Blog

Tips Bayi Agar Tidak Begadang

Tips Bayi Agar Tidak Begadang – Biasanya dalam kurun waktu beberapa minggu pertama si kecil akan memiliki waktu tidur cukup lama. Biasanya sekitar 17 hingga 18 jam setiap harinya. Bahkan ada juga beberapa bayi yang bisa tidur sepanjang malam sampai 6 bulan. Walaupun begitu pada minggu pertamanya si kecil bisa tidur tidak lebih dari 3 sampai 4 jam.

Perlahan-lahan durasi tersebut bisa berkurang menjadi 15 jam per hari sampai 3 bulan pertamanya. Untuk membuat si kecil memiliki pola tidur yang teratur maka Anda juga harus mulai mengatur jadwal tidur dan membiasakannya. Agar Anda juga tidak perlu begadang di malam harinya. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat si kecil tidak begadang di malam hari.

Tips Bayi Agar Tidak Begadang

Tips Bayi Agar Tidak Begadang dan Susah Tidur

  • Hindari untuk bermain ketika jam tidur

Biasanya ketika si kecil sudah mulai berjalan atau merangkak mereka akan lebih aktif. Selain itu rasa ingin tahu dengan beberapa hal juga akan meningkat. Hal ini terkadang membuat si kecil tidur cukup larut karena selalu ingin bermain. Oleh karena itu hindari si kecil yang tetap bermain mendekati waktu tidurnya. Jika sudah memasuki waktu tidur segera ajak si kecil untuk tidur agar terbiasa dengan jadwal tidur itu.

  • Hindari memberikan ASI ketika hendak tidur

Salah satu tips bayi agar tidak begadang dan cepat tidur adalah dengan tidak menyusui si kecil dengan ASI ketika hendak masuk jam tidur malam. Hal ini membuat si kecil bisa tidur dengan lebih lelap dan lebih terbiasa dengan kebiasaan tersebut. Hindari membiasakan si kecil dengan mengonsumsi ASI sebelum tidur.

  • Memperbanyak kegiatannya di siang hari

Di saat malam hari jangan membuat si kecil lebih aktif namun berbeda jika di siang hari. Anda bisa membuat si kecil lebih aktif dengan cara mengajaknya bermain, berbicara atau melatih kemampuan motoriknya. Hal ini akan berguna untuk membantu waktu tidurnya dimalam hari lebih panjang.

Akan tetapi jangan sampai mengurangi waktu jam tidur siangnya secara drastis. Anda bisa melakukannya secara bertahap.

  • Mematuhi aturan tidur

Tips selanjutnya adalah mematuhi aturan jadwal tidur yang sudah Anda buat. Lakukan jadwal tidur si kecil dengan konsisten agar terbiasa. Jika si kecil masih suka bermain menjelang waktu tidur nya, Anda bisa mencoba memberikannya ASI atau menyanyikan lagu agar membuatnya tertidur. Biasakan juga untuk menggunakan kamar dengan kondisi yang temaram dan nyaman agar si kecil bisa tidur dengan lebih cepat.

Mengapa Bayi Perlu Waktu Tidur Yang Cukup?

Tidur ternyata juga memiliki peran yang bagus untuk kesehatan bayi. Di saat mereka tertidur maka otak akan melakukan perbaikan sel dan juga mengeluarkan hormon untuk pertumbuhan. Itulah mengapa memang penting menjaga kualitas tidur si kecil.

Sedangkan hal ini terkadang luput menjadi perhatian orang tua. Si kecil yang tidak memiliki kualitas dan juga kuantitas tidur yang baik bisa mengalami masalah gangguan tidur. Dimana sudah pasti juga akan mempengaruhi pertumbuhan badannya.

Masalah lainnya yang juga bisa mempengaruhi kesehatan si kecil adalah masalah imunitas atau sistem pertahanan tubuhnya. Perkembangan hormon, pembuluh darah, sistem jantung hingga sistem belajar dan juga daya ingatnya. Anak dengan kualitas tidur yang kurang akan mempengaruhi daya tangkap dan memorinya ketika belajar. Tentunya hal ini juga berimbas pada kemampuannya menangkap ilmu atau suatu hal.

Biasanya jumlah tidur untuk bayi yang berusia 0 sampai 3 bulan sekitar 16 hingga 20 jam sehari. Semakin bertambahnya usia maka waktu tidurnya juga akan semakin berkurang. Misalnya untuk si kecil yang sudah berusia 1 sampai 3 tahun biasanya jam tidurnya hanya sekitar 12 hingga 14 jam dalam sehari.

Pada usia 3 tahun 5 waktu tidurnya hanya berkisar 11 hingga 13 jam saja. Untuk itu sebaiknya Anda memperhatikan dengan baik kapan si kecil waktunya tidur dan juga tanda-tanda ketika si kecil sudah mulai mengantuk.

Cara Menjaga Kualitas Tidur Bayi

Selain membuat si kecil bisa tidur dengan tepat waktu, cara agar si kecil tidak begadang juga bisa Anda lakukan dengan cara memperhatikan kualitas tidurnya. Kualitas tidur si kecil yang kurang nyaman pastinya akan membuatnya kurang bisa tidur dengan nyenyak. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kualitas tidur si kecil:

  • Kebutuhan bayi

Sebelum tidur atau ketika memasuki waktu tidur malamnya usahakan si kecil sudah dalam keadaan yang kenyang. Tujuannya agar di tengah tidurnya si kecil tidak terbangun karena lapar. Jika si kecil sudah terlanjur terbangun di tengah malam, akan lebih sulit lagi untuk Anda menidurkannya. Ketika masuk jam makan malamnya sekitar jam 6 Anda bisa memberikan MPASI berupa bubur bayi organik dalam kemasan.

Selain itu pastikan juga untuk memastikan apakah si kecil sudah buang air besar atau kecil agar popoknya bisa Anda ganti. Usahakan si kecil ketika hendak tidur dalam keadaan yang bersih dan menggunakan popok baru. Hal ini akan membantu membuatnya tidur dengan lebih nyaman dan rileks.

  • Ruang tidur yang nyaman

Semua orang pastinya ingin tidur dengan nyaman. Hal ini juga berlaku untuk si kecil. Buatlah suasana dan keadaan kamar yang nyaman digunakan untuk tidur. Caranya adalah usahakan ruangan kamar tidak terlalu panas atau terlalu dingin dan juga hindari memilih ruangan yang berisik agar si kecil tidak terganggu ketika tidur.

Anda juga sudah bisa membiasakan si kecil untuk tidur dalam keadaan yang temaram. Tidur dengan lampu yang temaram juga akan membuat si kecil tidur lebih nyaman dan rileks. Jika si kecil sudah ada tanda-tanda mengantuk, Anda bisa membaringkannya dengan posisi telentang. Tujuannya agar si kecil bisa segera tidur dengan posisi yang juga nyaman.

  • Waktu tidur

Tips bayi agar tidak begadang lewat tengah malam selanjutnya adalah membiasakan tidur sesuai dengan waktunya. Misalnya jam 8 si kecil sudah harus tidur, Anda bisa membuat si kecil mengantuk setengah jam atau satu jam sebelumnya. Lakukan hal ini selama seterusnya atau konsisten.

Tujuannya untuk membuat si kecil terbiasa dengan waktu tidurnya. Hal ini secara langsung juga akan membantu Anda agar bisa menidurkan si kecil lebih mudah karena sudah terbiasa. Anda juga tidak perlu lagi begadang di malam hari karena si kecil yang tiba-tiba terbangun.

Jual Produk Bubur Bayi Organik Berkualitas

Bayi yang lapar juga biasanya jadi susah tidur, karena itu Anda bisa memberikan MPASI yang tepat dan sehat untuk si kecil. Misalnya melalui produk bubur bayi organik buatan ONIC FOOD. Kami merupakan perusahaan yang menjual berbagai produk MPASI untuk si kecil dengan 14 varian rasa enak.

Jika Anda ingin melakukan tips bayi agar tidak begadang di atas, maka bisa mulai dengan memberikan asupan bernutrisi agar si kecil tidur nyenyak. Bisa dengan produk Bubur Organik ONIC yang dijamin sehat, halal, dan bernutrisi ini.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp