Blog

Tips Bayi 8 Bulan Gemuk dan Sehat

Tips Bayi 8 Bulan Gemuk dan Sehat – Melihat bayi 8 bulan aktif bermain dan memiliki tubuh sehat merupakan kegembiraan tersendiri bagi orang tua. Itu tandanya usaha Anda membesarkan bayi berjalan dengan baik meski sering mengalami hambatan dan kesulitan.

Tips Bayi 8 Bulan Gemuk dan Sehat

Masalahnya, tidak semua orang tua menemukan bayinya tumbuh sehat dengan berat badan ideal. Penyebabnya sangat beragam, bisa karena bayi susah makan atau sering sakit-sakitan. Agar bayi Anda tumbu sehat, sempurna dan bahagia di usia 8 bulan, ikutilah beberapa tips berikut.

Tips Bayi 8 Bulan Gemuk dan Sehat dengan Asupan Bergizi

  1. Berikan ASI Setiap Hari

Bayi 8 bulan mungkin sudah mengenal MPASI tapi bukan berarti mereka tidak lagi membutuhkan ASI. ASI sama pentingnya dengan MPASI, usahakan untuk tetap memberikannya setiap hari.

Porsi ASI terbaik bagi bayi 8 bulan adalah 3-4x setiap hari. Sedangkan porsi makan si kecil sebanyak 3x dalam satu hari. Anda juga bisa memberikan camilan sehat sebagai kombinasi atau pelengkap MPASI.

  1. Buat Olahan MPASI Dari Pisang

Salah satu bahan MPASI terbaik bagi bayi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pisang. Pisang mengandung zat gizi lengkap yang baik untuk pertumbuhan bayi seperti vitamin B6, Vitamin C, kalium hingga serat.

Bayi 8 bulan sudah mampu mengunyah makanan mereka. Jadi berikan pisang dalam bentuk olahan atau irisan kecil-kecil. Sehingga bayi bisa memegang dan memakannya sendiri tanpa bantuan Anda.

  1. Omelet Wortel Ayam

Tips bayi 8 bulan gemuk dan sehat dengan MPASI cukup berikan mereka omelet wortel ayam. Makanan ini terdiri dari tiga bahan makanan yang masing-masing mengandung banyak nutrisi. Tekstur omelet juga sangat lembut jadi masih bisa diterima oleh bayi 8 bulan dengan baik.

Membuat omelet wortel ayam tidak menghabiskan banyak waktu dan membutuhkan keterampilan tingkat tinggi. Anda hanya perlu mencampurkan ketiga bahan menjadi satu dan menggorengnya di atas wajan sampai benar-benar matang.

  1. Bubur Ayam Keju

Menu MPASI berikutnya yang cocok untuk bayi 8 bulan adalah bubur ayam keju. Membuat bubur bayi merupakan keterampilan masak yang sudah sepatutnya dikuasai oleh para ibu. Karena selain ASI bayi juga menikmati MPASI mereka.

Jika Anda tidak mampu memasak bubur ayam keju sendiri, belilah bubur bayi organik kemasan. Bubur ini dibuat dari bahan-bahan organik berkualitas tinggi dengan cara pengolahan modern.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada bubur bayi organik tidak kalah dengan bubur yang biasa Anda buat sendiri di rumah. Karena proses pembuatannya diawasi oleh tenaga kerja ahli dan profesional.

Cara Menyajikan Makanan Bayi 8 Bulan

Setelah mengetahui sejumlah tips bayi 8 bulan gemuk dan sehat dengan efektif. Alangkah baiknya jika Anda juga menerapkan beberapa cara berikut:

  1. Cuci tangan

Sebelum memasak makanan baik itu untuk Anda maupun bayi, biasakan cuci tangan terlebih dahulu. Tangan merupakan media terbaik bagi kuman dan bakteri. Agar MPASI yang Anda buat steril dan bersih dan kuman.

Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Bilas sabunnya sampai benar-benar bersih sehingga makanan yang Anda buat juga tidak berbau sabun.

  1. Bahan baku segar dan berkualitas terbaik

Selain memperhatikan dan mengutamakan kebersihan tangan, orang tua juga wajib memperhatikan kualitas bahan makanan. Apakah bahan makanan tersebut berada dalam kondisi segar atau tidak?

Hindari memasak MPASI dari bahan makanan berkualitas buruk atau frozen food yang mengandung banyak pengawet. Biasakan untuk belanja bahan makanan segar setiap harinya. Jika tidak memungkinkan, tempatkan bahan makanan segar dengan ideal di dalam lemari es.

  1. Pilih kukus daripada goreng

Makanan yang digoreng memiliki cita rasa lezat dan gurih, bahkan orang dewasa pun sangat menyukainya. Sayangnya bayi 8 bulan tidak boleh dibiarkan menikmati gorengan setiap harinya. Daripada digoreng, ada baiknya jika Anda mengukus makanan.

Makanan yang diolah dengan cara dikukus jauh lebih sehat. Nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang. Makanan yang berminyak juga mengandung banyak kolesterol dan lemak.

  1. Hindari garam, gula dan penyedap lainnya

Tips bayi 8 bulan gemuk dan sehat dengan cepat akan menjadi lebih sempurna jika Anda mengimbanginya dengan kebiasaan ini. Yakni menghindari penggunaan gula, garam dan penyedap makanan pada MPASI bayi.

Daripada merusak makanan dengan garam, gula dan penyedap. Cobalah untuk mengoptimalkan rasa alami dari bahan makanan yang tersedia. Contohnya buah-buahan yang Anda olah menjadi bubur bayi.

Karena buah yang digunakan adalah buah manis, jangan tambahkan gula lagi. Biarkan manis buah yang membuat MPASI tersebut terasa manis.

  1. Tambahkan ASI

Membuat MPASI dengan tambahan ASI mengapa tidak? Buktinya banyak sekali resep MPASI yang memakai ASI sebagai material utamanya atau pengganti air. Mengapa? Karena ASI memiliki kadar nutrisi yang tinggi. Rasa ASI pun sudah lebih dahulu dikenal oleh bayi daripada cairan lainnya.

Menambahkan ASI juga lebih menghemat anggaran belanja apalagi jika kadar ASI dalam tubuh Anda masih tetap tinggi. Temukan resep MPASI dengan ASI di website atau buku resep makanan bayi. Anda bisa mencoba masing-masing resepnya untuk melihat reaksi si kecil.

Apakah mereka menyukai MPASI yang diberikan atau justru menolaknya? Jika bayi menolak salah satu MPASI, Anda bisa mencoba resep lainnya.

  1. Selalu gunakan buah dan sayur pada MPASI

Di dunia ini, ada banyak sekali bahan makanan yang bisa Anda olah menjadi MPASI bayi. Tapi dari semua bahan makanan yang tersedia, utamakan buah dan sayuran. Kedua bahan makanan ini mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi.

Buah dan sayuran juga sangat mudah ditemukan baik di supermarket maupun pasar tradisional. Anda bisa memakai buah dan sayuran yang berbeda-beda untuk menciptakan resep MPASI yang beraneka ragam. Sehingga bayi bisa mencicipi dan merasakan berbagai rasa yang unik dari tiap buah dan sayur tersebut.

Tidak hanya memberikannya langsung pada bayi. Buah dan sayuran juga bisa disulap menjadi bubur bayi yang lezat. Anda hanya perlu mengombinasikannya dengan bahan makanan lainnya. Tapi usahakan buat MPASI bayi 8 bulan bertekstur padat supaya bayi tidak kehilangan kemampuan mengunyahnya.

Memberikan ASI saja belum cukup ketika usia bayi 8 bulan. Mulailah mengolah MPASI yang lebih beragam dari berbagai bahan makanan. Tapi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat bubur MPASI seorang diri. Belilah bubur bayi organik dalam kemasan.

Bubur bayi organik kemasan mengandung nutrisi yang setara dengan MPASI buatan sendiri. Bahkan keseimbangan nutrisinya jauh lebih tinggi karena proses pembuatan dilakukan oleh tenaga kerja ahli.

Contohnya seperti bubur organik buatan pabrik ONIC yang bebas pengawet, MSG serta mengandung banyak daging dan sayur. Bubur ini bisa dibeli di 40 outlets yang sudah tersebar di seluruh Indonesia!

Itulah tips bayi 8 bulan gemuk dan sehat, semoga bayi Anda bisa tumbuh dengan sehat dan ceria silakan mencoba.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp