Blog

Tips Bayi Mau Minum ASI

Tips Bayi Mau Minum ASI – ASI adalah sumber nutrisi untuk bayi yang masih belum bisa mengonsumsi sumber energi lainnya atau  MPASI. Memberikan ASI untuk pertama kali biasanya memang cukup sulit. Hal ini dikarenakan bisa saja jumlah ASI yang keluar dari sang ibu tidak banyak atau sedikit.

Tips Bayi Mau Minum ASI

Akan tetapi pernahkah Anda merasa si kecil yang tidak suka atau tidak bisa minum secara langsung. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi si kecil tidak mau menyusu.

Faktor Bayi Tidak Mau Menyusu ASI

  • ASI memiliki rasa yang berubah

Rasa dari ASI ternyata juga bisa berubah, sama halnya dengan rasa dari makanan. Berubahnya rasa ASI ini adalah karena sang ibu yang kurang bisa menjaga asupan minuman dan juga makanan. Jika Anda adalah orang yang perokok, hal ini juga akan menjadi masalah. Itulah mengapa bayi kurang bisa menerima atau menyusu langsung dari Anda.

Selain masalah dari luar, masalah dari dalam yaitu karena hormonal juga bisa menyebabkan rasa ASI menjadi berubah. Salah satu contohnya adalah ketika Anda sedang mengalami menstruasi lagi, meminum pil kab hingga hamil lagi. Rasa ASI yang berubah kebanyakan membuat si kecil susah atau tidak mau minum ASI secara langsung.

  • Bayi kesulitan menghisap puting

Faktor yang kedua adalah bayi yang kesulitan menghisap puting. Hal ini adalah wajar untuk bayi yang baru saja lahir karena belum terbiasa. Ketika bayi mengisap dan antara mulut dengan puting yang kurang tepat bisa menyebabkan air ASI yang kurang bisa keluar sehingga menyebabkan si kecil yang tidak mau menyusu. Sedangkan si kecil dalam keadaan yang cukup lapar. Ketika semakin lapar si kecil maka akan semakin sulit untuk bisa menyusu dengan baik.

  • Gangguan pada bayi atau stres

Bayi ternyata juga bisa merasakan stres sama halnya dengan orang dewasa. Inilah yang membuatnya lebih sulit untuk minum ASI dengan benar. Adanya gangguan bisa membuat bayi lebih rewel ketika menyusu. Sedangkan tertundanya waktu minum susu akan membuatnya menangis.

Selain itu reaksi yang keras dari Anda ketika si kecil menggigit puting juga akan membuatnya kaget dan ketakutan. Perhatian yang mudah teralihkan dari bayi akibat gangguan berisik juga bisa membuatnya mogok untuk minum susu.

  • Mengalami puting bingung

Faktor selanjutnya yang menyebabkan si kecil tidak mau menyusu adalah karena sedang merasa bingung puting. Bayi akan merasa bingung ketika menyesuaikan untuk menghisap puting atau botol susu. Selain itu juga ada beberapa faktor lainnya juga:

  • Ketika menyusu secara langsung, si kecil harus terus menerus menghisap. Sedangkan jika dibandingkan dengan menggunakan botol susu yang tanpa harus diisap air susu akan tetap mengalir. Hal ini menyebabkan si kecil yang meminum susu tanpa jeda.
  • Dibandingkan dengan menggunakan botol susu, si kecil harus menghisap puting dengan cara membuka mulut lebar-lebar. Hal ini berbeda dengan menggunakan botol dimana si kecil akan lebih mudah menghisap.
  • Produksi ASI yang terlambat

Biasanya untuk seorang ibu yang baru pertama kali menjadi seorang ibu dan harus menyusui anaknya, biasanya dibutuhkan beberapa hari untuk air susu bisa keluar. Penundaan ini biasanya menyebabkan baik sang ibu maupun bayi merasa kesal. Hal inilah yang menyebabkan si kecil tidak mau minum ASI secara langsung. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa menggunakan susu formula terlebih dahulu daripada si kecil harus menunggu ASI hingga keluar.

  • Bayi mengalami cedera

Si kecil yang mengalami kesakitan didaerah bahu saat dilahirkan, biasanya akan membuatnya kurang nyaman saat menyusu. Selain itu, si kecil yang ketika lahir sudah didiagnosis dengan cacat fisik atau neurologis akan kesulitan saat menyusu. Jika sudah di diagnosa dengan hal tersebut, sang ibu dan juga dokter harus bekerja sama untuk membuat si kecil tetap mendapatkan ASI dengan baik.

Tips Bayi Mau Minum ASI

  • Menyusui dalam keadaan yang tenang

Salah satu tips bayi mau minum ASI dengan mudah adalah mengondisikan suasana untuk minum susu senyaman mungkin. Bayi yang masih kecil biasanya lebih menyukai tempat dan suasana yang terang dan tenang. Oleh karena itu usahakan untuk menyusui si kecil dalam ruangan yang gelap dan juga suasananya yang tenang.

  • Memerah ASI

Si kecil yang baru saja mengonsumsi ASI sudah pasti harus mendapatkan stok atau asupan ASI yang cukup banyak. Akan tetapi jika si kecil tidak mau menyusu secara langsung maka Anda harus tetap memberikan ASI. Caranya adalah dengan memerah ASI. Kemudian berikan ASI tersebut pada si kecil dengan menggunakan botol. Namun jangan lupa untuk tetap mencoba menyusuinya secara langsung.

  • Membiasakan si kecil minum secara langsung

Faktor si kecil menjadi kurang suka menyusu adalah bingung puting. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa tips bayi mau minum ASI banyak.

  • Pijat puting untuk membuatnya bisa menyusu
  • Tingkatkan kontak antara Anda yaitu puting payudara dengan mulut sang bayi
  • Menjaga jumlah ASI dengan meningkatkan jadwal menyusui

Cara lainnya yang juga bisa Anda coba adalah dengan menggunakan bantuan alat seperti pipet. Caranya Anda bisa menyemprotkan ASIP ke arah pipi bayi. Akan tetapi hindari untuk menyemprotkannya secara langsung ke mulut bayi. Ditakutkan bayi nanti akan tersedak karena kaget.

Selain menggunakan pipet, gelas sloki atau cup feeder juga bisa Anda gunakan. Tempelkan gelas tersebut pada mulut bagian bawahnya, nanti biarkan ia mencecapnya sendiri menggunakan lidah.

  • Menggunakan  MPASI

Salah satu cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan mencampur ASI dengan menu MPASI-nya. Misalnya menggunakan puree alpukat atau pisang dengan campuran ASI. Walaupun kebutuhan ASI-nya tetap kurang setidaknya Anda sudah bisa memberikan sedikit ASI untuk si kecil. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan dan menggunakan ASI untuk melarutkannya.

  • Berkonsultasi dengan dokter

Tips bayi mau minum ASI ibunya yang bisa Anda lakukan adalah dengan bertanya pada dokter spesialis anak. Tanyakan bagaimana cara untuk membuat si kecil lebih mudah minum susu. Atau jika memang terpaksa memberikan susu formula di samping ASI, konsultasikan juga jenis susu seperti apa yang cocok digunakan.

Tahapan Setelah Minum ASI Yaitu Bubur Bayi

Jika bayi sudah cukup umur dan bahkan sudah mengeluarkan gigi, maka Anda bisa mulai membelinya bubur organik. Salah satu yang direkomendasikan adalah bubur bayi organik buatan ONIC FOOD. Karena bubur ini sehat dan halal karena terbuat dari bahan organik tanpa zat kimia seperti MSG atau bahan pengawet bahaya lainnya.

Tersedia 14 varian rasa enak yang pasti akan disukai si kecil dan mudah ditemukan karena kami jual di 40 outlet di seluruh Indonesia. Gimana? Jadi jika sudah melakukan tips bayi mau minum ASI di atas, bisa dilanjutkan dengan memberikan bubur organik ini.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp