Blog

Tips Bayi Tidur Malam Nyenyak

Tips Bayi Tidur Malam Nyenyak – Bayi yang tidur dalam jangka waktu yang lama biasanya menyebabkan ia tidur dengan berbagai macam posisi, misalnya tidur dengan posisi miring. Akan tetapi ternyata tidur dengan posisi miring pada si kecil tidak baik dilakukan.

Tips Bayi Tidur Malam Nyenyak

Bayi yang masih berusia 4 sampai 7 bulan biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar 12 hingga 14 jam dalam sehari. Hal ini terkadang membuat si kecil harus mengubah posisi tidurnya mulai dari miring, telentang, hingga tengkurap. Namun ada yang menyatakan bahwa bayi yang tidur dengan posisi miring tidak bagus dilakukan. Posisi bayi yang tidur dengan miring biasanya akan berakhir dengan tidur tengkurap. Hal ini menyebabkan bayi s. Kesulititan untuk bernafas. Pada saat tidur dengan posisi miring atau tengkurap, saluran pernafasannya bisa menyempit dimana menyebabkan oksigen sulit untuk masuk dan bergerak. Itulah mengapa bayi bisa saja mengalami sesak nafas.

Bahkan saluran pernafasan yang terhambat juga bisa menyebabkan bayi mengalami sindrom kematian mendadak. Oleh karenanya untuk menghalangi hal tersebut Anda bisa mencoba untuk menidurkan si kecil dengan posisi yang terlentang. Posisi tidur yang paling baik untuk bayi adalah posisi terlentang. Hal selain sistem pernafasannya juga lebih lancar, si kecil juga akan lebih terhindar dari sindrom kematian mendadak.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Bayi Tidur

Untuk bayi yang baru lahir hingga menginjak usia 6 bulan, Anda bisa mengawasinya jangan sampai berguling pada posisi miring. Hindari juga menggunakan kasur yang terlalu empuk karena lebih memudahkan si kecil untuk bergerak. Berikut juga beberapa hal yang bisa Anda perhatikan.

  • Selalu menjaga suhu ruangan atau suhu kamar

Pastikan bayi bisa tertidur dalam kondisi ruangan yang hangat. Hal ini akan membuat si kecil untuk tidur dengan lebih nyenyak. Pada malam hari Anda bisa memakaikan si kecil pakaian yang hangat seperti baju panjang dan juga selimut. Namun jangan pilih pakaian dan selimut yang terlalu tebal. Jika suhu udara pada saat itu sedang tinggi atau panas walaupun di malam hari. Anda tetap bisa menggunakan baju tidur yang panjang namun tipis dan bisa menyerap keringat dengan baik.

  • Tidak meletakkan mainan atau boneka

Tips bayi tidur malam nyenyak dan lelap selanjutnya adalah hindari untuk meletakkan boneka, mainan, selimut atau benda-benda lainnya yang bisa menghalangi si kecil untuk bernafas dengan mudah ketika tidur. Bahkan menggunakan bantalan pada bagian sisi ranjang juga tidak disarankan.

  • Jangan berbagi kasur dengan bayi

Kebanyakan orang indonesia akan selalu berbagi kasur dengan bayi hingga ia dewasa. Padahal hal ini bisa menyebabkan si kecil yang tertindih badan sang ibu. Selain itu bayi yang lebih sering tidur dengan orang tua biasanya di malam hari juga akan lebih sering bangun jika dibandingkan dengan tidur sendirian. Oleh karena itu agar si kecil bisa tidur dengan nyenyak dan tidak mudah bangun, usahan melatih si kecil untuk tidur sendirian.

Bayi yang baru saja lahir biasanya akan tidur sekitar 8 jam di malam hari dan 8-9 jam pada siang hari. Namun bukan berarti si kecil akan tidur dalam jangka waktu tersebut terus-menerus. Biasanya setiap beberapa jam si kecil akan bangun dan tidur kembali. Biasanya ia akan terbangun karena rasa tidak nyaman seperti lapar, popok yang penuh atau keadaan kamar yang membuatnya tidak nyaman.

Tips Bayi Tidur Malam Nyenyak dengan Melakukan Hal Berikut

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat si kecil bisa tidur dengan nyenyak.

  • Mengiringi tidurnya dengan suara yang stabil

Untuk membantu si kecil agar bisa tidur dengan nyenyak, coba iringi dengan suara halus dan stabil. Misalnya menggunakan suara kipas angin atau suara musik instrumental. Selain si kecil bisa tidur dengan lebih nyaman, hal ini juga untuk memudahkannya agar tidak kaget dengan suara keras yang mendadak.

  • Membuat kebiasaan tidur yang nyaman

Tips bayi tidur nyaman nyenyak tanpa terbangun adalah dengan membiasakan tidur dengan nyaman. Lakukan kebiasaan yang bisa membuatnya nyaman sebelum tidur, misalnya dengan mandi dan mengenakan baju tidur yang nyaman. Cara lainnya yang juga bisa dicoba adalah dengan memberikan pijatan secara lembut pada bagian lengan, tungkai atau punggung bayi. Anda bisa mencoba melakukan kegiatan tersebut secara rutin atau konsisten untuk membuat si kecil lebih jarang rewel atau menangis saat akan tidur. Hal ini juga akan memudahkan si kecil untuk membedakan kapan waktunya tidur dan bermain.

  • Memberikan ASI atau makanan secukupnya

Mungkin banyak yang mengira cara untuk menidurkan atau membuat si kecil tidur dengan lebih nyenyak dan lelap adalah dengan memberikan makan atau ASI yang banyak sebelum tidur. Padahal hal ini sangat tidak dianjurkan. Anda tetap bisa memberikan ASI atau bubur bayi organik pada si kecil. Namun berikan sekitar 2 jam sebelum waktu tidurnya. Tujuannya agar si kecil bisa tidur dalam keadaan perut yang sedikit lebih longgar. Tidur dalam kondisi perut yang penuh sudah pastis  akan membuatnya menjadi kurang nyaman. Selain itu hindari untuk memberikan makan atau ASI terlalu banyak. Hanya sampai si kecil merasa kenyang saja.

  • Menggendongnya sebelum tidur

Tips bayi tidur malam nyenyak sampai pagi adalah dengan mencoba menggendongnya sebelum tidur. Anda bisa menggendong bayi saat sudah terlihat mengantuk. Jika ia akan memejamkan mata coba untuk meletakkannya diatas kasur agar ia bisa tidur sendiri. Hindari untuk menggendong bayi hingga tertidur karena hal ini akan menjadi kebiasaan dimana ia hanya akan tidur saat digendong. Selain itu juga akan lebih merepotkan Anda.

  • Ajak lebih aktif pada siang hari

Si kecil yang lebih aktif di siang hari biasanya akan lebih cepat tertidur saat malam hari. Hal ini karena ia sudah merasa kelelahan sehingga bisa tidur dengan lebih cepat dan nyenyak. Anda bisa mencoba untuk mengajaknya bermain, mengobrol atau mengajaknya berjalan-jalan. Dengan begitu si kecil akan lebih mudah tertidur pada malam hari dan tidak akan rewel.

  • Menenangkannya saat menangis

Si kecil yang tiba-tiba bangun pada malam hari dan menangis biasanya karena ia merasa kesepian. Hal ini bisa Anda atasi dengan cara menenangkannya. Hindari untuk langsung menyalakan lampu atau menggendongnya. Hal ini bertujuan agar si kecil tidak terbangun dan lebih sulit ditidurkan lagi. Coba untuk menepuk-tepuk bagian punggungnya sampai ia merasa tenang.

Itulah beberapa tips bayi tidur malam nyenyak yang bisa dicoba saat akan menidurkan si kecil. Agar bayi tidak terbangun karena lapar cobalah memberikan makanan bernutrisi seperti bubur organik Onic.

Bubur Organik buat Bayi

Bubur ini terbuat dari bahan terbaik dan organik sehingga nutrisinya jadi lebih terjamin. Dengan demikian bayi akan tidur nyenyak tanpa terbangun sepanjang malam karena sudah kenyang.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp