Blog

Tips Bayi Biar Tidur Nyenyak

Tips Bayi Biar Tidur Nyenyak – Tidur dan makan memang menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari bayi. Hal ini karena kedua kegiatan tersebut merupakan aktivitas yang sudah pasti dilakukan oleh bayi yang baru saja lahir. Bayi akan tidur dengan durasi waktu yang cukup lama. Biasanya bisa 12 hingga 16 jam dalam sehari. Namun terkadang yang menjadi penghalang atau masalah adalah bayi yang sering rewel hingga bangun di malam hari. Di mana sering kali membuat kedua orang tua terutama ibu menjadi kesulitan dan mengubah jadwal tidurnya juga.

Tips Bayi Biar Tidur Nyenyak

Orang tua terutama ibu sudah pasti menginginkan anaknya untuk bisa tidur dengan lebih nyenyak. Bayi yang tidur dengan lebih cepat, mudah untuk ditidurkan dan juga tidak rewel sudah pasti akan membuat orang tua merasa tenang. Untuk bisa melakukan hal tersebut ternyata juga harus dilakukan secara rutin dan bertahap. Tujuannya agar si kecil bisa mengikuti pola tersebut hingga Anda tidak akan kesulitan lagi ketika menidurkannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Tips Bayi Biar Tidur Nyenyak Tanpa Terbangun Sepanjang Malam

  • Mengetahui tanda jika bayi sudah mengantuk

Mengantuk biasanya menjadi tanda seseorang lelah. Hal ini ternyata juga berlaku untuk bayi. Bayi yang sudah kelelahan bisa jadi ia sedang mengantuk. Tanda yang biasanya ada seperti mengisap-isap jari, menangis dan juga menguap. Jika Anda sudah menemukan tanda ini maka coba untuk segera menidurkan si kecil. Tanda ini juga akan menguntungkan Anda untuk bisa menidurkan si kecil tanpa perlu rewel dan lebih cepat tidur.

  • Mengatur jadwal untuk minum susu

Tips bayi biar tidur nyenyak tidak begadang selanjutnya adalah mengatur jadwal untuk minum susunya. Anda bisa mencoba untuk menyusui bayi sebelum waktu tidurnya atau setelah ia terbangun. Tujuannya agar si kecil bisa tidur dengan lelap dan juga nyaman sehingga di tengah malam ia tidak terbangun dikarenakan lapar.

Hindari untuk mencoba membangunkan si kecil ketika ia sedang tertidur hanya untuk membuatnya meminum susu. Hal ini akan membuat jadwal tidurnya terganggu dan bisa saja ia justru sulit ditidurkan kembali setelah terbangun. Biasanya bayi akan bangun ketika ia lapar dan ingin buang air besar dan buang air kecil. Oleh karena itu ketika ia sedang tertidur hindari untuk mengganggunya. Cara ini harus Anda lakukan secara disiplin untuk membuatnya terbiasa dengan pola atau jadwal tidur yang Anda buat sendiri.

  • Membuat tidurnya menjadi nyaman

Cara ini merupakan hal yang juga penting dilakukan. Anda bisa mencoba untuk membuat suasana tidurnya menjadi lebih nyaman. Misalnya menyanyikan atau bersenandung hingga mengelus kepalanya agar bisa tertidur dengan lelap dan lebih cepat. Pijatan yang Anda lakukan menjelang tidur akan membantunya agar bisa tidur dengan lebih nyenyak. Sehingga si kecil juga tidak akan mudah rewel.

  • Mengatur penerangan tempat tidurnya

Tidur dengan kondisi ruangan yang gelap akan lebih baik jika dibandingkan dengan tidur menggunakan lampu yang terang. Hal ini juga berlaku untuk bayi. Agar membuatnya terbiasa dengan kondisi tersebut, Anda bisa mencoba untuk membiasakannya sejak dini. Gunakan ruangan dengan penerangan yang remang-remang atau redup. Tujuannya untuk memudahkan si kecil bisa tidur dengan lebih nyenyak. Selain itu manfaat tidur dalam keadaan tersebut adalah membuat produksi hormon melatonin semakin meningkat. Hormon melatonin membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu si kecil tidur lebih nyaman.

  • Menggunakan pakaian yang nyaman

Tips bayi biar tidur nyenyak sepanjang malam selain membuat suasana ruangan dan keadaan yang nyaman untuk bayi tidur. Anda juga bisa membuat keadaan tubuhnya senyaman mungkin ketika tidur. Misalnya dengan menggunakan pakaian yang nyaman digunakan tidur. Pakaian untuk bayi yang nyaman seperti menggunakan bahan yang dingin dan juga halus. Salah satunya adalah menggunakan bahan kain katun. Gunakan pakaian yang berbeda untuk ditidur dan beraktivitas. Misalnya menggunakan pakaian yang sedikit longgar dan lebih hangat.

  • Jangan membuatnya terlalu kenyang

Biasanya yang dilakukan orang tua untuk membuat si kecil bisa tidur dengan cepat dan lelap adalah membuatnya kenyang. Padahal hal ini akan membuatnya justru kurang nyaman saat akan tidur. Keadaan perut yang terlalu penuh ketika akan tidur biasanya sulit untuk bisa tidur dengan nyaman. Hindari memberikan asi yang terlalu banyak. Anda tetap bisa memberikan susu atau bubur bayi organik sebelum tidur hanya saja rentang waktunya yang cukup jauh.

  • Mandi dengan air hangat sebelum tidur

Tips bayi biar tidur nyenyak semalaman yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan memandikannya menggunakan air hangat sebelum tidur. Bayi yang tidur dalam keadaan tubuh yang nyaman dan bersih tentunya akan membuatnya lebih cepat tertidur. Oleh karena itu Anda bisa menyeka tubuhnya dengan air hangat sebelum tidur. Hal ini untuk membantu agar tubuhnya tidak lengket ketika tidur sehingga akan lebih nyaman. Air hangat yang Anda gunakan juga akan membantu melancarkan sistem peredaran darahnya dan membuat otot sendi lebih lemas dan rileks. Setelah mandi, jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang juga nyaman digunakan.

  • Membedongnya

Bayi yang baru lahir biasanya akan selalu dibedong. Namun ketika waktu tidur Anda jangan sampai membedongnya terlalu kuat atau kencang. Cukup buat si kecil menjadi hangat saja dengan membedongnya sehingga ia juga akan lebih nyaman bergerak ketika tidur. Membedong memang akan membantunya ketika si kecil terkejut saat tidur. Dengan gedong si kecil akan lebih mudah terlelap kembali. Namun jangan sampai gedong tersebut menghambat gerakannya ketika tertidur.

  •  Sebelum tidur ganti popoknya

Bayi akan lebih cepat tertidur jika keadaan tubuhnya juga nyaman. Salah satunya ditunjukkan dengan keadaan tubuh yang bersih. Usahakan untuk selalu mengganti popoknya ketika akan tidur. Hal ini akan membuatnya tertidur dengan lebih nyaman. Tidur dalam keadaan popok yang penuh sudah pasti tidak nyaman sehingga si kecil akan lebih mudah terbangun di tengah malam dan menangis.

Itulah beberapa tips bayi biar tidur nyenyak yang bisa Anda coba di rumah. Pastikan saja si kecil melakukan hal tersebut secara rutin dan konsisten agar mulai terbiasa. Dengan begitu Anda juga tidak akan kesusahan ketika ingin menidurkannya dan sudah tidak perlu begadang lagi.

Tak lupa Anda juga perlu memberikan nutrisi yang cukup agar bayi bisa tidur dengan nyenyak. Caranya adalah dengan menggunakan bubur organik dari Onic yang dilengkapi dengan berbagai nutrisi terbaik.

Selain itu terdapat pula berbagai pilihan bubur menarik untuk meningkatkan selera makan bayi. Memberikan nutrisi yang cukup namun tidak berlebihan merupakan salah satu tips bayi biar tidur nyenyak yang bisa dilakukan. Karena itu segeralah siapkan bubur Onic untuk bayi dan dapatkan berbagai nutrisi terbaik yang dibutuhkan si kecil.

[Total: 3 Average: 5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp