Blog

Tips Bayi Tidur Nyenyak Malam Hari

Tips Bayi Tidur Nyenyak Malam Hari – Kebanyakan ibu sudah pasti akan merasa kelelahan dan kesulitan untuk menidurkan si kecil yang baru lahir. Sering kali sang ibu akan begadang atau terjaga di malam hari karena si kecil yang rewel dan sulit ditidurkan lagi. Ada beberapa alasan yang menyebabkan bayi cukup sulit untuk tertidur dan sering terbangun. Hal ini karena si kecil yang merasa kurang nyaman dan berusaha untuk memastikan keberadaan orang tua.

Tips Bayi Tidur Nyenyak Malam Hari

Untuk bayi yang baru saja lahir dan sering terbangun, hal ini dikarenakan mereka lebih sering lapar di tengah malam. Sedangkan untuk bayi yang sudah dewasa yang sering terbangun biasanya akan lebih mudah diatur pola tidurnya dengan normal.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar si kecil lebih nyenyak tidur.

Tips Bayi Tidur Nyenyak Malam Hari 

  • Beri kesempatan untuk tidur sendiri

Kebanyakan orang luar negeri akan membiarkan si kecil untuk tidur sendiri. Hal ini memang akan membantu Anda agar bisa mengerjakan pekerjaan yang lain. Selain itu Anda juga bisa lebih mudah menidurkannya.

Caranya adalah dengan meletakkan si kecil di kasur saat ia mengantuk dan biarkan hingga tertidur sendiri. Lakukan hal ini hingga menjadi kebiasaan. Hindari untuk selalu memberinya makan atau menggendongnya ketika akan tidur. Hal ini menyebabkan kebiasaan dan sulit untuk dilepaskan.

  • Aturlah waktu bermainnya yang cukup

Memberikan batasan waktu yang tepat untuk si kecil juga bisa menjadi tips bayi tidur nyenyak malam hari tanpa terbangun. Waktu pagi hingga siang hari adalah jamnya untuk melakukan berbagai macam aktivitasnya. Sedangkan di malam hari si kecil harus beristirahat dan tidur sesuai dengan waktu yang Anda tentukan. Hal ini berguna untuk mengajarinya membedakan waktu yang tepat antara siang dan malam hari.

  • Melakukan aktivitas yang berulang sebelum tidur

Untuk membuat si kecil bisa tertidur dengan nyaman dan tidak mudah terbangun di tengah malam adalah dengan membuat suasana yang nyaman sebelum tidur. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara memandikannya terlebih dahulu beberapa jam sebelum tidur, mengenakan baju yang nyaman atau menyanyikan lagu untuknya sebelum tidur.

Rutinitas yang Anda lakukan secara konsisten ini akan membantunya untuk mengetahui bahwa sudah waktunya untuk tidur. Sehingga si kecil juga akan lebih mengerti dan tidak rewel menjelang waktu tidurnya.

  • Mengatur kegiatan tidur yang sederhana dan singkat

Tips bayi tidur nyenyak malam hari dengan lelap selanjutnya adalah dengan mengatur kegiatan sebelum tidurnya. Cara ini bisa Anda lakukan dengan cara membuat setengah atau satu jam sebelumnya dengan waktu tenang. Pada waktu tersebut usahakan tidak ada aktivitas yang bisa membuat si kecil tidak mau tidur. Seperti menonton TV, bermain dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu si kecil untuk lebih rileks dan tidur dengan tenang.

  • Memberikan objek yang membuatnya aman

Jika bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan, maka coba untuk berikan objek yang bisa membuatnya merasa nyaman ketika tertidur. Misalnya seperti selimut atau boneka. Dengan begitu, si kecil akan merasa lebih nyaman dan lebih bisa tidur dengan lelap.

Tips Memberikan MPASI Bayi Sesuai Jadwal yang Tepat

Jika si kecil sudah memasuki usia 6 bulan, maka Anda sudah bisa memberikannya MPASI. MPASI sendiri merupakan makanan pendamping ASI yang bisa Anda berikan pada bayi berumur 6 bulan atau lebih.

MPASI sudah bisa Anda berikan pada si kecil karena pada usia tersebut ia sudah bisa mencerna makanan padat. Selain itu, refleksnya juga sudah bisa berkembang dengan baik pada usia tersebut.

Sistem refleks yang baik tersebut seperti sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik, suka memasukkan tangan ke dalam mulut hingga membuka mulut ketika ada yang menyuapinya.

Namun walaupun si kecil sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi MPASI, ia tetap harus diberikan MPASI dengan cara bertahap. Untuk memberikannya, Anda bisa menggunakan jadwal yang sudah Anda atur dengan berbagai menu MPASI.

  • Jam 6-7 pagi mengonsumsi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi
  • Jam 9-10 pagi mengonsumsi puree bubur bayi organik sekitar 2-3 sendok
  • Jam 12-12.30 mengonsumsi ASI sesuai kebutuhan bayi
  • Jam 2-3 sore mengonsumsi puree buah 2-3 sendok
  • Jam setengah 6 – 8 sore mengonsumsi ASI sesuai kebutuhan bayi
  • Jam 8-9 malam mengonsumsi ASI sesuai kebutuhan bayi

Cara Memberikan MPASI untuk si Kecil

  1. Si kecil yang mau mengonsumsi 1 jenis bubur bayi organik tunggulah selama beberapa hari terlebih dahulu untuk mengenalkannya dengan menu yang lain. Tujuannya untuk melihat apakah si kecil memiliki alergi atau tidak pada menu MPASI-nya.
  2. Jika si kecil menolak MPASI pertamanya, coba untuk menunggu selama beberapa jam atau hari. Setelah itu coba untuk berikan kembali MPASI-nya. Namun jika ia masih tidak mau, Anda tidak perlu cemas karena MPASI bukanlah sumber makanan utamanya dan hanya sebagai pelengkap saja.
  3. Si kecil mungkin menolak MPASI-nya karena rasanya yang kurang enak atau hambar. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mencoba memberikan sedikit saja garam atau gula pada bubur bayi organiknya.
  4. Tips bayi tidur nyenyak malam hari dengan pulas adalah Hindari memberikan MPASI dalam waktu yang dekat dengan jam tidurnya. Hal ini bukan membuatnya tidur dengan lelap dan nyenyak justru sebaliknya. Dikarenakan pada saat tidur si kecil merasa kurang nyaman dengan kondisi perutnya yang terlalu penuh.
  5. MPASI memang bukan makanan utama untuk bayi yang baru 6 bulan. Untuk itu ketika Anda memberikan MPASI pada si kecil coba menambahkan sedikit air ASI juga. Hal ini berguna agar bubur bayi organik tidak terlalu kental dan memudahkan si kecil untuk menelannya.
  6. Jangan gunakan madu atau susu sapi sebagai campuran pada MPASI-nya. Hal ini karena si kecil boleh mengonsumsi kedua makanan tersebut ketika sudah berusia 1 tahun lebih.
  7. Selain menambahkan ASI untuk memudahkannya ketika menelan, Anda juga bisa menggunakan air putih yang Anda suapkan pada si kecil ketika makan. Air putih tersebut akan membantunya agar bisa menelan bubur bayi organik dengan lebih mudah.
  8. Saat ini sudah banyak sekali panduan menu MPASI yang bisa Anda gunakan. Akan tetapi Anda juga perlu waspada atau teliti untuk menggunakan panduan tersebut. Lebih baik jika memastikannya dengan bertanya pada dokter anak.

Jual Bubur Bayi Organik Sehat dan Berkualitas

Bubur Organik ONIC merupakan salah satu produk berkualitas yang menawarkan 14 varian rasa bubur untuk bayi yang sehat, enak dan berkualitas. Di sini kami menyediakan produk yang sudah dijual di sekitar 40 outlet lebih di Indonesia.

Kelebihan bubur kami yaitu:

  • Tanpa pengawet/ MSG
  • Banyak daging dan sayur
  • Tidak mudah berair
  • Harga terjangkau
  • Dijamin enak

Kalau Anda tertarik, maka bisa beli produknya online atau offline dan berikan pada si kecil yang lapar untuk tips bayi tidur nyenyak malam hari.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp