Blog

Tips Bayi 2 Bulan Naik Pesawat

Tips Bayi 2 Bulan Naik Pesawat – Tips bayi agar bisa naik pesawat ini semoga membantu si bunda bila ingin bepergian jauh namun membawa si kecil. Apalagi orang tua yang baru pertama kali membawa si kecil untuk menaiki pesawat, pasti hal tersebut menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran untuk orang tua.

Maskapai penerbangan memiliki beberapa peraturan bagi orang tua yang membawa bayi untuk menaiki pesawat, pihak maskapai akan meminta surat keterangan sehat dan boleh tidaknya bayi melakukan penerbangan maka dari itu orang tua ada baiknya mengonsultasikan hal tersebut ke dokter agar si kecil dapat merasa nyaman saat berada di pesawat.

Tips Bayi 2 Bulan Naik Pesawat

Selain konsultasi ke dokter bunda juga perlu memperhatikan tips bayi 2 bulan naik pesawat, apa saja yang dibutuhkan, apa saja peraturan yang harus dipahami serta siap tidaknya kondisi si kecil.

Liburan panjang merupakan waktu untuk bersama keluarga, mungkin bunda atau ayah ingin mengajak si kecil bepergian untuk mendapatkan suasana baru bagi si buah hati, namun sebelum pergi liburan pastikan ayah dan bunda memperhatikan kondisi dan hal-hal yang di butuhkan si kecil.

Agar tips bayi 2 bulan naik pesawat saat liburan dapat dijalankan orang tua harus memperhatikan hal-hal berikut.

Apa Saja Tips Bayi 2 Bulan Naik Pesawat agar Aman dan Tidak Rewel?

  • Usia ideal anak

Beberapa maskapai memiliki peraturan masing-masing mengenai usia ideal bayi untuk melakukan penerbangan. Untuk usia bayi sendiri dokter akan menyarankan bayi berumur 3 bulan agar aman untuk bepergian menggunakan pesawat, karna di usia ini si kecil sudah bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan daya tahan tubuh sudah maksimal.

Namun ada beberapa maskapai yang memperbolehkan bayi berusia minimal 2-14 hari untuk melakukan perjalanan udara dengan memberikan surat keterangan sehat dari dokter dan anak tidak dalam kondisi lahir prematur.

  • Seat untuk bayi

Umumnya, beberapa maskapai mengharuskan bayi yang berumur di bawah 2 tahun pada saat penerbangan untuk duduk di pangkuan penumpang dewasa dengan syarat satu orang dewasa membawa satu bayi.

Selama di pesawat, memangku bayi atau mengajaknya bermain bisa membantunya lebih tenang. Namun, memangku si kecil secara terus menerus juga tidak dianjurkan karena ketika terjadi turbulensi, si kecil bisa saja jatuh. Untuk itu lebih baik jika Anda memilih untuk memesan satu tiket tempat duduk lagi untuknya.

  • Harga tiket

Walau tidak duduk sendiri, bayi tetap membutuhkan tiket maka dari itu siapkan bukti usia seperti akta, atau paspor ketika bepergian ke luar negeri. Tiap maskapai memiliki beberapa ketentuan untuk harga tiket bayi, ada yang gratis namun ada beberapa maskapai yang menentukan tarif bayi. Yaitu seperkian persen dari tarif dewasa. Jika ingin bayi bunda mendapatkan tempat duduk sendiri, bunda bisa membeli dengan tarif tiket dewasa.

Cara Agar Bayi Tetap Nyaman Dalam Pesawat

Selain usia ideal yang diperhatikan, kondisi nyaman dan aman di dalam pesawat juga perlu di ciptakan oleh orang tua pastikan kesehatan si kecil, karna bila si kecil tidak sehat, ia bisa sangat rewel dan rentan terkena penyakit di perjalanan dikarenakan daya tahan tubuh yang lemah.

Selain itu perubahan tekanan udara juga mempengaruhi kondisi si kecil, karna membuat telinga sakit bahkan susah untuk bernapas. Maka dari itu bunda perlu memperhatikan tips bayi 2 bulan naik pesawat dengan aman ini:

  • Pilih jadwal penerbangan yang sesuai dengan jam tidur si kecil, agar si buah hati dapat tertidur nyenyak saat perjalanan.
  • Siapkan mainan favorit si kecil, agar ia tidak merasa jenuh.
  • Usahakan menyusui si kecil saat lepas landas dan saat mendarat, agar bayi tidak mengalami kesakitan ditelinga karena perubahan tekanan udara.
  • Jika si kecil resah, ajak ia berkeliling di lorong kabin.
  • Lengkapi bayi dengan pakaian yang hangat, dikarenakan suhu kabin cenderung dingin
  • Jangan merasa sungkan untuk meminta bantuan kru pesawat bila membutuhkan pertolongan ya bunda.

Dan bila bunda melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan juga ketika membawa bayi untuk melakukan perjalanan udara, ada baiknya bunda membawa hal – hal yang dibutuhkan si buah hati dan pastikan barang-barang tersebut di tas kabin bersama bunda atau ayah agar perjalanan bayi 2 bulan naik pesawat jarak jauh dapat merasa nyaman saat perjalanan.

Perlengkapan yang Perlu Dibawa Saat di Pesawat Dengan Bayi

Perlengkapan bayi menjadi hal yang sangat penting, dikarenakan bayi berada di tempat yang asing baginya. Berikut hal – hal penting yang harus dibawa bunda saat melakukan perjalanan udara bersama si buah hati:

  • Popok sekali pakai dan tisu basah, pastikan bunda mengemasnya dalam tas kecil sehingga bunda tidak perlu membawa seluruh tas kabin saat mengganti popok di pesawat
  • Baju cadangan untuk bunda dan si kecil untuk mengantisipasi hal-hal yang tumpah atau si kecil muntah
  • Selimut bayi, meskipun terkadang bila perjalanan jauh sudah disiapkan oleh maskapai namun ada baiknya Anda membawa selimut dengan bahan lembut agar si kecil nyaman
  • Celemek menyusui atau nursing apron, kain yang berguna untuk bunda menutupi saat memberi bayi ASI atau memerah ASI untuk cadangan makanan si kecil
  • Empeng
  • Susu dan makanan bayi, atau bisa juga membawa bekal ASI yang sudah ada di botol. Untuk makanannya cobalah menggunakan bubur bayi organik yang lebih praktis.
  • Mainan favorit si kecil
  • Obat-obatan
  • Penutup telinga, agar telinga si kecil tidak sakit saat pesawat lepas landas

Pastikan bunda membawa keperluan si kecil dalam satu tas agar bunda tidak perlu repot ketika mencari barang – barang yang dibutuhkan saat sang buah hati mulai resah.

Selain itu apabila bunda ingin membawa stroller, bawalah stroller yang dapat dilipat sehingga bisa dengan mudah dimasukkan ke tempat kompartemen kabin selama tempatnya muat. Namun sebelumnya, stroller akan melalui proses check in untuk berjaga-jaga apabila kompartemen kabin tidak cukup untuk dimasuki.

Meskipun membawa bayi saat naik pesawat sering kali menimbulkan kecemasan dan banyak pula persyaratan dan aturan yang perlu diperhatikan serta tidak menutup kemungkinan Anda akan stres dibuatnya. Namun Anda perlu rileks dan menikmati perjalanan Anda mengingat perjalanan udara kali ini bunda tidak hanya dengan pasangan saja namun dengan si buah hati kesayangan bunda.

Produk Bubur Bayi Organik Untuk di Pesawat

Jika bayi Anda sudah cukup menerima MPASI, maka Anda bisa membawa kemasan praktis bubur organik ONIC di dalam pouch. Anda dapat memberikan bayi bubur organik agar perutnya tidak lapar dan mencegah rewel selama perjalanan di dalam pesawat.

Apalagi kemasan MPASI bubur organik ONIC sangatlah mudah dibuat. Dengan 14 varian rasa enak yang pastinya disukai si kecil. Selain itu, bubur ini bernutrisi, halal dan bebas MSG apalagi pengawet.

Itulah beberapa tips bayi 2 bulan naik pesawat dan jika bayi sudah memerlukan MPASI selama perjalanan. Semoga bermanfaat.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp