Blog

Tips Bayi ASI Eksklusif Cepat Gemuk

Tips Bayi ASI Eksklusif Cepat Gemuk – Tidak semua bayi yang baru lahir bisa terlahir dengan bobot yang gemuk atau sesuai dengan yang diinginkan. Ada juga terkadang saatnya si kecil lahir dengan berat tubuh yang kurang. Biasanya dokter akan meminta sang ibu untuk meningkatkan berat badan si kecil. Berat badan si kecil yang kurang pada masa pertumbuhannya biasanya akan mempengaruhi kondisi kesehatannya. Oleh karena itu penting bagi Anda membuat berat badannya naik.

Tips Bayi ASI Eksklusif Cepat Gemuk

Tips Bayi ASI Eksklusif Cepat Gemuk Dengan Aman 

  • Pertimbangkan untuk memberikan susu formula

Terkadang ada beberapa hal yang membuat air susu ibu atau ASI sulit keluar atau tidak keluar dengan lancar. Hal ini membuat si kecil terkadang rewel ketika menyusui karena tidak bisa minum dengan lancar. Sedangkan ASI merupakan sumber nutrisi yang sangat penting untuk si kecil yang mASIh dalam masa pertumbuhannya. Namun hal tersebut mASIh bisa diatASI. Anda bisa berencana untuk menggunakan susu formula. Pastikan Anda sudah berkonsultASI pada dokter anak yang tepat untuk menentukan jenis susu formula seperti apa.

Beberapa jenis susu formula bagus untuk membantu mengatASI masalah diare yang dialami si kecil. Susu formula juga bisa membantu meningkatkan berat badan si kecil. Akan tetapi pastikan Anda juga mengecek reaksi yang ditimbulkan setelah si kecil mengonsumsi susu formula. Apakah mengalami alergi atau tidak. Jika memang tidak ada efek samping yang ditimbulkan maka penggunaan susu formula tersebut cocok untuk si kecil.

  • Memberikan ASI

Tips agar bayi ASI eksklusif cepat gemuk dan sehat selanjutnya adalah dengan memberikan ASI secara rutin. ASI memang menjadi salah satu sumber nutrisi yang sangat bagus diberikan pada si kecil untuk membantu tumbuh kembangnya. Berikut adalah beberapa tips pemberian ASI untuk si kecil.

  • Untuk Anda yang baru saja menjadi ibu, biasanya akan kesulitan menyusui si kecil. Anda bisa mencoba meminta tolong pada ahli laktASI yang bisa memberikan cara menyusui dengan baik dan benar.
  • Berikan ASI hanya saat si kecil lapar atau sesuai dengan jadwal yang sudah Anda buat sendiri. Akan lebih baik lagi jika si kecil langsung meminum susu dari Anda. Ketika si kecil menangis karena lapar, Anda bisa segera memberikan ASI agar ia tidak rewel atau semakin lapar.
  • Selain memberikan ASI secara langsung, terkadang si kecil juga bisa bingung bagaimana cara untuk meminumnya. Anda bisa mencoba untuk menggunakan botol terlebih dahulu untuk selanjutnya secara perlahan ajari minum ASI secara langsung.

  • Segera tenangkan ketika ia menangis

Tips agar bayi ASI eksklusif cepat gemuk dengan alami adalah dengan membantunya agar tidak rewel sesering mungkin. Biasanya bayi yang terlalu sering menangis atau rewel juga akan lebih sulit naik berat badannya. Hal ini karena biasanya ia merengek saat lapar atau ingin buang air kecil atau besar. Oleh karena itu segera tenangkan si kecil saat ia sedang rewel. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan ketika si kecil mulai menangis.

  • Peluk si kecil ke dada dan usaplah bagian tubuhnya secara perlahan. Cara ini bisa Anda lakukan untuk membuatnya lebih tenang. Anda juga bisa menyalakan lagu yang tenang agar membuatnya lebih rileks.
  • Kemungkinan si kecil menangis karena lapar atau popoknya penuh. Untuk itu Anda bisa mencoba untuk mengganti popoknya atau menyusuinya. Akan tetapi jika ia tetap saja menangis mungkin ia merasa kurang nyaman dan aman. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membedongnya.
  • Memperhatikan waktu tidurnya

Umumnya aktivitas yang dilakukan oleh bayi adalah makan dan tidur saja. Dua hal tersebut akan membantunya untuk menambah berat badan dengan lebih cepat. Untuk bisa menghASIlkan berat badan yang sesuai maka aturlah jadwal tidurnya. Bayi biasanya tidur dalam jangka waktu 16 jam dalam sehari. Anda tetap bisa secara mengikuti pola tersebut. Hanya saja pastikan jika waktu untuk minum susunya tidak terganggu. Selain itu untuk balita yang sudah mulai mengkonsumsi MPASI dari bubur bayi organik, usahakan untuk tetap memberinya MPASI secara rutin.

Menjaga pola dan durASI tidur bayi juga bisa Anda lakukan dengan membuat suasana tidur yang lebih menyenangkan dan nyaman. Misalnya menggunakan kamar yang lebih sejuk dan terhindar dari bising. Selain itu Anda juga bisa mencoba menggunakan lampu yang temaram untuk melatihnya tidur dengan keadaan yang gelap.

  • Pola makan yang teratur

Bayi dengan pola makan yang teratur juga bisa membantu meningkatkan berat tubuhnya. Oleh karena itu gunakanlah jadwal makan yang konsisten. Misalnya seperti memberinya ASI satu jam sebelum tidur atau memberikan MPASI tiga kali sehari untuk balita. Dengan begitu si kecil akan lebih terbiasa dengan pola makannya dan membuatnya lebih cepat bertambah berat badan. Tips agar bayi ASI eksklusif cepat gemuk dengan aman juga dengan memberinya makanan atau asupan nutrisi yang juga sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk membantu menambah berat badan biasanya dibutuhkan makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan juga protein. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan agar lebih cepat dan juga praktis. Ketika Anda memasak bubur organik tersebut, Anda juga bisa menambahkan air ASI untuk makanan yang memiliki rasa manis. Seperti puree ubi, puree pisang, dan berbagai macam jenis buah-buahan lainnya.

  • Menjaga kebersihan kulitnya

Si kecil yang sering menangis biasanya dikarenakan keadaan kulit atau tubuhnya yang membuatnya kurang nyaman. Oleh karena itu ia berusaha memberi tahu Anda dengan cara menangis. Tubuh atau kulit bayi yang lembap dan lengket karena keringat sudah pasti membuatnya kurang nyaman. Untuk itu Anda bisa menghilangkan rasa kurang nyaman tersebut dengan mengelapnya tubuhnya menggunakan kain lembap.

Gunakan kain yang lembap dengan air hangat untuk menyeka keringat dan membersihkan tubuhnya. Tubuh bayi yang sudah bersih harus tetap Anda berikan kenyamanan lainnya seperti menggunakan pakaian yang juga nyaman. Pilihlah baju dengan bahan kain katun yang halus dan juga nyaman ketika digunakan. Keadaan tubuh bayi yang kering dan bersih akan mencegahnya untuk rewel dan membuatnya bisa tidur lebih nyenyak dan lelap. Kedua hal tersebut juga menjadi salah satu hal yang penting jika Anda ingin berat badannya bisa naik dengan aman dan sehat.

Demikian adalah artikel mengenai tips agar bayi ASI eksklusif cepat gemuk. Dengan begitu si kecil akan lebih cepat gemuk dan kebutuhan nutrisinya tetap terjaga. Sehingga menghindari si kecil yang lebih mudah terkena sakit karena berat badan yang kurang.

Jual Bubur Organik

Untuk membantu ibu menyiapkan MPASI dengan lebih mudah, sekarang tersedia bubur organik Onic. Terdapat berbagai pilihan bubur Onic yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Dengan demikian Anda dapat mengikuti tips bayi ASI eksklusif cepat gemuk dengan lebih mudah.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp