Blog

Tips Bayi 8 Bulan Susah Makan

Tips Bayi 8 Bulan Susah Makan – Berbeda dengan bayi yang baru lahir, bayi 8 bulan membutuhkan nutrisi dari MPASI. Lantas, bagaimana jika bayi Anda tidak nafsu makan atau justru menolak makanan?

Tips Bayi 8 Bulan Susah Makan

Khawatir dan gelisah yang Anda rasakan merupakan hal yang wajar. Tapi membiarkan bayi terus menerus tidak makan juga bukan hal bijaksana. Setelah membawa bayi untuk konsultasi ke dokter anak. Perhatikan juga beberapa tips jitu berikut.

Tips Bayi 8 Bulan Susah Makan Agar Mau Lahap Makanan

  1. Tidak memaksa bayi makan

Bayi 8 bulan sudah bisa melakukan berbagai hal. Idealnya mereka sedang giat-giatnya belajar berdiri dan suka mengoceh. Di samping itu, bayi 8 bulan juga sudah bisa diberi MPASI yang lebih bervariasi.

Sebagai orang tua, Anda merasa bahagia melihat bayi yang mulai aktif makan. Apalagi jika timbangan berat badan bayi semakin naik dan bobotnya terus bertambah. Namun, jika bayi Anda justru menunjukkan gejala susah makan. Cobalah untuk lebih bersabar, jangan paksakan bayi makan jika mereka tidak menginginkannya.

Marah, membentak dan memaksa bayi makan hanya akan memberikan pengalaman buruk pada si kecil. Bila dilakukan terus menerus, bayi akan merasa stres hingga akhirnya menjadi rewel dan menolak makan.

  1. Ciptakan lingkungan makan positif

Tips bayi 8 bulan susah makan dengan lahap sebenarnya mudah saja. Cukup dengan menciptakan lingkungan makan yang positif. Bagaimana caranya? Silakan Anda beri rangsangan rasa terlebih dahulu. Biarkan si kecil menggunakan indra pengecap mereka untuk merasakan tekstur dan rasa dari MPASI tersebut.

Anda bisa mendudukkan bayi 8 bulan pada tempat duduk bayi di depan dapur. Sehingga bayi bisa menonton aktivitas Anda memasakan makanan untuk mereka. Buat sesi makan yang hangat dan penuh kekeluargaan.

  1. Berikan makan sesuai porsi

Bayi 8 bulan membutuhkan asupan nutrisi dari makanan 3x dalam satu hari. Porsinya bisa Anda imbangkan sesuai anjuran dokter sekitar seperempat atau setengah cangkir sereal dan satu cangkir buah dan sayuran.

Alangkah bijaksananya jika Anda mengikuti anjuran dokter anak. Hindari memberikan MPASI lebih dari porsi makan mereka. Karena bayi justru akan menolak makanan tersebut karena sudah kenyang dan tidak nafsu makan lagi.

Tapi jika bayi menunjukkan gejala susah makan padahal porsi makannya sudah tepat. Anda bisa mengantisipasinya dengan mengganti menu makan. Hindari kebiasaan bermain saat makan atau bahkan memberikan bayi gadget. Kegiatan tersebut justru membuat anak semakin teralihkan dan lama menghabiskan makanannya.

  1. Lakukan percobaan dengan makanan baru

Tips bayi 8 bulan susah makan sampai habis selanjutnya dengan rutin membuat resep MPASI baru. Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa merasa bosan ketika Anda memberikan satu varian rasa saja setiap minggunya.

Solusi mengatasi hal ini, buatlah MPASI baru dengan bahan baru yang tidak kalah bergizinya. Anda bisa menemukan banyak website resep makanan bayi 8 bulan dan mempraktikkannya di rumah.

Tidak perlu resep atau menu yang rumit, cukup resep yang bisa Anda praktikan dengan cepat dan tepat. Pilih juga resep yang bahannya telah tersedia di dapur Anda sehingga bisa langsung dipraktikkan saat itu juga.

  1. Selingi dengan camilan

Tips bayi 8 bulan susah makan MPASI yang terakhir, silakan berikan MPASI utama juga camilan sehat. Cara ini bisa Anda coba jika anak Anda sulit menghabiskan MPASI mereka. Berikan buah-buahan atau sayuran bertekstur padat pada bayi dan biarkan mereka mengunyah makanan.

Di usia 8 bulan, idealnya bayi sudah bisa mengunyah makanan dengan baik. Jadi alih-alih memberikannya bubur susu yang encer, lebih baik Anda membuat MPASI bertekstur padat. Sehingga ketika memasuki usia 9 bulan, bayi Anda sudah benar-benar mahir mengunyah makanan.

Khawatirnya, jika bayi 8 bulan belum bisa mengunyah hingga satu bulan kemudian. Mereka akan teralihkan dengan dunia permainan. Alhasil, bayi tidak akan bisa mengunyah dengan baik meski usianya sudah 1 tahun ke atas.

Contoh MPASI padat yang dapat Anda berikan seperti bubur organik ONIC yang dikemas secara praktis dan tinggal dihangatkan sebelum diberikan pada bayi. Bubur ini tersedia dalam berbagai varian rasa enak yang dapat dipilih sesuai selera si kecil. Apalagi bubur ini tidak mengandung MSG dan pengawet jadi tetap aman bagi bayi.

Penyebab Bayi 8 Bulan Susah Makan

Ketika bayi Anda menunjukkan gejala susah makan, pernahkah Anda mencari tahu apa penyebabnya? Bayi 8 bulan susah makan, bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Ukuran perut yang relatif kecil

Bayi 8 bulan masih sangat kecil, Anda tidak bisa menyamakannya dengan orang dewasa. Otomatis, nafsu makan bayi pun tidak sebesar nafsu makan orang dewasa karena kondisi perut mereka yang relatif lebih kecil.

Jika bayi Anda susah makan jangan terus dipaksakan. Bisa jadi mereka memang sudah merasa kenyang karena porsi makan yang Anda berikan sudah sesuai. Penting bagi para orang tua untuk mencatat besaran porsi makanan bayi di tiap usia perkembangannya.

  • Sering teralihkan dengan kegiatan lainnya

Sudah disebutkan sebelumnya jika bayi membutuhkan lingkungan dan rutinitas makan yang positif. Mereka mudah sekali dialihkan perhatiannya ketika melihat sesuatu yang lebih menarik. Seperti mainan favorit atau kartun yang disukai.

Supaya bayi Anda tetap menghabiskan makan di jam makannya. Hindari aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian mereka. Cobalah ajari bayi menghabiskan makan di meja makan tanpa gangguan apa pun.

Lakukan cara ini hingga bayi mengenal rutinitas makan mereka dengan baik. Bahkan sampai mereka besar pun, rutinitas makan di meja makan tetap dilakukan tanpa Anda perlu memintanya.

  • Gangguan kesehatan

Bayi susah makan juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan. Kondisi ini datangnya mendadak bahkan bisa bertahan cukup lama. Jika bayi Anda susah makan dalam waktu yang relatif lama, Anda patut mencurigainya. Bisa jadi, bayi Anda telah mengalami salah satu masalah kesehatan berikut:

  • Sembelit merupakan gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja bahkan bayi 8 bulan. Selain rutinitas BAB yang tidak lancar, sembelit juga mengakibatkan bayi kehilangan nafsu makan mereka. Coba Anda perhatikan rutinitas BAB bayi, apa masih dalam tahapan normal atau sebaliknya?
  • Alergi makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab utama bayi susah makan. Beberapa makanan seperti gandum atau gluten cukup sensitif untuk bayi. Solusi mengatasi masalah ini, konsultasikan pada dokter anak Anda.
  • Anorexia nervosa mungkin lebih familier sebagai gangguan kesehatan orang dewasa. Tapi bukan berarti bayi dan anak-anak pun luput darinya.

Bayi susah makan terkadang disepelekan oleh para orang tua. Padahal mengetahui kondisi kesehatan tubuh bayi sejak dini merupakan tindakan yang tepat. Setidaknya, Anda bisa mengetahui apa yang salah dan harus dibenarkan. Entah itu jenis makanannya, porsi makannya dan sebagainya.

Ikuti tips bayi 8 bulan susah makan di atas dan imbangi dengan membawa bayi periksa ke dokter anak secara teratur.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp