Blog

Tips Bayi Baru Lahir Cepat Gemuk

Tips Bayi Baru Lahir Cepat Gemuk – Kebanyakan ibu biasanya menginginkan anaknya yang baru lahir bisa cepat gemuk. Bayi yang lahir atau tumbuh menjadi gemuk memang akan sangat menggemaskan. Akan tetapi perlu diketahui juga untuk tidak memberikan makanan yang sembarangan atau berlebihan hanya karena ingin menambah berat badannya.

Asupan nutrisi yang Anda berikan juga harus bisa memenuhi kebutuhan gizinya. Jangan sampai memberikan makanan secara sembarangan yang justru membuatnya kelebihan berat badan yang tidak sehat. Berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan:

Tips Bayi Baru Lahir Cepat Gemuk

Tips Bayi Baru Lahir Cepat Gemuk Dengan Sehat 

  • Memberikan waktu tidur yang tepat

Salah satu cara untuk membuat bayi lebih cepat gemuk adalah menggunakan waktu yang tepat untuk tidurnya. Semua bayi yang baru saja lahir sudah pasti hanya akan makan dan tidur saja. Kedua aktivitas tersebut bisa memberikan pengaruh yang penting pada penambahan berat badannya. Bayi yang baru lahir membutuhkan waktu tidur yang cukup lama. Bahkan bisa sampai 16 jam dalam sehari. Jaga asupan asinya agar juga sesuai dengan waktu tidur yang lama tersebut.

Selain itu pastikan juga kualitas dari tidur si kecil tetap terjaga. Caranya adalah dengan membuat ruangan dan tempat tidurnya senyaman mungkin. Anda bisa mencoba untuk menggunakan lampu yang temaram agar si kecil lebih nyaman dan tidur dengan nyenyak. Gunakan juga kamar yang tidak terlalu panas atau dingin.

  • Memberikan ASI yang sesuai

Asi menjadi sumber asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk si kecil agar berat badannya bertambah. Dalam kata lain tips bayi baru lahir cepat gemuk dengan ASI juga bisa Anda gunakan. Akan tetapi, memberikan ASI tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan ASI dengan tepat:

    • Jika si kecil tidak mau meminum ASI secara langsung, maka coba untuk memberikannya melalui ASI perasan atau botol. Pastikan Anda menggunakan alat penyedot ASI yang steril dan juga botolnya juga.
    • Berikan ASI yang juga sesuai dengan jadwal minum asinya. Tujuannya agar si kecil terbiasa dan tidak menangis saat minum ASI.
    • Jangan membiarkan si kecil menangis secara terus menerus hanya karena mereka lapar. Untuk itu segera berikan ASI jika si kecil memintanya. Terkadang Anda juga harus sedia alat laktasi setiap saat dan juga menggunakan baju yang khusus digunakan untuk menyusui.

  • Menenangkan bayi untuk pertumbuhannya

Tips bayi baru lahir cepat gemuk dan sehat selanjutnya adalah dengan menenangkannya. Bayi yang lebih mudah rewel akan menyebabkan si kecil yang sulit naik berat badannya. Hal ini karena si kecil lebih cepat lapar seperti susu formula atau kurang ASI. Oleh karenanya ketika si kecil rewel coba untuk segera menenangkannya dengan cara:

    • Tenangkan bayi ketika ia merasa kurang nyaman atau rewel. Anda bisa mencoba dengan menggendongnya. Hal tersebut bisa membantunya agar tidak rewel dan tenang kembali.
    • Selain menggendongnya Anda juga bisa membuat rasa nyaman pada si kecil dengan cara memeluknya. Hal ini akan membuatnya lebih nyaman dan perasaannya lebih tenang. Selain itu coba untuk memutarkan lagu untuk membantunya menjadi lebih tenang.
  • Merawat kesehatan bayi

Bayi dengan kondisi badan yang sehat juga akan memiliki berat badan yang ideal atau cukup. Selain itu ia juga tidak akan mudah turun berat badannya. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu memberikan asupan susu formula atau ASI yang sesuai.

Pastikan juga si kecil ada pada lingkungan atau tempat tinggal yang bersih. Hal ini bertujuan agar ia tidak mudah sakit. Di samping asupan nutrisi dari ASI, si kecil yang sudah mulai bertambah umur bisa Anda berikan MPASI. Anda bisa menggunakan MPASI dari bubur bayi organik dalam kemasan yang lebih praktis. Kandungan bahan organiknya juga akan memungkinkan si kecil mendapatkan nutrisi dan gizi yang lebih banyak untuk membantu menambah berat badannya.

  • Perawatan kulit dan kebersihannya

Si kecil menjadi kurang tenang, sering menangis hingga tidak bisa meminum ASI bisa terjadi karena keadaan kulitnya yang lembap. Keadaan kulitnya yang kurang nyaman dan tidak sehat bisa membuatnya menjadi rewel dan tidak mau menerima asupan ASI.

Oleh karena itu melakukan perawatan pada kulitnya juga bisa membantu si kecil agar tidak rewel dan lebih mudah menerima ASI:

  • Coba menggunakan kain bedong dan juga pakaian yang nyaman dikenakan. Salah satunya adalah memilih pakaian yang tidak menimbulkan alergi. Pilihlah bahan baju dari kain yang lembut seperti katun yang memiliki sifat halus dan nyaman digunakan.
  • Usahakan untuk memandikan si kecil setiap hari. Walaupun si kecil tidak beraktivitas yang berlebihan, akan tetapi suhu panas bisa membuat badannya lengket. Hal inilah yang juga menyebabkan si kecil merasa kurang nyaman dengan kondisi kulitnya yang lembap. Akan lebih baik jika si kecil dalam keadaan kulit yang kering.

Waktu Yang Tepat Untuk Memberikan MPASI

MPASI merupakan salah satu sumber nutrisi yang bisa didapatkan si kecil selain dari ASI. Mpasi dari bubur organik dalam kemasan juga bisa membantu untuk menambah berat badannya. Akan tetapi untuk ibu yang baru saja memiliki bayi biasanya masih kebingungan kapan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI.

Salah satu tanda yang bisa dijadikan acuan adalah usia si kecil. Si kecil yang sudah memasuki usia sekitar 6 bulan atau lebih sudah boleh mengonsumsi asupan solid berupa MPASI. Hal tersebut karena dengan semakin bertambahnya usia maka juga kebutuhan nutrisinya akan lebih bervariasi. Dimana tidak bisa didapatkan hanya dari mengonsumsi ASI saja.

Anda bisa menggunakan sayuran atau buah-buahan untuk dijadikan menu MPASI-nya. Misalnya seperti menggunakan wortel, brokoli, bayam, kacang merah, ubi, labu, apel, pisang, alpukat dan lainnya. Biasanya jenis bahan yang digunakan adalah yang mudah untuk diolah. Anda bahkan juga bisa menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan yang lebih praktis.

Tips bayi baru lahir cepat gemuk dengan mpasi biasanya adalah dengan mengatur jadwal makannya. Bukan sesering mungkin tapi sekonsisten mungkin. Selain itu juga menggunakan olahan bahan yang bisa membantu pemenuhan berat badan dan nutrisinya seperti karbohidrat dan lemak.

Selain dari usia, mulai tumbuhnya gigi juga bisa menjadi alasan si kecil sudah bisa mengonsumsi MPASI. MPASI akan lebih membantu stimulasi pertumbuhan giginya agar cepat tumbuh.

Salah satu produk MPASI terbaik di pasaran adalah produk Bubur Organik buatan ONIC FOOD. Mengapa?

  • Mudah ditemukan karena tersedia di sekitar 40 outlet seluruh Indonesia
  • Cara membuatnya praktis dan simpel, tidak mudah berair
  • Tanpa MSG atau zat pengawet berbahaya lainnya
  • Rasanya dijamin disukai si kecil, tersedia 14 varian rasa berbeda yang enak
  • Harganya terjangkau

Kalau Anda mau mencoba tips bayi baru lahir cepat gemuk, bisa dengan memberikan asupan gizi yang tepat seperti di atas.

[Total: 4   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp