Blog

Tips Bayi Rewel di Malam Hari

Tips Bayi Rewel di Malam Hari – Biasanya bayi yang baru saja lahir akan lebih sering rewel ketika dimalam hari. Hal ini dikarenakan menangis adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh bayi. Bahkan dalam satu hari, bayi bisa saja menangis setiap 1 sampai 3 jam sekali atau lebih.

Tips Bayi Rewel di Malam Hari

Waktu untuk menangis juga bisa dilakukan kapan saja. Bisa malam ataupun siang hari. Beberapa ibu mungkin akan bingung mengapa bayi tersebut menangis. Oleh karena itu berikut adalah beberapa penyebab atau alasan mengapa bayi sering menangis di malam hari.

Alasan Bayi Sering Menangis

  • Lapar

Bayi yang di malam hari menangis biasanya karena merasa lapar. Ketika ia sedang lapar dan ingin menyusu, maka ia akan memberitahukan ibu dengan cara menangis. Selain menangis bayi yang memasukkan tangannya ke mulut juga bisa menjadi tanda bahwa ia sedang lapar.

Untuk menenangkannya Anda bisa memberikannya susu. Supaya mencegah ia selalu menangis di malam hari, Anda bisa mengatur atau mencatat jadwal kapan ia menangis. Dengan begitu sebelum ia menangis Anda sudah bisa memberikannya makanan atau menyusuinya.

  • Kolik

Tanda lainnya yang menyebabkan bayi menangis di malam hari adalah karena kolik. Kolik tersebut akan ditandai degan bayi yang menangis dengan keras dan dalam durasi atau jangka waktu yang lama. Bahkan bisa saja hingga 3 jam dalam sehari. Hal ini biasanya terjadi pada ketika bayi usia 3 minggu.

Semakin bertambahnya umur sekitar 4 sampai 6 minggu kolik biasanya akan lebih sering terjadi. Namun Anda tidak perlu takut karena kolik akan berkurang setelah bayi berumur 6 minggu dan benar-benar hilang ketika berumur 12 minggu.

Kolik sering dikaitkan dengan bayi yang mengalami gangguan pencernaan. Akan tetapi kolik ini juga bisa saja terjadi sebagai cara bayi dalam menyampaikan emosinya seperti sedang sensitif pada rangsangan tertentu.

Jika bayi mengalami kolik di malam hari, biasanya akan menyebabkan ibu kebingungan. Tips bayi rewel di malam hari kolik adalah dengan menggendong si kecil agar merasa lebih tenang. Ibu juga bisa mengusap punggungnya dengan lembut. Hal ini bisa membuat si kecil lebih nyaman hingga berhenti menangis.

  • Kelelahan

Menangis di malam hari biasanya menjadi hal yang normal pada bayi. Hal tersebut bisa menjadi bagian dari proses perkembangannya. Selain itu ketika bayi sudah keluar dari rahim maka ia akan belajar mengenai hal-hal baru yang bisa saja membuatnya kelelahan.

  • Popoknya yang basah atau penuh

Popoknya yang penuh atau basah juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa bayi sering menangis di malam hari. Hal ini karena ia merasa tidak nyaman sehingga menangis. Untuk itu Anda disarankan mengecek popoknya sebelum tidur atau juga bisa mengganti popoknya dengan yang baru saat akan tidur. Dengan begitu popok yang basah atau penuh tidak akan membuat si kecil menangis saat tidur di tengah malam.

  • Ingin bergerak

Biasanya ketika ibu akan mengerjakan sesuatu, si kecil biasanya akan ditinggal dalam kamar. Hal ini biasanya membuat si kecil menangis. Si kecil yang berbaring di dalam kamar cukup lama dan sendirian pasti akan merasa bosan. Akhirnya ia akan menangis untuk meluapkan emosinya. Untuk meredakan tangisannya, Anda bisa menggendongnya atau mengajaknya berjalan-jalan.

  • Kesepian

Si kecil biasanya akan lebih sering terjaga di malam hari. Hal ini terkadang membuatnya merasa kesepian sehingga ingin menangis. Si kecil yang menangis berarti sedang membutuhkan perhatian. Biasanya ia akan berhenti menangis ketika mendengar suara ibunya, disentuh ibunya atau ketika melihat wajah sang ibu.

Selain beberapa alasan di atas, bayi yang menangis juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. Namun harus juga diikuti dengan gejala suatu penyakit seperti demam, muntah, lesu, diare, hingga tidak nafsu makan. Jika sudah ada gejala yang menyertainya maka Anda harus lebih waspada atau coba untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tips Bayi Rewel di Malam Hari

Jika si kecil menangis maka Anda perlu mengetahui alasannya. Dengan begitu Anda bisa mencari solusi dari alasan ia menangis. Berikut adalah solusi atau cara untuk mengatasi bayi yang rewel atau menangis di malam hari:

  • Mengganti popoknya

Salah satu alasan bayi lebih sering menangis di malam hari adalah karena ia merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan tersebut bisa karena kondisi popoknya yang basah atau penuh. Oleh karenanya ketika si kecil menangis di malam hari coba untuk mengecek apakah popoknya penuh atau tidak. Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan popok yang baru saat si kecil akan tidur. Dengan begitu di tengah malam ia tidak akan menangis karena popoknya yang penuh atau basah.

  • Memberikan makanan atau ASI

Bayi yang menangis di malam hari biasanya karena si kecil merasa lapar. Tips bayi rewel di malam hari karena lapar adalah dengan memberinya ASI atau MPASI. Si kecil bisa Anda berikan ASI atau MPASI dari bubur bayi organik yang lebih praktis. Berikan ASI atau bubur bayi organik secukupnya saja hanya sampai si kecil merasa kenyang. Setelah itu coba untuk menidurkannya kembali.

  • Memberikan dekapan hangat

Bayi yang menangis biasanya juga karena merasa kesepian atau sendiri. Untuk itu Anda bisa mencoba memberinya dekapan dan belaian yang hangat pada si kecil. Si kecil yang sudah berusia beberapa bulan biasanya juga sudah bisa mengenali suara, wajah hingga aroma dari orang tuanya sendiri. Dengan begitu si kecil akan merasa nyaman dan tidak menangis lagi.

  • Menidurkannya

Walaupun kegiatan bayi mungkin hanya menangis dan makan saja, namun hal tersebut tetap bisa membuatnya lelah. Bayi yang merasa lelah bisa saja sulit untuk tidur. Jika ia sulit tidur maka biasanya akan membuatnya menjadi lebih rewel dan lebih sering menangis.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mencoba menidurkannya. Namun tidak semua bayi bisa tidur dengan mudah. Tips bayi rewel di malam hari susah tidur adalah dengan membuat suasana tidurnya agar lebih nyaman dengan lampu yang remang-remang, sejuk, dan tenang.

  • Menghangatkan perutnya guna mencegah kolik

Banyaknya gas yang tidak bisa keluar di dalam perut pasti akan membuat si kecil merasa tidak nyaman. Akibatnya si kecil akan menangis untuk jangka waktu yang lama. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengoleskan minyak telon pada perut bayi.

Jual Bubur Bayi Organik untuk Bayi Lapar

Salah satu faktor yang membuat bayi sering rewel karena perut mereka merasa lapar, bahkan di saat malam hari. Sehingga mau tidak mau orang tua harus memberi bayi makan bergizi agar bayi tenang dan tidak rewel lagi.

Agar lebih praktis membuat bubur, maka Anda bisa menyiapkan makanan bayi lewat MPASI bubur bayi organik produk ONIC FOOD. Kami menawarkan 14 varian rasa bubur bayi dari bahan organik yang praktis cara membuatnya, enak, bergizi serta halal. Anda bisa dapatkan di 40 outlet kami yang telah tersebar di Indonesia. Gimana? Ini tips bayi rewel di malam hari paling efektif.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp