Blog

Tips Bayi Pintar Sejak Dalam Kandungan

Tips Bayi Pintar Sejak Dalam Kandungan – Hampir semua orang tua pasti ingin anaknya bisa tumbuh dengan berprestasi dan juga pintar. Hal ini sudah pasti akan membanggakan kedua orang tuanya.

Tips Bayi Pintar Sejak Dalam Kandungan

Namun ternyata kepintaran si kecil tersebut bisa dibentuk sejak masih dalam kandungan. Ketika masih dalam kandungan, janin akan mulai berkembang dalam hal otak dan juga sel-sel otaknya. Itulah kenapa hal yang Anda lakukan sebagai ibu hamil juga bisa mempengaruhi perkembangan otaknya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Tips Bayi Pintar Sejak Dalam Kandungan

  • Berkomunikasi dengan janin

Mungkin hal ini dianggap sepele, akan tetapi pada saat trimester kedua, janin sudah bisa mendengar suara yang ada di luar rahim. Janin bahkan sudah bisa membedakan suara ibunya.

Oleh karena itu lebih seringlah untuk mengajak si kecil selalu berkomunikasi. Anda bahkan sudah bisa memberikan nama untuk calon bayi dan sering mengajaknya bicara dengan nama tersebut. Anda cukup merangsangnya dengan percakapan ringan dan libatkan ketika Anda sedang beraktivitas. Berkomunikasi dengan janin akan membantu untuk melatik kemampuan bahasanya nanti. Asalkan jangan lupa untuk menggunakan kalimat dengan makna yang positif.

  • Mengonsumsi makanan yang bernutrisi

Tips bayi pinter sejak dalam kandungan bumil yang juga penting adalah memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Pada saat Anda sedang hamil, nutrisi tubuh harus terpenuhi dengan baik. Mengonsumsi nutrisi yang seimbang bagi tubuh juga akan membantu untuk meningkatkan perkembangan janin terutama otaknya.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B, C, A, protein, omega-3, kalsium, DHA, asam flat, zat besi, AA dan vitamin B1, B6. Anda juga bisa mengonsumsi susu untuk ibu hamil yang bisa menambah kalsium dan kesehatan Anda dan bayi.

  • Menstimulasi dengan sentuhan

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kegiatan Anda seperti mengusap atau mengelus perut sambil bercerita dengan si kecil akan membuat gerakan lebih banyak pada bagian kepala, lengan dan mulut. Sentuhan yang Anda lakukan tersebut secara alami akan menjadi kontak langsung atau cara Anda berkomunikasi dengan bayi.

  • Mendengarkan musik

Untuk merangsang perkembangan otaknya, Anda juga bisa membantunya dengan mendengarkan musik. Musik bagus untuk membantu indra pendengaran, kemampuan komunikasi dan bahasa serta membantu meningkatkan perkembangan kognitifnya. Anda bisa melakukannya dengan menempelkan headphone pada perut atau mendengarkan lagu secara langsung ketika Anda beraktivitas.

Musik juga akan membantu Anda untuk lebih tenang dan rileks dimana ibu yang sedang hamil akan lebih rentan stres atau mood yang berubah-ubah. Jenis lagu yang bisa Anda dengarkan seperti lagu klasik, musik jazz, lantunan ayat suci Al-Quran atau lagu anak-anak.

  • Menghindari zat-zat yang berbahaya untuk janin

Ketika hamil, Anda harus lebih waspada dengan berbagai zat berbahaya yang bisa mengganggu pertumbuhan bayi. Misalnya seperti asap rokok, alkohol, zat kimia dan zat berbahaya lainnya. Hindari juga penggunaan obat atau bahan berbahaya yang bisa merusak otak bayi Anda.

  • Menikmati sinar matahari

Ibu yang sedang hamil membutuhkan cukup banyak vitamin D. Vitamin D tersebut berguna untuk mengatur jumlah fosfor dan kalsium dalam tubuh. Selain itu juga bagus untuk pembentukan tulang, pembentukan otot, hati, otak dan pankreas. Asupan vitamin D yang kurang akan menyebabkan perkembangan otaknya jadi terhambat. Akibatnya bisa berpengaruh pada kemampuan psikomotorik dan mentalnya.

Vitamin D tersebut bisa Anda dapatkan dari sinar matahari. Anda bisa meluangkan waktu setiap harinya untuk berjalan-jalan pagi dan mencari sinar matahari sekitar 10 sampai 15 menit.

Contoh Nutrisi Yang Bisa Diberikan Pada Bayi

Selain beberapa hal di atas, menstimulasi kecerdasan anak juga bisa dilakukan dengan memberikan makanan dengan kandungan yang tepat pada bayi. Ada berbagai macam jenis nutrisi yang bisa Anda berikan pada si kecil. Berikut adalah rinciannya:

  • AA

Tips bayi pintar sejak dalam kandungan dengan nutrisi penting adalah memberikan makanan dengan kandungan berupa AA. AA sendiri adalah singkatan dari Arachidonic Acid yaitu jenis asam lemak tak jenuh yang berguna untuk membantu perkembangan otak, jaringan penglihatan, jaringan syaraf dan sistem imunnya.

  • DHA

Selain AA juga ada DHA yang merupakan komponen penting dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan otak bayi. Pada orang dewasa DHA berguna untuk menjaga otak tetap bisa berfungsi dengan normal. Ada berbagai macam penelitian yang menyatakan bahwa kekurangan DHA bisa menyebabkan menurunnya kemampuan anak ketika belajar.

  • Kolin

Kolin merupakan salah satu nutrisi yang umum ditemukan pada ikan laut seperti salmon dan tuna. Zat ini berguna untuk membantu meningkatkan perkembangan otak dan juga daya ingat bayi. Jika Anda ingin memberikannya untuk si kecil, Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan kandungan ikan di dalamnya yang lebih praktis digunakan.

  • Omega 3

Tips bayi pintar sejak dalam kandungan untuk perkembangan otak adalah dengan banyak mengonsumsi omega 3. Omega 3 atau juga disebut dengan asam alfa linolenat merupakan asam lemak yang bagus untuk meningkatkan fungsi pembentukan DHA. Omega 3 ini juga banyak ditemukan pada ikan laut. Itulah mengapa mengonsumsi ikan laut baik untuk bayi atau ibu hamil memang memiliki manfaat yang bagus bagi kecerdasan otak.

  • Omega 6

Selain omega 3 juga ada omega 6 yang bagus untuk perkembangan otak bayi. Omega 6 atau yang sering disebut dengan asam linoleat adalah unsur penting yang bisa membantu perkembangan otak anak. Asam linoleat ini bagus untuk membantu meningkatkan pembentukan membran sel otak dan menjadi bagian yang penting pada enzim dimana berguna untuk mengedarkan nutrisi dari luar dan dalam.

  • Vitamin A

Bayi membutuhkan asupan vitamin A yang cukup untuk membantu pertumbuhan jaringan dan juga sel dalam tubuhnya. Vitamin A juga bagus untuk mendukung fungsi penglihatannya.

  • Zat besi

Zat besi yang biasanya Anda temukan dalam sayuran hijau seperti bayam atau brokoli memiliki manfaat yang bagus untuk kecerdasan anak. Zat besi tersebut berguna untuk membantu perkembangan sistem syarafnya.

Bayi atau ibu hamil yang kekurangan zat besi akan berpengaruh pada tingkah laku bayi dan juga fungsi kognitifnya. Jika Anda ingin memberikannya pada bayi, gunakan bubur bayi organik yang lebih mudah untuk digunakan.

Tips bayi pintar sejak dalam kandungan bisa Anda lakukan dengan beberapa cara. Mulai dari kegiatan yang Anda lakukan atau dengan cara mengonsumsi makanan yang bagus untuk perkembangan otaknya saat masih di dalam rahim.

Jual Bubur Bayi Organik Sehat dan Bernutrisi

ONIC Food merupakan perusahaan yang menjual berbagai produk MPASI bayi salah satunya bubur bayi organik dengan 14 varian rasa enak. Kelebihan produk ini yaitu:

  • Harga yang terjangkau
  • Mudah ditemukan karena tersebar di 40 outlet seluruh Indonesia
  • Tidak benyek atau berair
  • Rasa yang dijamin enak
  • Bernutrisi dan bergizi
  • Halal
  • Terbuat dari bahan alami organik yang menyehatkan
  • Bebas MSG/ pengawet

Itulah sebabnya untuk tips bayi pintar sejak dalam kandungan, maka silakan hidangkan bubur MPASI sehat.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp