Blog

Tips Bayi Tidur Nyenyak di Siang Hari

Tips Bayi Tidur Nyenyak di Siang Hari – Bayi yang baru saja lahir biasanya akan cukup sulit untuk tertidur dengan lelap, terutama di malam hari. Akan tetapi hal ini biasanya sudah tidak terjadi ketika berusia 3 hingga 6 bulan. Bayi dengan usia tersebut sudah memiliki pola tidur yang rutin dan sudah bisa tidur dengan lelap sampai pagi hari. Hal ini dikarenakan pertumbuhan otaknya semakin matang sehingga membentuk pola tidurnya.

Tips Bayi Tidur Nyenyak di Siang Hari

Namun sebelum Anda mengetahui bagaimana cara untuk bisa menidurkan bayi dengan lebih mudah, terlebih dahulu ketahuilah pola tidur yang biasanya ia lakukan. Pada minggu pertama bayi yang baru saja lahir akan memiliki waktu tidur sekitar 18 jam setiap harinya. Namun bukan berarti si kecil tidur selama 18 jam dalam satu waktu. Pada setiap 2 sampai 3 jam si kecil akan bangun untuk minum susu. Itulah mengapa ia kurang bisa mendapatkan tidur dengan kualitas yang bagus selama beberapa bulan. Anda tidak perlu khawatir karena biasanya hanya berjalan beberapa saat saja.

Cara Mengajarkan Membedakan Waktu Siang Dan Malam 

Jika si kecil sudah berusia sekitar 2 minggu, maka salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menidurkan bayi adalah dengan mengajarkannya membedakan waktu siang dan malam. Berikut adalah tips bayi tidur nyenyak di siang hari pola tidur:

  • Lebih banyak bermain, berinteraksi dan berbicara dengan si kecil ketika di siang hari.
  • Mandi dan mengganti pakaian di pagi hari. Tujuannya untuk membantunya membedakan bahwa di pagi hari adalah waktu untuk memulai kegiatan.
  • Membiarkan kondisi terang pada rumah dan kamar.
  • Coba untuk mengajaknya mengobrol atau bernyanyi ketika ia sedang menyusu.
  • Ketika menyusu dan ia mengantuk coba untuk membangunkannya secara perlahan.
  • Biarkan si kecil mendengarkan berbagai macam suara seperti suara Anda beraktivitas atau suara radio.

Sedangkan untuk membedakan waktu malam harinya, Anda bisa mencoba dengan:

  • Mengajaknya berbicara saat ia sedang menyusu.
  • Saat malam hindari untuk memberikan bayi banyak suara bising dan cahaya.
  • Pakaikan baju tidur agar membantu si kecil bahwa sudah memasuki waktu malam hari dan tidur.

Beberapa hal diatas bisa membantu si kecil untuk tau perbedaan siang dan malam hari. Dengan begitu ia juga bisa paham kegiatan apa yang biasanya harus dikerjakan di malam dan siang hari. Sehingga juga akan lebih memudahkan Anda dalam menidurkannya. Seiring dengan berjalannya waktu, mengenalkan perbedaan siang dan malam ini juga akan membantu untuk membuat pola tiduryang baik untuk si kecil.

Tips Bayi Tidur Nyenyak di Siang Hari Perhatikan Pola Berikut

Menerapkan pola tidur yang baik dan juga rutin bisa menjadi hal yang sangat bagus dilakukan guna membantu si kecil lebih mudah tidur. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Mengerti tanda saat bayi lelah

Pada siang hari si kecil mungkin akan lebih aktif bermain atau terjaga. Walaupun hanya berbaring saja, namun si kecil juga bisa merasakan lelah. Tanda jika si kecil merasa lelah biasanya adalah dengan rewel atau menangis. Jika si kecil yang rewel juga bisa menjadi tanda bahwa ia sedang mengantuk atau lapar. Jika jarak waktu dari ia rewel dengan menyusui sangat dekat, berarti bisa saja si kecil mengantuk. Segera tidurkan si kecil saat ia merengek atau rewel. Si kecil yang sudah terlalu lelah akan cukup sulit untuk ditidurkan.

  • Memisahkan kegiatan tidur dengan menyusu

Tips bayi tidur nyenyak di siang hari dengan lelap selanjutnya adalah dengan memisahkan jadwal tidur dengan menyusunya. Ketika si kecil sudah berusia 1 bulan, usahakan agar ia tidak menyusu sambil tidur. Jika sudah menjadi kebiasaan si kecil akan menyusu, tidur dan seterusnya hingga beberapa kali dalam semalam. Beberapa orang tua ada yang memberikan lebih banyak susu formula atau asi agar bayi tidur dengan lama. Akan tetapi hal ini sangat tidak disarankan. Bayi yang akan tidur dengan kondisi perut yang terlalu penuh pastinya akan membuatnya kurang nyaman. Akibatnya si kecil justru sulit untuk tertidur dengan nyaman dan cepat.

  • Jangan membangunkan bayi untuk menyusu jika sudah 2 bulan

Biasanya ada beberapa orang tua yang sangat ingin anaknya memiliki berat tubuh yang gemuk. Akibatnya mereka memaksa si kecil untuk menyusu walaupun harus membangunkannya di tengah malam. Hal ini sangat tidak disarankan. Terutama jika si kecil sudah memasuki usia 2 bulan. Hal ini bertujuan agar si kecil bisa menentukan jadwal tidurnya sendiri. Saat ia lebih banyak untuk menyusu di siang hari, maka Anda sudah tidak perlu lagi membuatnya menyusu dengan sama banyaknya di malam hari. Hal ini juga berlaku jika sudah 6 bulan atau lebih. Anda bisa memberikan bubur bayi organik sekitar 1 atau 2 jam sebelum waktu tidurnya.

Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa Anda lakukan untuk membangunkan si kecil saat waktunya menyusu:

  • Si kecil masih berusia 0 sampai 2 bulan
  • Waktu tidurnya di siang hari lebih banyak daripada malam hari sehingga membuat ia melewatkan waktu untuk menyusu. Hindari untuk membiarkan si kecil yang tidak menyusu dalam waktu 4 jam sama sekali. Jika begitu maka Anda harus membangunkannya di malam hari. Namun memang lebih baik jika menerapkan pola tidur yang sesuai daripada harus selalu membangunkan si kecil saat malam hari.
  • Jika si kecil sudah bisa mengkonsumsi MPASI dari bubur bayi organik, berikan secara secukupnya saja.
  • Membuat siklus tidur malam dan siang hari

Tips bayi tidur nyenyak di siang hari tidak rewel yang juga penting adalah dengan membuat siklus antara tidur siang dan tidur malam. Mulai awal saat akan menidurkan bayi, memberikan perbedaan antara waktu siang dan malam adalah hal yang penting. Siang hari adalah waktunya untuk bermain sedangkan di malam hari adalah waktu untuk tidur dan beristirahat. Untuk itu coba untuk membuat si kecil tetap aktif ketika di siang hari. Caranya bisa dengan selalu menemaninya, mengajaknya berbicara hingga mengajaknya bermain.

Sedangkan untuk di malam hari, Anda bisa mencoba untuk mengurangi banyak waktu bermain. Berikan juga stimulasi bahwa malam hari adalah waktunya untuk beristirahat. Misalnya dengan membuat ruangan kamar yang redup dan nyaman. Selain itu coba untuk menghindari kegiatan yang bisa membuatnya lebih terjaga seperti bermain. Anda juga bisa membantu dengan mengganti popok dan pakaiannya yang bisa menjadi tanda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Bubur Organik Bayi Terbaik

Demikian beberapa tips bayi tidur nyenyak di siang hari yang bisa dilakukan. Jika ingin memberikan MPASI untuk si kecil jangan lupa menggunakan bubur organik Onic. Bubur ini dibuat dengan bahan pilihan sehingga nutrisinya lebih terjamin. Dengan makanan sehat maka bayi akan tidur nyenyak di siang hari.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp