Blog

Tips Bayi 7 Bulan Susah Makan

Tips Bayi 7 Bulan Susah Makan – Si kecil yang susah makan adalah hal yang sangat wajar. Terutama jika ia masih baru saja mencoba memulai MPASI-nya. Si kecil yang rewel saat makan atau susah pastinya akan membuat orang tua menjadi kesal hingga bingung. Anda memang harus sabar dan selalu memberikan perhatian pada si kecil.

Tips Bayi 7 Bulan Susah Makan

Namun bukan berarti Anda bisa membiarkan si kecil begitu saja ketika ia rewel atau susah makan. Justru Anda harus kreatif dalam membujuk si kecil agar mau makan MPASI dengan baik.

Berikut adalah trik atau tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat si kecil menjadi mau makan MPASI.

Daftar Tips Bayi 7 Bulan Susah Makan agar Mau Lahap

  1. Mendekatkan makanan yang harum

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendekatkan makanan yang harum. Makanan atau bubur bayi yang sudah selesai Anda buat tersebut bisa Anda dekatkan pada si kecil. tujuannya agar ia bisa merasakan bau harum tersebut. Sehingga bisa meningkatkan nafsu makannya.

Jadi si kecil juga akan merasa nafsu makannya meningkat dan bisa lebih lapar. Berikan bubur bayi organik tersebut selagi hangat ketika masih mengeluarkan aroma dari bubur yang harum.

  1. Menyuapi si kecil dengan tangan

Tips bayi 7 bulan susah makan dengan lahap yang bisa Anda coba adalah dengan menyuapi si kecil menggunakan tangan. Terkadang menyuapi si kecil dengan tangan akan lebih mudah daripada Anda harus menggunakan sendok. Akan tetapi juga perlu diketahui bahwa menyuapi si kecil dengan tangan hanya bisa dilakukan ketika jenis makanannya cukup padat atau bisa Anda ambil dengan tangan.

  1. Memberikan air putih

Beberapa orang mungkin akan mengira dengan memberikan air putih pada si kecil saat makan bisa membuatnya kenyang lebih cepat. Hal ini memang terkadang benar. Namun si kecil juga bisa Anda berikan air putih pada saat makan bubur bayi organik.

Pemberian air putih tersebut berguna untuk melancarkan sistem pencernaannya saat makan. Anda bisa menyelingi air putih pada saat si kecil makan MPASI-nya. Namun hindari untuk memberikannya terlalu banyak agar si kecil tidak cepat kenyang.

  1. Makan setelah mandi

Biasanya ketika selesai berenang untuk jangka waktu yang lama, anak akan merasa sangat lapar. Hal ini juga berlaku untuk bayi dengan usia 7 bulan. Si kecil bisa lebih meningkat nafsu makannya ketika ia selesai mandi.

Hal ini karena air hangat bisa membantu untuk melancarkan peredaran darah dimana juga menimbulkan rasa lapar. Untuk itu Anda bisa memberikan si kecil MPASI ketika ia sudah selesai mandi. Hal ini akan membuat si kecil yang nafsu makannya meningkat sehingga bisa makan dengan lebih lahap.

  1. Rasa yang kurang disukai

Kebanyakan si kecil yang tidak mau makan dikarenakan ia yang tidak menyukai rasa dari makanan tersebut. Itulah yang membuatnya kurang memiliki nafsu makan dan menolak MPASI yang Anda berikan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menambahkan beberapa jenis bahan makanan yang memiliki rasa alami. Misalnya menggunakan keju atau kaldu ayam untuk mendapatkan rasa gurihnya.

Bubur bayi organik dengan rasa buah-buahan juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan rasa manisnya. Penggunaan rasa pada MPASI si kecil memang kurang disarankan terutama menggunakan tambahan garam atau gula. Hal ini bisa berdampak pada pertumbuhan dan juga kesehatan si kecil. oleh karenanya sebisa mungkin untuk menghindari penambahan rasa seperti MSG pada bubur bayi organik.

  1. Menggunakan berbagai macam varian menu

Tips bayi 7 bulan susah makan MPASI adalah dengan mencoba memberikan jenis atau varian rasa yang berbeda untuk MPASI nya. Si kecil mungkin akan merasa bosan karena Anda berikan MPASI dengan rasa yang sama. Untuk itu lebih baik Anda memberikan berbagai macam jenis bubur bayi organik untuk meningkatkan nafsu makannya.

Namun penting untuk memperhatikan rentang atau jangka waktu yang Anda gunakan. Hindari untuk memberikan si kecil jenis makanan yang berbeda setiap harinya. Anda bisa memberikan jenis makanan yang baru ketika lebih dari 2 atau 3 hari dengan jenis makanan yang sama.

  1. Mengapresiasi

Beberapa orang tua mungkin lupa untuk memberikan apresiasi pada si kecil yang sudah mau makan. Padahal hal tersebut bagus untuk memberikan kesan yang baik pada si kecil. si kecil yang sudah mau makan bisa Anda apresiasi dengan memberinya tepuk tangan atau mengucapkan terima kasih padanya.

Hal ini bertujuan agar si kecil merasa bahwa proses makan yang ia lakukan ternyata adalah proses yang menyenangkan. Sehingga nantinya saat jadwal makannya tiba si kecil akan merasa suka dengan waktu makan tersebut.

  1. Makan bersama

Tips bayi 7 bulan susah makan bubur selanjutnya adalah dengan mencoba mengajaknya makan bersama.  Makan bersama keluarga juga bisa membantu agar si kecil mau makan dengan lahap. Hal ini akan membuat si kecil merasa suasana nyaman ketika makan. Anda bisa mengajak si kecil untuk makan malam bersama dengan anggota keluarga.

Akan lebih baik jika mencoba menggunakan jenis bubur yang juga terbuat dari bahan yang sama. Misalnya Anda memasak sayur bayam, maka si kecil bisa makan dengan bubur bayam. Tujuannya agar si kecil merasa ia diperhatikan.

  1. Menggunakan mainan berbunyi

Anda bisa mendudukkan si kecil menggunakan high chair, kemudian berikan mainan yang bisa berbunyi di meja makannya. Ketika si kecil bosan dengan mainan tersebut, Anda bisa menggantinya dengan mainan yang lain.

Pada saat si kecil fokus untuk mainan dan lengah, pada saat itulah Anda bisa menyuapinya dengan bubur bayi organik. Si kecil yang lengah akan lebih mudah untuk membuka mulutnya dan bisa Anda suapi dengan sendok.

  1. Mengajaknya mengobrol

Mengajak si kecil untuk mengobrol juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuatnya mudah makan. Si kecil terkadang sulit untuk makan karena ia kurang menyukai jenis atau rasa makanan tersebut. Anda bisa mencoba mengajaknya untuk makan sambil mengobrol. Hal ini untuk membantu mengalihkan perhatian si kecil pada makanan yang tidak ia sukai.

Sudah menjadi hal yang biasa apabila si kecil sulit untuk makan. Hal ini karena memang ia masih perlu beradaptasi dengan tekstur dan rasa dari makanan tersebut. Jika Anda kesulitan menyiapkan makanan bagi bayi maka Anda bisa coba beli produk MPASI instan.

Contohnya seperti bubur ONIC yang tersedia di 40 outlets di seluruh Indonesia. Bubur ini dibuat dari bahan alami dengan berbagai kelebihan. Seperti salah satunya rasanya yang enak, bebas pengawet dan MSG, serta teksturnya tidak terlalu cair. Anda juga dapat memberikan bayi puding / sop sebagai pelengkap MPASI.

Semoga tips bayi 7 bulan susah makan di atas bermanfaat bagi Anda terutama jika Anda menginginkan bayi memiliki tumbuh kembang yang baik.

[Total: 1   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp