Blog

Tips Bayi Agar Cepat Gemuk

Tips Bayi Agar Cepat Gemuk – Kebanyakan ibu sudah pasti menginginkan bayinya memiliki tubuh dengan berat yang sesuai. Bahkan banyak juga yang menginginkan bayinya tumbuh dengan gemuk. Bayi dengan tubuh yang gemuk memang akan sangat menggemaskan. Akan tetapi Anda juga perlu mewaspadai jangan sampai berat tubuhnya terlalu berlebihan atau obesitas sehingga mempengaruhi kesehatannya.

Tips Bayi Agar Cepat Gemuk

Oleh karena itu lebih baik Anda mengupayakan berat tubuhnya dengan pola makan dan asupan gizi yang juga seimbang. Makanan yang dikonsumsi si kecil harus sehat dan bisa memberikan nutrisi yang baik bagi kesehatannya.

Cara untuk menaikkan berat badan si kecil memang cukup susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan asupan nutrisinya harus sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga dibutuhkan makanan yang bisa memenuhi nutrisinya seperti bubur bayi organik dalam kemasan.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan kebutuhan ASI-nya. Jangan sampai walaupun mengonsumsi makanan Anda sampai melupakan kebutuhan ASI-nya. Berikut adalah cara untuk menaikkan berat badan si kecil dengan sehat dan juga aman.

Tips Bayi Agar Cepat Gemuk Dengan Makanan Sehat Yang Tepat

  • Jadwal makan yang tepat

Berbeda dengan orang dewasa yang biasanya makan sehari tiga kali sehari, jika Anda ingin berat tubuh bayi bertambah maka jadwal makannya juga harus bertambah. Biasanya untuk bayi jadwal makannya dalam satu hari bisa mencapai 5 sampai 6 kali dalam sehari. Jadwal makan untuk bayi biasanya di pagi hari yaitu sekitar jam 6 pagi.

Anda bisa memberikan ASI agar si kecil kenyang. Kemudian di jam 9 pagi, Anda mulai bisa memberikan makanan berupa MPASI seperti buah, bubur bayi organik hingga sari buah. Untuk porsi makannya juga tidak perlu terlalu banyak. Hanya sekitar 2 sampai 3 sendok saja. Nanti jika usia si kecil sudah bertambah, Anda bisa menambahkan porsi makannya.

Selanjutnya di jam makan siang yaitu jam 12 siang dengan nasi lagi. Kemudian untuk sore jam 3 Anda bisa memberikannya MPASI lagi. Coba untuk menggunakan MPASI yang berbeda dengan yang sebelumnya. Sedangkan untuk makan malamnya sekitar 6 sore Anda bisa memberikan susu formula atau ASI. Sedangkan sebelum tidur yaitu sekitar jam 9 malam, Anda bisa memberikan ASI kembali.

  • Makanan pendamping ASI atau MPASI

Asupan untuk bayi yang sudah beranjak sekitar 6 bulan biasanya sudah bisa mengonsumsi nutrisi lainnya selain ASI. Dalam kata lain Anda sudah bisa memberikan makanan solid. Makanan solid tersebut bisa berupa sari buah-buahan atau bubur organik. Jadi salah satu tips bayi agar cepat gemuk 6 bulan adalah dengan memberikan MPASI.

Ada berbagai macam jenis makanan yang bisa Anda olah menjadi MPASI. Misalnya adalah wortel, susu, telur, daging ayam atau sapi, brokoli, bayam, salmon, alpukat, ubi, pisang dan lain sebagainya. Namun jangan lupa untuk memperhatikan apakah si kecil memiliki alergi atau tidak pada makanan tersebut.

  • ASI yang eksklusif

Cara yang mungkin paling mudah untuk menambah berat badan si kecil adalah dengan memberikan ASI eksklusif kepada bayi. ASI pada bayi memang memiliki manfaat yang bagus untuk pertumbuhan si kecil. Anda bisa memberikan ASI pada si kecil mulai usia bulan pertama hingga memasuki bulan ketiga. Akan lebih baik memberikan ASI eksklusif tanpa ada tambahan nutrisi lainnya.

  • Jangan lupa asupan vitamin untuk sang ibu

Selain memberikan asupan nutrisi yang baik untuk si kecil, sang ibu juga harus mendapatkan nutrisi yang bagus juga. Tujuannya agar kandungan ASI dari ibu bisa memberikan nutrisi yang baik untuk si kecil.

Vitamin tersebut bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan. Misalnya seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran. Akan tetapi Anda juga bisa mengonsumsi vitamin berupa obat seperti spirulina, folamil genio, colostrum dan lain sebagainya. Walaupun begitu, Anda tidak boleh mengonsumsi vitamin secara sembarangan. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai aman tidaknya vitamin tersebut.

  • Makanan untuk ibu yang menyusui

Selain si kecil yang diberikan asupan nutrisi, sang ibu juga harus mendapatkan nutrisi yang baik juga. tujuannya agar kandungan ASI yang diberikan pada si kecil memiliki asupan nutrisi yang baik untuk kesehatannya.

Salah satu jenis makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai ibu menyusui adalah telur, jeruk, kacang-kacangan, daging sapi, salmon, sayuran hijau, gandum, hingga olahan susu seperti keju dan yoghurt.

Daftar Menu MPASI Untuk Bayi Cepat Gemuk

Tips bayi agar cepat gemuk secara alami juga bisa Anda lakukan dengan cara memberikan makanan yang baik dan sesuai dengan nutrisinya. Makanan tersebut disebut MPASI atau makanan pendamping ASI.

Jadi selain mengonsumsi ASI si kecil juga bisa Anda berikan nutrisi tambahan lainnya melalui makanan solid. Makanan solid ini biasanya diberikan untuk si kecil yang berusia 6 bulan ke atas.

Agar Anda tidak bingung dengan menu MPASI, berikut adalah beberapa inspirasi untuk membuat MPASI si kecil:

  • Menu MPASI di pagi hari

Untuk menu makanan si kecil di pagi hari, Anda bisa membuat pure yang terbuat dari campuran sayuran atau buah. Tujuannya untuk membantu memenuhi kebutuhan serat si kecil. Beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa Anda gunakan adalah alpukat, pisang, brokoli, wortel, kacang merah, hingga melon.

Untuk membuatnya dari buah-buahan, Anda hanya perlu menghaluskannya menggunakan garpu atau blender. Sedangkan untuk pure dari sayuran, Anda bisa membuatnya dengan cara mengukusnya terlebih dahulu dan menghaluskannya. Cara ini terkadang untuk sebagian ibu cukup repot. Agar tidak repot Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan yang lebih praktis.

  • Menu MPASI siang hari

Sedangkan untuk menu si kecil di siang hari, Anda bisa menambahkannya dengan bahan yang lainnya. Misalnya menggunakan ASI dan juga campuran dari dua jenis bahan lainnya. Seperti membuat pure apel dan labu kuning. Pastinya Anda harus merebus labu terlebih dahulu yang kemudian dihancurkan dengan tambahan apel dan air perasan jeruk yang manis. Sehingga teksturnya tidak terlalu kental.

  • Menu MPASI sore hari

Terakhir untuk tips bayi agar cepat gemuk dengan MPASI adalah memberikan MPASI dengan campuran ASI. Anda bisa menggunakan menu pure yang sama hanya saja ditambahkan dengan air ASI. Anda juga bisa menambahkan dengan biskuit Regal untuk memberikan tekstur MPASI yang berbeda. Namun jika Anda kurang memiliki banyak waktu maka menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan akan lebih membantu karena bisa digunakan dengan cepat dan mudah.

Apabila Anda merasa kesusahan membuat menu MPASI sendiri, ada solusi praktis lain yang bisa dicoba yaitu dengan produk Bubur Organik Onic. Produk ini terbuat dari bubur beras organik yang tersedia dalam 14 varian rasa enak yang pastinya akan disukai si kecil. Cara membuatnya amat praktis, selain itu kandungannya juga bergizi sehingga cocok untuk salah satu tips bayi agar cepat gemuk dengan sehat.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp