Blog

Tips Bayi Sehat Dalam Kandungan

Tips Bayi Sehat Dalam Kandungan – Untuk ibu yang sedang hamil, kesehatan bayi adalah hal yang sangat penting. Hal tersebut juga bisa dibuktikan dengan tanda atau pola asuh yang dilakukan sang ibu saat masih hamil. Misalnya seperti menjaga pola makan yang sehat hingga sering berolahraga. Selain itu selalu mengecek kondisi kesehatan janin pada dokter juga menjadi usaha yang sering dilakukan. Namun mengetahui bagaimana sebenarnya kondisi janin yang sehat juga penting. Oleh karena itu berikut adalah beberapa tanda bahwa kondisi janin Anda sehat.

Tips Bayi Sehat Dalam Kandungan

Tanda Bahwa Kondisi Janin Sedang Sehat

  • Kadar hormon

Wanita yang hamil biasanya memiliki perubahan hormon. Penting untuk diketahui bahwa kadar hormon estrogen dan juga progesteron memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan janin Anda. Biasanya perempuan yang hamil akan menghasilkan setidaknya 400mg hormon progresteron. Sedangkan untuk membuat bayi tubuh dengan sehat dibutuhkan hormon estrogen sekitar 1.200gram.

  • Berat badan yang meningkat

Sudah sangat wajar bila berat badan Anda akan meningkat seiring dengan adanya bayi dalam kandungan. Justru harusnya senang karena berarti bayi dalam kondisi yang sehat dalam kandungan. Biasanya pertambahan berat badan yang ideal pada ibu hamil bisa sekitar 13 hingga 15kilogram selama hamil. Jadi tidak perlu takut karena naiknya berat badan yang signifikan. Jika bisa mempertahankan berat badan yang sesuai disarankan dokter maka sudah pasti jika janin tumbuh dengan sehat.

  • Detak jantung yang stabil

Hampir sama dengan manusia umumnya, detak jantung juga bisa mempengaruhi apakah janin dalam keadaan yang sehat atau tidak. Biasanya detak jantung janin sekitar 110 dan 160 denyut atau detak setiap menitnya. Namun untuk mengetahui detak jantung bayi tersebut hanya bisa dilakukan jika Anda dalam usia kehamilan memasuki trimester akhir.

  • Perkembangan perut

Perempuan yang hamil biasanya akan memiliki bentuk atau ukuran perut yang berbeda-beda. Untuk lebih yakinnya Anda bisa bertanya pada dokter kandungan dan menanyakan mengenai ukuran perut demi memastikan kesehatan janin. Itulah mengapa berkonsultasi kepada dokter merupakan hal yang sangat wajar dan penting dilakukan secara rutin.

  • Gerakan bayi akan menurun menjelang kelahiran

Pada usia semester akhir kehamilan, bayi akan mengalami penurunan gerakan. Hal ini merupakan wajar sehingga Anda tidak perlu takut atau khawatir dengan kondisi janin. Akan tetapi Anda perlu waspada jika selama beberapa jam bayi tidak bergerak sama sekali.

  • Masih ada air ketuban

Biasanya ketika Anda melakukan kunjungan rutin pada dokter kandungan, dokter akan melakukan pemeriksaan usg. Dimana pemeriksaan ini berguna untuk membantu mengetahui jumlah air ketuban dalam kandungan. Dalam wanita yang sedang hamil, air ketuban adalah cairan yang penting dimana berguna sebagai pelindung janin hingga membuat janin lebih mudah bergerak di dalam kandungan. Jika air ketuban habis atau pecah hal tersebut akan berbahaya bagi janin dan juga sang ibu karena bisa mengalami infeksi kandungan.

  • Pergerakan janin dalam kandungan

Bayi yang bergerak dalam kandungan merupakan salah satu cara yang sangat umum dilakukan oleh janin untuk berkomunikasi dengan sang ibu. Biasanya gerakan janin akan mulai terasa saat Anda hamil pada usia trimester terakhir. Anda akan mulai merasakan tendangan-tendangan kecil pada perut bagian dalam dari bayi. Untuk jenis, sifat dan intensitas gerakan yang dirasakan biasanya bervariasi. Namun setiap jenis gerakan yang dilakukan oleh bayi bisa menjadi indikasi bahwa bayi menerima oksigen dan nutrisi yang maksimal.

Selain mengetahui tanda jika kandungan dan janin dalam kondisi yang sehat, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara untuk menjaga kesehatan janin.berikut adalah tips atau cara yang bisa Anda lakukan.

 

Tips Bayi Sehat Dalam Kandungan Dengan Mengkonsumsi Hal Berikut

  • Mengonsumsi daging dan ikan yang matang

Jika Anda sering mengonsumsi makanan berupa sushi atau steak setengah matang, maka ketika hamil hal tersebut harus dihindari. Makanan yang tidak dimasak dengan matang terutama daging atau ikan akan lebih berpotensi masih mengandung bakteri. Di mana bakteri tersebut bisa membahayakan kesehatan janin. Selain itu mengonsumsi makanan yang tidak benar-benar matang juga akan membahayakan kondisi kesehatan ibu di mana bisa lebih sering terserang penyakit karena sistem imun yang menurun.

Selain untuk ibu, nantinya jika bayi sudah lahir dan bisa mengonsumsi MPASI, Anda bisa memberikan bubur bayi organik Onic dengan kandungan daging. Hal ini karena lebih aman untuk dikonsumsi.

  • Mengonsumsi makanan yang sehat

Tips bayi sehat dalam kandungan dan sempurna adalah dengan ibu yang harus selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Pola makanan harus diperhatikan dengan baik agar selalu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi bagus. Ada baiknya jika ibu memilih makanan dengan kandungan seperti mineral, nutrisi dan juga vitamin. Jika Anda mengonsumsi makanan yang bergizi maka bayi juga akan tumbuh dan lahir dengan sehat.

  • Menjauhi asap rokok

Jika Anda dalam keadaan hamil dan suka merokok lebih baik hal tersebut dihentikan. Hal ini akan menyebabkan dampak atau efek yang buruk untuk kesehatan si kecil. Bahkan tidak hanya untuk perokok aktif, Anda juga harus menghindari asap rokok. Asap rokok bisa menyebabkan kehamilan yang lebih berisiko. Salah satu masalah yang bisa ditimbulkan seperti janin lebih rentan terkena penyakit pada usia dini. Misalnya seperti penyakit bawaan lahir, jantung hingga bronkitis. Jika suami Anda adalah orang yang perokok maka sebisa mungkin mintalah untuk berhenti. Jika di tempat umum sebisa mungkin juga hindari menghirup asap rokok.

  • Jangan berendam menggunakan air panas

Tips bayi sehat dalam kandungan bumil adalah dengan menghindari berendam dengan air panas. Berendam dengan air panas memang sangat membantu tubuh agar lebih rileks. Akan tetapi khusus untuk ibu hamil, hal ini bisa berbahaya. Berendam dengan air hangat bisa menyebabkan tekanan darah yang turun hingga tubuh mengalami hipertemia. Akibatnya aliran oksigen ke janin bisa terganggu.

  • Membatasi pekerjaan

Tips bayi sehat dalam kandungan dan kuat adalah dengan membatasi pekerjaan berat yang Anda lakukan. Hindari untuk melakukan pekerjaan fisik yang berat di mana akan membuat tubuh Anda lebih cepat lelah. Jika Anda secara berlebihan lelah hal ini bisa menyebabkan kontraksi hingga mengalami keguguran. Jika Anda ibu rumah tangga maka sebisa mungkin hindari pekerjaan yang berat seperti naik turun tangga, mencuci pakaian dengan tangan hingga mengepel menggunakan tangan. Bagi pekerjaan rumah Anda dengan suami agar lebih terasa ringan.

  • Rutin berolahraga

Tips bayi sehat dalam kandungan terakhir adalah selalu berolahraga. Selain memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh ibu, berolahraga juga bisa membantu dalam menjaga kesehatan janin. Namun hindari untuk melakukan olahraga yang terlalu berat. Anda bisa melakukan jenis olahraga yang ringan saja seperti yoga atau jogging santai.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ibu saat sedang hamil agar bayi tetap sehat sejak dalam kandungan.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp