Blog

Tips Bayi Cepat Tumbuh Gigi

Tips Bayi Cepat Tumbuh Gigi – Waktu untuk bayi bisa tumbuh gigi biasanya setiap anak berbeda. Biasanya si kecil akan mulai tumbuh gigi pada usia 6 sampai 9 bulan. Namun jika pada usia 18 bulan si kecil masih belum tumbuh gigi sama sekali, maka Anda perlu memperhatikan dan mengonsultasikannya pada dokter. Pada usia 3 tahun, biasanya gigi susu pada si kecil akan selesai bertumbuh.

Jenis gigi yang akan pertama kali muncul adalah jenis gigi seri depan, kemudian diikuti dengan gigi seri samping, gigi taring, gigi geraham pertama dan gigi geraham yang kedua. Walaupun begitu ternyata Anda tetap bisa merangsang pertumbuhan gigi si kecil agar tumbuh lebih cepat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Tips Bayi Cepat Tumbuh Gigi

Tips Bayi Cepat Tumbuh Gigi Dengan Memperhatikan Hal Berikut

  • Tanda si kecil akan tumbuh gigi

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah tanda jika gigi si kecil mulai tumbuh seperti berikut:

  • Si kecil akan lebih sering memasukkan tangannya ke dalam mulut atau menggigit.
  • Pola tidur dan makannya akan berubah karena rasa kurang nyaman pada gusinya.
  • Liur akan keluar lebih banyak dan di sekitar mulut terjadi ruam karena iritasi liur.
  • Gusinya mulai membengkak sehingga suhu tubuhnya juga ikut naik. Biasanya sering terjadi demam saat gigi si kecil akan tumbuh.
  • Tampilan gusinya akan lebih merah atau bengkak.

Akan tetapi Anda tidak perlu takut atau khawatir karena biasanya gigi yang akan tumbuh tidak sampai menyebabkan diare, pilek, rewel yang lama, demam tinggi hingga batuk.

  • Merangsang pertumbuhan gigi dengan makanan

Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk menunjang kebutuhan atau perkembangan giginya adalah dengan nutrisi yang Anda berikan. Mulai dari Anda hamil hingga memberikan MPASI untuk si kecil, kandungan vitamin D dan kalsium yang cukup akan membantu pertumbuhan giginya dengan baik. Berbagai jenis makanan yang bisa Anda olah untuk dijadikan MPASI adalah kacang-kacangan, ikan, sayuran hijau, tahu, biji-bijian. Sedangkan untuk asupan vitamin D nya Anda bisa mendapatkannya dari makanan berupa kuning telur, jamur, susu, dan ikan laut.

Selain menggunakan makanan di atas, tekstur dari bubur bayi organik yang Anda gunakan juga sangat berpengaruh. Anda bisa memberikan bubur organik yang memiliki tekstur sedikit lebih kasar. Akan tetapi hal ini juga harus memperhatikan usia dari si kecil. Jika usianya masih belum cukup untuk mengonsumsi makanan bertekstur kasar maka hindari untuk menggunakannya. Hal ini karena akan berpengaruh pada sistem pencernaannya yang mungkin belum sempurna.

  •  Membersihkan gusinya dengan baik

Tips bayi cepat tumbuh gigi susu yang selanjutnya adalah selalu menjaga kesehatan mulutnya. Untuk ukuran atau jumlah pasta gigi yang bisa Anda gunakan pada si kecil adalah pada lapisan tipis bulu sikat gigi. Jumlah tersebut bisa Anda berikan sampai berumur 2 tahun. Nantinya jika sudah lebih dari 2 tahun hingga 6 tahun Anda bisa memberikan jumlah sebesar biji kacang polong. Jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi khusus untuk anak-anak. Nantinya ketika giginya sudah lengkap, Anda bisa menyikat gigi si kecil dua kali dalam sehari. Biasanya pada saat setelah sarapan dan saat akan tidur malam.

MPASI yang Bisa Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Selain beberapa cara di atas, makanan atau MPASI yang Anda berikan juga berpengaruh pada pertumbuhan giginya. Beberapa makanan bagus untuk membantu merangsang agar gigi tumbuh cepat dan sehat. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda gunakan untuk merangsang pertumbuhan giginya adalah sebagai berikut.

  • Brokoli dengan kandungan kalsium

Tips bayi cepat tumbuh gigi 6 bulan dengan makanan yang pertama adalah dengan brokoli. Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan kalsium. Sedangkan kalsium sendiri memang sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan giginya. Anda bisa mengolah brokoli dengan cara merebusnya dan membuatnya menjadi sup. Untuk lebih merangsang pertumbuhan giginya, jangan merebus brokoli terlalu lunak supaya masih ada sedikit tesktur yang bisa dikunyah si kecil. Dengan begitu pertumbuhan giginya bisa semakin cepat dan tetap sehat.

  • Ubi merah

Ubi merah ternyata mengandung vitamin A di mana berguna untuk menjaga kesehatan gusi si kecil. Ketika si kecil akan tumbuh gigi, biasanya gusinya akan membengkak dan merah. Hal ini terkadang juga membuatnya rewel. Kandungan antioksidan dalam ubi merah tersebut akan membantu dalam mengatasi infeksi yang bisa terjadi akibat gigi yang akan muncul. Untuk mengolahnya Anda bisa menjadikan puree ubi merah. Akan tetapi sekarang ini juga sudah banyak bubur bayi  organik dalam kemasan dengan kandungan ubi merah yang lebih praktis dan juga mudah digunakan.

  • Ikan laut seperti salmon dan tuna

Ikan juga mengandung protein dan vitamin yang bagus untuk merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Terutama jenis ikan laut seperti ikan tuna atau salmon. Kandungan protein tersebut akan bagus untuk memperkuat dan merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Selain itu kandungan berupa asam lemak omega 3 pada ikan tuna, salmon dan ikan kembung bermanfaat untuk membantu meredakan peradangan akibat gigi yang akan muncul. Seperti bengkak dan juga gusi yang merah. Anda bisa mengolah ikan tersebut sebagai campuran pada MPASInya. Agar tidak repot Anda juga bisa memberikan si kecil bubur organik dalam kemasan agar lebih praktis dan tidak perlu mengolah ikan lagi.

  • Tahu

Tips bayi cepat tumbuh gigi MPASI adalah dengan memberikan olahan MPASI berupa tahu. Tahu yang cukup mudah didapatkan dan juga murah ini ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan giginya. Dalam tahu mengandung kalsium dan juga fosfor dalam dosis yang tinggi. Hal ini akan bagus untuk pertumbuhan giginya. Terutama ketika si kecil merasa gusinya sakit maka tahu adalah makanan yang cocok karena lembut ketika dimakan. Tekstur dari tahu yang lembut dan juga lunak akan memudahkan si kecil mengunyahnya dengan keadaan gusi yang kurang nyaman. Untuk mengolahnya juga cukup mudah, Anda hanya tinggal mengukusnya saja dan menambahkan beberapa olahan lainnya.

Masih banyak lagi berbagai makanan yang bisa dikonsumsi si kecil untuk merangsang pertumbuhan giginya. Yang terpenting adalah untuk memberikan nutrisi yang cukup agar gigi dapat cepat tumbuh.

Mungkin Anda merasa repot jika harus menyiapkan semuanya setiap saat. Namun tidak perlu khawatir karena beberapa makanan tersebut sudah tersedia dalam bentuk bubur organik Onic. Dengan demikian Anda tinggal memberikannya kapan saja sebagai MPASI untuk si kecil.

Bubur Onic terbuat dari bahan organik pilihan sehingga lebih sehat untuk bayi. Anda juga bisa membawanya kemana-mana karena sudah tersedia dalam kemasan yang rapat sehingga lebih aman.

Memberikan nutrisi yang dibutuhkan merupakan salah satu tips bayi cepat tumbuh gigi yang harus Anda lakukan. Semuanya dapat lebih mudah dilakukan dengan memanfaatkan bubur organik Onic.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp