Blog

Tips Bayi 6 Bulan Susah Makan

Tips Bayi 6 Bulan Susah Makan – Usia 6 bulan menjadi usia dimana si kecil sudah bisa makan makanan padat. Dalam hal ini berarti MPASI atau makanan pendamping ASI. Makanan padat tersebut bisa berupa bubur bayi organik atau puree yang berasal dari buah-buahan yang dihaluskan. Pada usia tersebut biasanya baik sang anak ataupun ibu akan merasa bersemangat untuk mencoba.

Tips Bayi 6 Bulan Susah Makan

Namun tidak semua anak akan mudah untuk memulai MPASI pertamanya. Ada beberapa faktor yang membuat si kecil kurang bersemangat atau kurang suka saat memulai MPASI pertamanya. Misalnya karena sakit, terlalu memilih jenis makanan tertentu atau karena belum terbiasa. Hal tersebut memang masih wajar terjadi saat awal-awal mencoba makanan padat.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat si kecil suka makan MPASI nya

Tips Bayi 6 Bulan Susah Makan Agar Mau Terima Asupan

  • Mencampurkan dengan makanan favoritnya

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencampurkan makanan berupa bubur dengan menu makanan kesukaan si kecil. Si kecil yang terlalu memilih makanan saat memulai MPASI memang hal yang wajar. Hal ini karena ia memang menyukai makanan tersebut dan sudah bisa membedakan jenis makanan mana yang enak.

Namun bukan berarti Anda harus selalu memberinya jenis makanan yang sama. Hal ini karena pada usia tersebut si kecil masih membutuhkan makanan lain dengan sumber gizi yang lain juga.

Oleh karenanya Anda bisa mencampurkan salah satu menu makanan kesukaannya. Misalnya Anda bisa menambahkan menu kesukaan si kecil seperti tahu pada bubur bayi organik rasa bayam. Tahu tersebut bisa Anda tumis atau Anda kukus terlebih dahulu.

  • Memberinya dalam porsi yang kecil

Tips bayi 6 bulan susah makan MPASI adalah dengan memberinya porsi yang kecil atau sedikit. Si kecil yang memulai MPASI pasti masih merasa kaget atau perlu untuk beradaptasi. Oleh karenanya penting jika Anda memberikan porsi makan bubur yang sedikit saja.

Selain itu sistem pencernaan dan juga ukuran lambungnya masih kecil dimana tidak bisa menampung atau menerima makanan dalam jumlah yang banyak. Anda bisa memberikan si kecil makanan atau MPASI satu hingga tiga sendok saja sebagai permulaan. Nantinya seiring dengan berjalannya waktu, Anda bisa sedikit menambah porsi makannya lagi.

  • Menunggu seminggu untuk makanan baru

Si kecil yang mulai makan makanan padat harusnya memang bisa atau suka dengan berbagai jenis makanan. Caranya adalah dengan memperkenalkan menu atau jenis makanan baru. Hanya saja hal ini tidak bisa Anda lakukan secara langsung. Setidaknya tunggu sampai satu minggu untuk memperkenalkannya pada makanan baru.

Tujuannya adalah untuk membuat si kecil benar-benar merasakan rasa dari makanan tersebut. Si kecil mungkin akan merasa bosan, namun Anda harus tetap sabar dan mencoba memberikannya walaupun hanya sedikit. Nantinya saat sudah seminggu, Anda bisa memberinya makanan baru. Coba gunakan bubur bayi organik dengan berbagai macam pilihan rasa.

  • Suasana makan yang menyenangkan

Terkadang si kecil susah untuk makan karena suasana makan yang kurang menyenangkan atau membosankan. Oleh karenanya tips bayi 6 bulan susah makan cara mengatasi adalah dengan membuat suasana makan tersebut menjadi menyenangkan. Suasana makan yang menyenangkan tidak harus selalu dengan cara mengajaknya bermain sambil makan.

Hal ini justru lebih baik dihindari karena si kecil akan lebih fokus untuk mainan daripada makan. Anda bisa menyuapinya sambil bercerita atau mengajaknya mengobrol. Makan bersama dengan keluarga juga bisa menjadi salah satu cara yang tepat agar si kecil lebih suka saat makan.

Tips Memilih Makanan Kemasan Yang Aman

Memberikan si kecil MPASI melalui makanan kemasan memang lebih praktis. Hanya saja Anda perlu lebih teliti saat memilih jenis makanan kemasan tersebut. Hal ini karena ditakutkan makanan tersebut kurang baik untuk kesehatan si kecil.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih makanan kemasan untuk si kecil:

  • Makanan dengan kandungan zat besi

Jenis makanan padat yang harus Anda pilih saat akan membelinya adalah apakah makanan tersebut mengandung gizi atau nutrisi yang bagus dan dibutuhkan untuk si kecil. kandungan nutrisi yang penting untuk si kecil adalah zat besi. Zat besi tersebut berguna untuk membantu pertumbuhan otaknya dan perkembangan motoriknya.

Si kecil yang baru memulai MPASI hingga berusia 11 bulan setidaknya butuh asupan zat besi sebanyak 6 mg sehari. Sedangkan jika sudah memasuki usia 1 sampai 3 tahun maka butuh 11 mg per harinya. Makanan dengan kandungan zat besi yang banyak adalah daging merah dan sereal. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan kandungan daging agar lebih praktis.

  • Pilih makanan yang natural

Makanan untuk si kecil memang lebih baik menggunakan jenis makanan yang tidak mengandung pengawet. Selain itu juga hindari untuk menggunakan tambahan gula. Jika Anda memilih sayur, maka pastikan jika sayur yang digunakan memang asli atau bukan dari perasa atau pewarna.

Jika ada makanan dengan bahan buah maka juga pastikan menggunakan buah asli tanpa perasa buah. Hal ini karena jika si kecil sudah terbiasa dengan makanan sayur instan dengan rasa yang berbeda, maka nantinya si kecil tidak suka makan sayur secara langsung.

Oleh karenanya tips bayi 6 bulan susah makan bubur bayi organik adalah memilih yang memang berasal dari sayuran dan bahan alami dimana rasanya tidak ditambahkan dengan perasa lainnya.

  • Makanan yang tidak mengandung pengawet

Selain makanan yang menggunakan bahan alami atau asli, makanan tanpa pengawet juga sangat penting untuk digunakan. Hal ini karena pengawet pada makanan bayi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit untuk si kecil. Misalnya seperti diare, sakit perut, deman dan jenis penyakit lainnya.

Selain itu usahakan untuk tidak memberikan si kecil jus buah jika usianya masih di bawah 1 tahun. Hal ini karena jus buah sangat rentan menggunakan pengawet dan tambahan gula. Jika Anda ingin memberikan si kecil buah maka lebih baik menggunakan buah asli yang Anda berikan sendiri seperti pisang atau alpukat yang teksturnya lembut.

  • Berikan bubur organik

Bubur organik ONIC memenuhi syarat di atas dimana:

  • Rasanya enak
  • Bebas pengawet dan MSG
  • Banyak daging dan sayur sehingga bernutrisi bagi bayi
  • Tidak terlalu cair

Bubur ONIC dikemas secara praktis dan tinggal dihangatkan saja untuk diberikan pada si kecil. Anda dapat memberikan bubur ini yang bisa dibeli kapan saja di 40 outlets yang sudah tersebat di seluruh Indonesia.

Jual Bubur Organik

Si kecil yang sulit makan memang menjadi hal yang biasa. Terutama jika baru saja memulai MPASI-nya. Untuk itu Anda bisa melakukan beberapa tips bayi 6 bulan susah makan di atas agar si kecil mau makan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp