengetahui jenis makanan yang ia sukai dan juga belajar untuk mengatur pola makannya. Hal ini untuk membuatnya lebih terbiasa dengan jadwal makannya.

  • Jenis makanan

MPASI merupakan makanan yang digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Untuk itu jenis makanan yang diberikan juga tidak boleh sembarangan dan harus bisa memenuhi kebutuhan gizinya. Misalnya makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan juga serat. Hal ini tentunya bagus untuk membantu tumbuh kembangnya dengan sempurna.

Bagaimana Jika Cara di Atas Kurang Manjur?

Jika cara di atas kurang manjur, mungkin Anda perlu memberikan asupan lainnya. Apabila bayi sudah cukup umur untuk menerima asupan MPASI. Anda bisa memberikan bubur organik ONIC sebagai salah satu tips bayi 11 bulan susah makan yang efektif.

Bubur ini aman tanpa pengawet dan MSG sehingga cocok untuk orang tua yang tidak ingin memberikan asupan berpengawet. Selain itu, dikemas juga dalam kemasan super praktis yang mudah disiapkan kapan saja. Bubur ONIC tersedia dalam 14 varian rasa enak yang pasti disukai bayi!

[Total: 4   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp