Blog

Tips Bayi 4 Bulan Susah Tidur

Tips Bayi 4 Bulan Susah Tidur – Si kecil yang menangis dan susah untuk tidur memang bukan hal yang mudah. Bahkan hal ini sering kali membuat banyak orang tua ikut merasa stress dan bingung. Terutama jika ia sering susah tidur di malam hari dimana orang tua juga butuh untuk beristirahat.

Tips Bayi 4 Bulan Susah Tidur

Si kecil yang sulit untuk tidur biasanya terjadi karena ia masih belum memiliki jadwal atau pola tidur yang tetap. Hal ini menyebabkan lebih banyak atau susah untuk tidur karena masih harus beradaptasi dengan pola tidurnya.

Selain itu si kecil juga sulit untuk tidur karena adanya perubahan pada jadwal rutin tidurnya seperti karena sakit atau perjalanan jauh. Untuk itu berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Tips Bayi 4 Bulan Susah Tidur

  • Bermain di siang hari

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan lebih banyak kegiatan di siang hari. Tujuannya untuk membuat agar si kecil lebih bisa tidur dengan mudah dan nyenyak di malam harinya. Si kecil yang sudah terlalu lelah di siang hari karena berbagai macam aktivitas akan membuatnya lebih cepat tidur saat malam. Anda bisa mengajaknya untuk bermain atau menghiburnya agar di siang hari ia memiliki aktivitas yang menyenangkan.

  • Atur jadwal si kecil

Tips bayi 4 bulan susah tidur malam hari adalah dengan mengatur jadwalnya. Hal ini bertujuan untuk membantunya menciptakan pola kegiatan rutin di siang hari dan malam hari. Misalnya untuk pagi hingga siang hari, Anda bisa mengajaknya untuk mandi, minum asi dan juga bermain. Sedangkan di malam hari kurangi untuk bermain dan lebih fokuskan untuk tidur dan makan. Hal ini bagus untuk membantu si kecil mengenali rutinitasnya  sehingga ia juga bisa tahu bahwa malam adalah waktunya untuk tidur dan bukan bermain.

  • Mengenali tanda jika si kecil sudah ngantuk

Salah satu cara yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan mengetahui atau mengenali gejala saat si kecil sudah mengantuk. Hal ini penting untuk membuatnya bisa tidur dengan lebih cepat sehingga tidak rewel. Jika sudah ada tanda si kecil yang mengantuk, maka pastikan jika Anda segera membaringkannya di tempat tidur. Hal ini lebih baik daripada Anda harus menggendongnya hingga si kecil tertidur karena bisa menjadi kebiasaannya.

Beberapa tanda jika si kecil sudah mulai mengantuk adalah matanya yang berair, menguap, mengucek matanya, dan juga rewel. Jangan sampai Anda terlambat mengajaknya untuk tidur sampai si kecil menangis. Si kecil yang sudah terlalu lelah hingga menangis akan lebih sulit untuk memulai tidurnya.

  • Membacakan cerita atau mandi

Kegiatan rutin atau pola sebelum tidur yang bisa Anda lakukan adalah dengan memandikannya dan juga memberinya makan. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh si kecil lebih rileks. Selain itu ia juga akan lebih mudah untuk tertidur dengan nyenyak. Anda juga bisa membacakan cerita sebelum ia tidur atau mendengarkan musik yang menangkan.

  • Mengajarinya perbedaan siang dan malam

Membantu mengajari si kecil perbedaan siang dan malam juga bisa menjadi tips bayi 4 bulan susah tidur dengan nyenyak. Tujuannya untuk membantu si kecil bisa mengenali kapan waktunya untuk tidur atau untuk bermain. Caranya dengan menerapkan pola yang berbeda untuk setiap waktu. Di siang hari lebih tekankan si kecil untuk bermain dan minum asi dengan teratur. Sedangkan di malam hari Anda bisa mencoba untuk mengajaknya makan, dan tidur.

Kegiatan atau rutinitas sebelum tidur juga bisa Anda perhatikan seperti mengganti baju dengan khusus untuk tidur, kamar yang redup dan lain sebagainya.

Makanan yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak

Selain beberapa cara di atas, ada juga beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu si kecil bisa tidur dengan lebih nyenyak yakni melalui makanan.

  • Susu

Tips bayi 4 bulan susah tidur gampang terbangun adalah dengan menggunakan susu. Dalam susu mengandung asam amino berupa tyrptophan. Kandungan tersebut bagus untuk membantu si kecil agar lebih mudah untuk tidur. Hal ini juga menyebabkan banyak orang tua yang menyuruh anak untuk minum susu sebelum tidur agar bisa tidur dengan nyenyak.

  • Pisang

Kandungan dalam buah pisang seperti serotonin dan juga melatonin. Kandungan tersebut bagus untuk membantu agar kerja otot menjadi lebih rileks sehingga membantu si kecil untuk tidur dengan lebih nyenyak dan nyaman. Anda bisa memberikan pisang tersebut sebagai puree atau diberikan secara langsung sebagai potongan buah jika si kecil sudah memiliki gigi.

  • Ikan salmon

Ikan salmon memang tidak memiliki kandungan berupa serotonin dan juga melatonin yang sama seperti pisang. Akan tetapi kandungan yang ada pada ikan salmon tersebut bisa membantu untuk menstimulasi agar tubuh bisa menghasilkan kedua zat tersebut.

Anda bisa mencoba untuk menambahkan ikan salmon pada bubur makannya. Namun mengolah ikan salmon bukan hal yang mudah. Untuk itu lebih baik Anda menggunakan bubur bayi organik dengan kandungan ikan salmon agar lebih mudah dan praktis.

  • Makanan yang mengandung karbohidrat

Makanan dengan kandungan karbohidratnya yang tinggi namun juga rendah protein adalah jenis makanan yang bagus untuk membantu si kecil bisa tidur dengan nyenyak. Beberapa jenis makanan tersebut seperti apel dengan selai kacang, keju dan biskuit gandum, hingga gabungan antara susu dengan sereal. Akan tetapi pastikan jika si kecil sudah sesuai dengan usianya untuk bisa mengonsumsi makanan tersebut.

  • Bayam

Bayam selain memang bagus untuk memenuhi kebutuhan gizinya ternyata juga bagus untuk membantu si kecil agar bisa tidur dengan lebih nyenyak. Hal ini karena adanya kandungan tryptophan yang membuatnya lebih tidur dengan nyenyak.

Anda bisa mencampurkan bayam tersebut pada nasi atau bubur bayi. Selain itu menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan juga bisa menjadi salah satu cara yang bagus dilakukan.

Si kecil yang sulit untuk tertidur dengan nyenyak dan mudah terbangun terutama di malam hari pastinya akan membuat Anda bingung. Akibatnya di pagi hari ia bisa rewel karena jadwal tidurnya di malam hari berkurang.

Tentunya si kecil yang rewel bisa membuat orang tua juga stres. Untuk itu Anda bisa melakukan beberapa tips bayi 4 bulan susah tidur di atas mulai dari mengatur jadwalnya hingga jenis makanan yang bisa membuatnya tidur lebih nyenyak.

Beli MPASI Bernutrisi Dimana?

Bubur organik ONIC FOOD sudah tersedia di 40 outlets yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, Anda bisa dengan mudah membeli produk bubur MPASI untuk bayi ini. Apalagi ditawarkan dengan 14 macam varian rasa enak dengan banyak daging dan sayuran. Jelas amat bernutrisi dan aman bagi bayi.

Kalau Anda selama ini hanya menemukan bubur dengan pengawet dan MSG, maka bubur ONIC bebas MSG dan pengawet. Teksturnya juga tidak terlalu cair atau benyek. Selain itu, disediakan juga beberapa makanan MPASI pelengkap lainnya bagi bayi seperti puding yang sama enaknya.

[Total: 4   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp