Blog

Tips Bayi Gemuk Dengan ASI

Tips Bayi Gemuk Dengan ASI – ASI merupakan sumber nutrisi yang memang bagus dan dibutuhkan untuk bayi. Setidaknya hingga ia berusia 2 tahun walaupun ada juga yang tidak bisa memberikan ASI secara eksklusif selama 2 tahun. Namun memberikan ASI memang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan si kecil. Salah satunya adalah membantu meningkatkan berat badannya.

Akan tetapi beberapa orang ada yang mengatakan bahwa ASI tidak bisa digunakan untuk membantu meningkatkan berat badan si kecil. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan manfaat dari ASI untuk meningkatkan berat badannya.

Tips Bayi Gemuk Dengan ASI

Tips Bayi Gemuk Dengan ASI Yang Lebih Optimal

  • Menyusui secara bergantian

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencoba menyusui si kecil menggunakan sisi kanan dan kiri secara bergantian. Hal ini bertujuan untuk merangsang agar jumlah air susu yang dihASIlkan bisa banyak. Selain itu juga meningkatkan kualitasnya jika sering diisap si kecil. Jadi jika Anda menyusui si kecil pada sisi yang bergantian maka jumlah ASI dan juga kualitasnya akan sama. Hal ini akan membuat si kecil juga mendapatkan jumlah ASI yang lebih banyak sekaligus menambah berat badannya.

  • Mengonsumsi makanan yang bergizi

Tips bayi gemuk dengan ASI eksklusif yang selanjutnya adalah sang ibu juga harus menjaga pola makannya dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Mengonsumsi makanan yang mengandung gizi yang bagus untuk meningkatkan kualitas dan produksi dari ASI. Makanan yang bergizi seimbang akan membantu kualitas dari ASI juga semakin bagus dan bisa sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.

Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang didapatkan dari ASI adalah berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Ekstrak makanan yang dimasukkan pada susu sudah pasti akan menghASIlkan atau mengandung nutrisi yang berbeda jika dibandingkan dengan menggunakan ASI eksklusif. Jadi khASIat yang ditimbulkan juga akan lebih bagus dan berbeda.

  • Selalu berolahraga

Biasanya ibu yang sudah sibuk mengurus si kecil akan lupa untuk berolahraga. Sedangkan hal ini cukup penting dilakukan oleh ibu. Tujuannya adalah untuk membantu agar ibu merasa lebih tenang dan juga rileks. Kondisi ibu yang tenang, dan senang akan membantu meningkatkan jumlah produksi ASI. Apakah Anda pernah merasa si kecil yang rewel karena ibu yang dalam kondisi sedih. Hal tersebut dikarenakan suasana hati ibu menyebabkan jumlah produksi ASI yang kurang.

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein

Makanan yang banyak mengandung banyak protein selain bagus untuk kesehatan sang ibu juga bagus untuk kesehatan si kecil melalui ASI nya. Manfaat dari kandungan protein untuk tubuh adalah membantu membentuk jaringan tubuh. Selain itu banyak lagi manfaat lainnya untuk tubuh seperti membantu meningkatkan kecerdasan hingga membantu agar sistem imun bisa lebih kebal. Hal ini akan sangat berpengaruh untuk ibu hamil yang ingin meningkatkan berat badan si kecil.

Berbagai jenis makanan seperti keju, yogurt, telur, tahu, kacang-kacangan, daging dan olahan dari makanan laut. Namun makanan yang Anda konsumsi tersebut walaupun tidak memberikan efek yang negatif untuk Anda akan tetapi perlu diperhatikan untuk si kecil. Misalnya Anda tidak memiliki alergi terhadap udang, akan tetapi setelah menyusui si kecil justru alergi dengan udang. Oleh karena itu perhatikan dengan baik makanan yang harus dan tidak boleh Anda konsumsi agar tidak mempengaruhi si kecil.

Selain untuk Anda, si kecil yang sudah berusia 6 bulan lebih juga bisa Anda berikan MPASI. Olahan MPASI yang bisa Anda berikan pada si kecil juga yang mengandung banyak protein. Untuk lebih memudahkan Anda mengolah atau memberikan MPASI, gunakan bubur bayi organik yang lebih praktis.

  • Mengonsumsi makanan mengandung kalsium dan zat besi

Selain makanan yang mengandung protein, tips bayi gemuk dengan ASI berkualitas adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan juga zat besi. Si kecil yang gemuk memang akan sangat menggemaskan. Akan tetapi jangan sampai kegemukan si kecil membuatnya memiliki masalah kesehatan. Oleh karena itu agar berat badan si kecil bisa naik namun tetap sehat adalah dengan ibu yang mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi dan juga kalsium.

Kandungan zat besi dan kalsium tersebut akan berguna untuk menjaga energinya agar tidak habis ketika beraktivitas. Selain itu juga membantu menguatkan tulang dan juga gigi si kecil. Zat besi bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau, susu, daging, serta olahan lainnya. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin lainnya yang juga mengandung kalsium dan juga zat besi.

  • Istirahat yang cukup

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang bisa membantu menambah berat badan si kecil, Anda juga harus menjaga kesehatan. Caranya dengan beristirahat dengan cukup. Untuk beberapa minggu awal kelahiran si kecil biasanya sang ibu akan cukup sibuk dan kelelahan karena belum terbiasa. Namun jangan sampai Anda jatuh sakit. Hal ini karena bisa mempengaruhi kualitas dan juga jumlah air susu yang harus dikonsumsi si kecil.

Usahakan untuk selalu beristirahat walaupun hanya beberapa menit atau jam saja. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas ais susu yang lebih bagus dan banyak. Selain itu jumlah ASI yang lebih banyak dan lancar akan membuat si kecil lebih tenang dan bisa membantu meningkatkan berat badannya.

  • Mengonsumsi banyak air putih

Tips bayi gemuk dengan ASI dan MPASI selanjutnya adalah Anda harus banyak mengonsumsi air putih. Air putih yang banyak Anda konsumsi akan membantu meningkatkan kualitas dari ASI. Selain itu juga tidak berbahaya bagi si kecil.

Hal ini karena air putih tidak menimbulkan efek apa pun atau berbahaya untuk tubuh. Tanda jika ASI yang Anda hASIlkan bagus adalah si kecil yang akan lahap ketika menyusu dan juga payudara yang terasa kencang.

Selain itu ASI yang berwarna putih kental adalah salah satu tanda bahwa ASI tersebut berkualitas bagus. Oleh karena itu jangan lupa untuk mengonsumsi banyak air putih untuk meningkatkan kualitas ASI sehingga berat badan si kecil akan lebih mudah bertambah.

Demikian adalah artikel mengenai tips bayi gemuk dengan ASI yang bisa Anda coba. Menambah berat badan si kecil melalui ASI tidak hanya dengan memberikan ASI sebanyak-banyaknya pada si kecil. Namun Anda sebagai ibu juga harus meningkatkan kualitas dari ASI tersebut dengan melakukan beberapa hal di atas.

Jika memang diperlukan Anda juga bisa memberikan MPASI untuk membuat bayi gemuk. Tentunya MPASI tersebut juga harus dipenuhi dengan nutrisi yang tepat untuk membantu meningkatkan berat badan bayi.

Tidak perlu khawatir karena sekarang sudah tersedia bubur organik Onic dalam kemasan. Bubur ini terbuat dari bahan organik terbaik yang dipenuhi berbagai nutrisi penting untuk kebutuhan si kecil yang menjadi tips bayi gemuk dengan ASI terbaik.

[Total: 4   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp