Blog

Tips Bayi 6 Bulan Mau Makan

Tips Bayi 6 Bulan Mau Makan – Si kecil yang sulit untuk makan memang menjadi hal yang biasa. Hal ini karena ada berbagai macam faktor yang membuat ia menjadi kurang bersemangat untuk makan. Untuk itu sudah menjadi tugas ibu agar si kecil mau makan dengan baik. Ada berbagai cara juga yang bisa Anda lakukan agar si kecil mau untuk makan. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan.

Tips Bayi 6 Bulan Mau Makan

Tips Bayi 6 Bulan Mau Makan Dengan Lahap

  • Menggunakan menu dengan sayuran dan karbohidrat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberinya menu tunggal dengan kandungan karbohidrat dan juga sayuran. Anda bisa membuatnya dari puree wortel, kentang atau ubi. Ketiga makanan tersebut mengandung karbohidrat yang pastinya bagus untuk sistem pencernaannya.

Si kecil yang baru memulai MPASI-nya lebih baik jangan memberinya makanan yang terlalu banyak jenisnya. Jika si kecil kurang suka pada ikan, maka Anda juga tidak perlu memaksanya. Gunakan kaldu ayam yang dicampur dengan puree. Hal ini akan membuat buburnya menjadi lebih gurih sehingga si kecil juga menyukainya.

Anda juga dapat memberikannya bubur organik dari bahan alami. Namun jika susah membuatnya sendiri, Anda dapat beli bubur organik instant ONIC. Bubur ini aman bagi bayi karena bebas MSG dan pengawet, selain itu rasanya juga enak karena terdapat 14 varian rasa. Makanya bayi tidak akan bosan memilih rasa yang mereka sukai. Bubur ini juga hadir dengan banyak daging dan sayur bernutrisi.

  • Porsi yang sedikit namun sering

Tips bayi 6 bulan mau makan MPASI adalah dengan memberinya porsi makan yang sedikit saja. Kebanyakan sang ibu mungkin akan memberikan si kecil porsi makan yang cukup banyak. Hal ini karena terlalu bersemangat dengan si kecil yang baru memulai MPASI-nya. Namun hal ini sebaiknya dihindari. Si kecil masih belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna sehingga memberikan porsi makan yang terlalu banyak juga akan percuma.

Anda bisa memberikan si kecil setidaknya satu sampai dua sendok bubur bayi organik saja. Akan tetapi berikan dalam kurun waktu yang padat atau sering. Anda juga bisa menyelinginya dengan memberikan susu atau snack supaya ia tidak bosan.

  • Mengatur jadwal makan dan minum susunya

Sebab si kecil tidak mau makan biasanya karena ia yang merasa kenyang. Untuk itu Anda perlu membuat jadwal antara minum susu dan juga makannya. Tujuannya agar si kecil tidak melewatkan waktu makan dan juga minum susunya.

Hindari memberikan si kecil makan setelah ia minum susu. Ia pasti akan menolaknya karena merasa kenyang. Coba beri jeda sekitar 1.5 jam atau 2 jam setelah ia makan MPASI. Dengan begitu si kecil bisa makan dan minum susu dengan teratur.

  • Mengenalkannya pada menu tunggal buah

Kebanyakan dokter memang akan merekomendasikan untuk memberikan MPASI 4 bintang pada si kecil yang baru memulai MPASI. Akan tetapi tidak semua anak mau atau bisa melakukannya.

Anda bisa memulai MPASI dengan memberinya buah-buahan. Ada berbagai macam buah-buahan dengan tekstur yang lembut sehingga akan lebih mudah dicerna si kecil. Misalnya seperti buah pisang dan alpukat. Menu MPASI yang lebih sederhana ini bagus untuk membantu si kecil lebih bisa mengenai dan mengingat rasa dari buah-buahan tertentu.

  • Membuat suasana makan yang berbeda

Tips bayi 6 bulan mau makan dengan lahap selanjutnya adalah dengan membuat agar suasana makannya menjadi lebih menarik. Si kecil yang sulit untuk makan bisa saja karena ia merasa bosan dengan suasana makan yang itu-itu saja. Oleh karenanya, buat suasana makannya menjadi lebih menyenangkan.

Misalnya dengan mengajaknya makan bersama atau makan dengan Anda ajak mengobrol. Hal ini bisa membuat si kecil yang makan dengan lahap. Hindari untuk mengajak si kecil makan dengan cara bermain. Makan sambil bermain dengan si kecil bisa saja membuatnya lebih tidak mau makan. Si kecil akan lebih fokus dan tertarik dengan mainannya daripada harus menghabiskan makannya.

Cara Melatih Si Kecil Mau Makan Tanpa Dilepeh

Si kecil yang baru saja mulai MPASI-nya pasti masih merasa kurang nyaman dengan cara makan atau menu makannya. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan terus melatih agar si kecil terbiasa untuk makan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Peralihan ke makanan padat

Tidak banyak orang tau, bahwa ada baiknya juga memberikan peralihan pada si kecil yang akan memulai MPASI-nya. Si kecil saat sudah bisa mengonsumsi dan mengunyah makanan dengan tekstur halus maka akan dilanjutnya dengan makanan yang lebih kasar.

Pada saat si kecil mulai tertarik untuk makanan padat, maka Anda sudah memberikan si kecil jenis makanan yang lebih kasar seperti dalam bentuk potongan. Tujuannya agar ia mulai belajar untuk mengunyah. Anda bisa memberinya potongan buah segar atau menggunakan bubur bayi organik dengan tekstur yang lebih kasar.

  • Mengenalkan rasa baru secara perlahan

Tips bayi 6 bulan mau makan bubur bayi organik selanjutnya adalah mencoba memberikannya makanan dengan berbagai macam rasa. Namun bukan berarti Anda harus memberinya makan yang berbeda setiap hari. Justru lebih baik mengenalkan si kecil makanan dengan rasa baru secara perlahan.

Tujuannya agar si kecil benar-benar bisa merasakan rasa dari satu jenis makanan tersebut dulu. Si kecil umumnya menyukai makanan dengan rasa yang manis. Untuk itu Anda bisa mencoba menggunakan bubur bayi organik dengan rasa seperti kentang, wortel, lobak, pisang, dan mangga. Anda memang harus bersabar jika ingin mengenalkan si kecil pada berbagai macam rasa makanan.

  • Memperkenalkan berbagai macam tekstur dan juga bentuk

Untuk membuat si kecil tetap tertarik dengan makannya, maka Anda harus memberikan si kecil makanan dengan berbagai macam bentuk dan juga tekstur. Namun pastikan juga jika menu makanan tersebut sesuai dengan nutrisi dan kebutuhannya.

Anda bisa memberinya buah-buahan yang sudah dipotong lebih kecil. Biarkan si kecil untuk makan sendiri agar lebih mandiri dan juga tertarik dengan makanannya.

  • Kenalkan makanan dengan tekstur yang halus

Memberikan makan pada si kecil juga berarti membantunya untuk mengenali tekstur dari berbagai macam makanan. Namun pengenalan tersebut juga harus dilakukan secara bertahap. Anda bisa memberikan si kecil makanan dengan tekstur yang halus terlebih dulu.

Kemudian seiring dengan bertambahnya usia dan juga giginya yang mulai tumbuh, Anda bisa memberinya makan dengan tekstur yang lebih padat lagi. Si kecil yang baru memulai MPASI memang harus dilatih dengan sabar.

 

Selain itu Anda juga harus bisa membuat berbagai jenis menu MPASI yang lebih bervariasi untuk mendukung kebutuhan nutrisinya. Semoga tips bayi 6 bulan mau makan di atas bisa menjadi cara jika si kecil tidak mau makan dan sering melepeh makanan yang Anda beri.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp