Blog

Tips Bayi 2 Bulan Tidur Nyenyak

Tips Bayi 2 Bulan Tidur Nyenyak – Pasti banyak dibutuhkan oleh orang tua untuk merawat si buah hati agar tidur dengan lelap. Apalagi untuk orang tua baru, pengalaman menidurkan sang anak membutuhkan perjuangan dan kesabaran ekstra agar anak tidak rewel dan dapat tidur nyenyak sepanjang malam.

Tips Bayi 2 Bulan Tidur Nyenyak

Bayi memang belum bisa membedakan waktu siang dan malam, sehingga sering kali pola tidur menjadi tidak teratur malah bayi tidur lebih lama di siang hari dan sangat aktif di malam hari. Dan itu membuat bunda kewalahan dalam menidurkan sang buah hati. Namun bunda tidak perlu khawatir lagi karna berikut akan dijelaskan mengenai tips agar bayi 2 bulan dapat tidur nyenyak sepanjang malam.

Kebutuhan Ideal Waktu Tidur Bayi

Sebelum bunda tahu tips bayi 2 bulan tidur nyenyak, ada baiknya bunda tahu kebutuhan ideal tidur sang buah hati dalam sehari agar tumbuh kembang si kecil juga optimal, bunda. Bayi yang baru lahir hingga berumur 2 bulan membutuhkan waktu tidur sebanyak 12 hingga 18 jam sehari.

Bayi berumur 2 bulan umumnya memiliki tidur siang sebanyak 8 jam sehari dan terbangun setiap 1 atau 2 jam sekali untuk menyusu. Tidak terlalu berbeda dengan tidur siang, si kecil juga membutuhkan 4-8 jam untuk tidur di malam hari, biasanya si kecil akan mulai tertidur sekitar pukul 9 atau 10 malam dan akan terbangun beberapa kali untuk menyusu.

Bila bunda merasakan kewalahan untuk menidurkan si buah hati, mungkin tips berikut bisa membantu.

Tips Bayi 2 Bulan Tertidur Nyenyak Sepanjang Malam

Untuk menidurkan bayi berumur 2 bulan bunda perlu melakukan trik – trik berikut ini, seperti:

  • Mengajarkan perbedaan siang dan malam

Bayi yang berumur 2 bulan pertama tidak bisa membedakan waktu antara siang dan malam, sehingga perlu sekali untuk orang tua mengajarkan hal ini kepada si kecil. Pada siang hari ajaklah si kecil bermain dengan aktif, buatlah ruangan menjadi seterang mungkin dan biarkan suara aktivitas harian dapat didengar oleh sang buah hati seperti suara mesin cuci, musik, televisi dll.

Namun pastikan juga si buah hati mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur siang sehingga ia tidak kelelahan. Karna bila kelelahan bayi dapat menjadi sangat rewel dan tidak mau tidur. Sedangkan di malam hari, ada baiknya membuat suasana redup dan tenang.

  • Lakukan ritual malam

Seperti yang dijelaskan sebelumnya di atas, dengan orang tua mengajarkan perbedaan siang dan malam. Si kecil akan terbiasa dan menyadari kondisi lingkungan. Agar bayi 2 bulan tidur nyenyak di malam hari, bunda perlu menciptakan suasana tenang dan nyaman.

Bunda dapat meredupkan lampu 30 menit sebelum jam tidur, selain itu bunda dapat menerapkan ritual malam seperti memakaikan piama kepada si kecil, membacakan cerita atau mendengarkan musik instrumental sebagai pengantar tidur si buah hati

  • Patuhi jam tidur

Agar tips 2 bulan bayi tidur nyenyak sepanjang malam dapat terlaksana dengan baik, bunda perlu mematuhi jam tidur si kecil, jam tidur yang tidak memiliki pola yang sama dapat membuat si buah hati menjadi tidak terbiasa dengan jam tidurnya.

Selain itu bayi yang terlambat untuk ditidurkan dapat membuat si kecil kembali bersemangat dan susah untuk ditidurkan kembali. Selain mematuhi jam tidur, orang tua juga bisa memperhatikan beberapa tanda bayi bila mengantuk.

Bayi yang mengantuk dan merasa kelelahan biasanya ia akan mengucek mata, menguap dan menjadi rewel. Bila bunda atau ayah mengetahui tanda – tanda ini ada baiknya segera menaruh atau menidurkan si kecil di tempat tidur meskipun bayi masih terbangun. Dengan cara ini, bunda atau ayah dapat mengajarkan si kecil untuk memiliki pola tidur yang teratur dan membuat ia tidur dengan sendirinya.

  • Pastikan bayi mudah bergerak saat tidur

Masalah kenyamanan saat tidur dapat mengganggu kualitas tidur si buah hati, untuk itu tips bayi 2 bulan tidur nyenyak tanpa terbangun di malam hari dapat membantu bunda untuk menjaga tidur lelap si kecil.

Masalah kenyamanan bisa dipengaruhi dari kondisi kamar yang panas, kurangnya tempat si bayi untuk leluasa bergerak atau pakaian yang digunakan. Pastikan pakaian yang digunakan berbahan katun dan tidak terlalu ketat agar si buah hati tidak merasa kegerahan dan dapat bergerak bebas. Bayi yang bergerak-gerak saat tidur adalah hal normal, orang tua tidak perlu panik dalam menanganinya.

Bayi biasanya menggerak-gerakkan tubuhnya saat tidur seperti mengerutkan dahi, mengisap jempol bahkan tersenyum. Namun bila si kecil merengek ataupun menangis selama beberapa menit, bunda dapat memeriksa kondisi si buah hati karna biasanya bayi merasa lapar atau merasa kedinginan atau kegerahan karena pola tidur bayi berumur 2 bulan masih belum teratur dan sering terbangun. Jika si kecil merasa lapar Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan yang lebih praktis.

Dan apabila bunda sudah melakukan hal-hal di atas namun si kecil masih menangis dan resah sebaiknya bunda segera memeriksakan ke dokter agar tahu penyebabnya.

Tips Memilih Pakaian Untuk si Kecil Yang Tepat

Pakaian yang digunakan si kecil juga bisa mempengaruhi apakah si kecil merasa nyaman atau tidur. Hal ini juga berpengaruh agar si kecil bisa tidur dengan lebih nyaman dan tidak mudah bangun atau rewel. Berikut adalah beberapa cara untuk memilih baju tidur yang tepat:

  • Menyerap keringat

Si kecil yang pada pagi hari biasanya akan lebih aktif. Untuk itu sangat penting jika Anda menggunakan baju yang memang bisa menyerap keringat dengan baik. Hal ini juga membantu si kecil agar tidak kepanasan saat tidur dan lebih mudah terbangun. Bahan kain yang mudah untuk menyerap keringat adalah dari kain katun.

  • Tidak panas

Selain bisa menyerap keringat, pastikan jika baju yang dikenakan si kecil juga tidak panas. Hal ini karena ada beberapa baju yang memiliki tekstur kain panas sehingga membuatnya kurang nyaman saat memakainya. Kain katun adalah bahan yang cocok untuk Anda pilih saat membelikan baju untuk si kecil.

  • Bahan yang aman

Terakhir adalah memilih bahan yang aman untuk bayi. Hal ini karena bayi dengan usia 2 bulan masih memiliki kondisi kulit yang sensitif. Pilihlah baju yang terbuat dari katun dimana untuk menghindari si kecil yang alergi dengan bahan kain lainnya.

Bubur Bayi Organik Yang Bagus

Jual Bubur Bayi Organik Spesial Yang Bernutrisi

Apabila Anda ingin kebutuhan nutrisi bayi tercukupi, maka Anda bisa memberikan mereka MPASI berupa bubur organik. Kenapa?

  • Terbuat dari bahan alami
  • Bebas MSG dan pengawet
  • Harganya terjangkau
  • Mudah didapatkan
  • Dikemas praktis
  • Mudah dimasak
  • Banyak daging dan sayurnya
  • Rasa pasti enak dan disukai bayi

Semua itu ada dalam kemasan bubur organik pabrikan ONIC FOOD. Jadi, selain tips bayi 2 bulan tidur nyenyak, Anda juga perlu tahu asupan nutrisi apa yang baik bagi si kecil. Semoga bermanfaat.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp