Blog

Tips Bayi 9 Bulan Susah Makan

Tips Bayi 9 Bulan Susah Makan – Pada usia 9 bulan, si kecil harusnya sudah mulai bisa mengonsumsi berbagai macam jenis makanan atau MPASI hal ini karena ia sudah mulai tumbuh gigi sehingga MPASI dengan tekstur yang lebih kasar akan bagus untuknya. Akan tetapi tidak semua bayi bisa selalu makan dengan nyaman dan juga lahap.

Sering kali si kecil akan rewel dan susah untuk makan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Tips Bayi 9 Bulan Susah Makan

Tips Bayi 9 Bulan Susah Makan Agar Kembali Lahap

  1. Mengatur jadwal makannya

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur jadwal makannya. Menggunakan jadwal makan yang sesuai juga bisa membantu si kecil yang sulit untuk makan. Anda bisa memberikan jarak untuk makan lagi setelah 3 jam dari waktu makan yang pertama.

Tujuannya agar si kecil memiliki siklus kenyang dan lapar jadi ia juga bisa makan dengan lebih cukup. Pemberian jumlah makan yang sesuai untuk bayi adalah sekitar 6 hingga 8 kali dalam satu hari. Namun hal ini juga harus disesuaikan dengan usianya.

  1. Menggunakan menu yang bervariasi

Si kecil yang sudah berusia 9 bulan biasanya berbeda dengan si kecil yang berusia 6 bulan dimana masih harus menyesuaikan jenis makanan dengan tubuhnya. Pada usia 9 bulan bayi sudah memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dimana biasanya Anda sudah menemukan apakah si kecil memiliki alergi pada jenis makanan tertentu. Jadi pada usia tersebut Anda akan lebih mudah untuk memberikan berbagai macam jenis makanan.

Akan tetapi si kecil bisa saja tetap rewel dengan makanan yang sudah Anda sajikan. Tips bayi 9 bulan susah makan sampai habis adalah dengan membuatkan berbagai macam variasi makanan. Anda bisa meminta ia untuk memilih menggunakan jenis bahan makanan seperti apa.

Kreasikan bahan berupa sayur atau buah-buahan untuk menu MPASI-nya. Anda juga bisa memberikan bubur bayi organik yang memiliki berbagai macam varian rasa sehingga Anda tidak akan repot untuk membuatnya sendiri.

  1. Suasana makan yang menyenangkan

Cara atau tips selanjutnya adalah dengan menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Si kecil terkadang tidak mau makan karena merasa proses makan tersebut adalah proses yang kurang menyenangkan sehingga sulit untuk makan saat waktunya tiba. Anda bisa mengajak si kecil untuk makan sambil melakukan aktivitas lainnya.

Misalnya mengobrol, bernyanyi atau berjalan-jalan. Anda bisa memberikan berbagai macam makanan dengan rasa dan tekstur yang berbeda. Namun hindari untuk mengajaknya makan dengan cara bermain mainan. Hal ini karena si kecil bisa saja lebih tertarik dengan mainannya daripada makan, sehingga membuat si kecil makan dengan jumlah yang sedikit.

  1. Ajari si kecil agar tidak memilih-milih makanan

Tips bayi 9 bulan susah makan nasi selanjutnya adalah dengan mengajarkan pada si kecil untuk tidak memilih-milih makanannya. Caranya adalah dengan memberikan contoh yang baik pada si kecil.

Anda juga bisa memberikan berbagai macam jenis bubur bayi organik untuk membantu si kecil bisa mengenal berbagai macam rasa dari makanan sejak dini. Sehingga nantinya saat sudah besar, nafsu makannya bisa meningkat dan tidak mudah memilih-milih makanan.

  1. Hindari memberikan susu secara berlebihan

Jika Anda memberikan ASI atau susu formula terlalu berlebihan pada si kecil, maka bisa saja ia akan cepat kenyang sehingga nafsu makannya juga lebih cepat hilang. Aturan untuk pemberian ASI dan juga untuk bayi berusia 9 bulan adalah dengan memberikan MPASI sebanyak 4 kali dan ASI atau susu formula sebanyak 4 kali juga. Pemberian MPASI dan ASI tersebut bisa Anda lakukan secara bergantian dan tidak harus di waktu yang bersamaan.

  1. Berikan bubur organik pada bayi

Anda bisa memberikan bubur organik seperti bubur ONIC yang sehat dan bergizi. Bubur ini dikemas praktis dan tinggal dihangatkan untuk disajikan pada si kecil. Tersedia dalam 14 varian rasa enak yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Produk ini sangat aman dan menyehatkan sebab di dalamnya mengandung nutrisi dari daging dan sayuran yang banyak.

Penyebab Si Kecil Sulit Untuk Makan

Selain melakukan beberapa tips bayi 9 bulan susah makan MPASI di atas, penting juga untuk Anda mengetahui penyebab mengapa si kecil bisa susah makan. Bayi yang sulit untuk makan bisa karena berbagai macam faktor. Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya:

  • Sedang belajar

Faktor yang pertama adalah karena si kecil yang masih belajar. Biasanya si kecil yang sulit untuk makan bisa membuat makanan mereka berantakan hingga menjatuhkan makanannya.

Hal ini sering muncul sebagai bentuk dari independensi. Bahkan sudah menjadi hal yang biasa bila si kecil suka mengacak-acak makanannya. Anda perlu memahami hal ini karena merupakan bagian dari pertumbuhannya. Jadi Anda juga harus sabar saat mengajarinya untuk makan sendiri.

  • Menolak makanan

Faktor yang kedua adalah si kecil yang menolak makanannya. Hal ini sudah pasti harus dihadapi dengan kesabaran. Ada berbagai macam alasan juga mengapa si kecil menolak makanan tersebut. Mulai dari sakit, terlalu lelah, masih kenyang, tidak menyukai rasa makanannya, hingga tidak mood. Jika penyebab ini berlanjut cukup lama bahkan hingga mempengaruhi berat badannya, maka penting untuk Anda berkonsultasi kepada dokter.

  • Refluks

Si kecil yang mengalami gumoh atau muntah kecil adalah hal yang wajar setelah ia selesai minum susu. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan mereka masih belum berkembang dengan baik. bayi yang tersedak atau refluks tersebut biasanya terjadi setelah atau pada saat menyusui.

Refluks bisa menghilang secara alami saat mulai berusia 1 sampai 14 tahun. Jadi Anda tidak perlu panik. jika si kecil muntah saat makan, maka caranya adalah hindari untuk makan terlalu cepat. Selain itu periksakan juga apakah ada gejala dari penyakit lainnya yang membuat si kecil muntah saat makan.

  • Respons alami

Sebenarnya bayi sudah memiliki respons alami untuk menolak makanan yang diberikan. Untuk itu sangat penting bagi Anda memberikan si kecil MPASI dalam jumlah yang kecil terlebih dulu. Hal ini bertujuan agar si kecil tidak cepat menolak makannya. Selain itu coba buat bentuk atau tampilan dari makanan yang sudah akrab dengannya.

  • Alergi dan intoleransi makanan

Alergi juga bisa menjadi penyebab mengapa si kecil sulit untuk makan. Bahkan hampir 88% bayi bisa mengalami alergi dengan gejala seperti diare, gatal, sakit perut, hingga muntah. Berbagai macam makanan yang sering kali menyebabkan alergi adalah kacang-kacangan, susu, soya, makanan laut, daging ayam, telur hingga gandum.

Sedangkan bayi juga bisa mengalami intoleransi makanan yang merupakan keluhan yang umum terjadi seperti sakit perut dan kembung.

Untuk itu tips bayi 9 bulan susah makan adalah hindari memberikan makanan yang berpotensi memberikan alergi atau intoleransi makanan pada si kecil.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp