Blog

Tips Biar Bayi Tetap Wangi

Tips Biar Bayi Tetap Wangi – Bayi memang memiliki bau atau wangi yang khas dari bayi. Bahkan bau bayi tersebut banyak disukai banyak orang karena memang baunya yang khas dan harum. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu agar si kecil bisa memiliki harum yang diwangi sepanjang hari.

Tips Biar Bayi Tetap Wangi

Ini Dia Tips Biar Bayi Tetap Wangi Sepanjang Hari

  • Menggunakan sabun bayi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan sabun bayi ketika ia sedang mandi. Gunakan jenis sabun yang menggunakan bahan-bahan alami. Bahan tersebut aman untuk digunakan pada kulit bayi. Biasanya jenis sabun bayi yang memiliki pH yang netral dan sedikit asam.

Gunakan jenis sabun yang melembutkan dan juga melembapkan kulit si kecil. Hindari untuk menggunakan sabun yang mengandung alkali. Alkali tersebut biasanya ada pada jenis sabun mandi yang digunakan untuk orang dewasa atau remaja. Kandungan sabun tersebutlah yang bisa merusak kulit bayi.

  • Mandi dua kali dalam sehari

Tips biar bayi tetap wangi sepanjang hari adalah dengan mandi dua kali dalam sehari. Hal ini sangat penting dilakukan terutama pada saat cuaca yang sedang panas dan hangat. Si kecil akan lebih sering berkeringat sehingga menyebabkan tubuhnya yang lebih lengket.

Tubuh si kecil yang lengket tersebut akan menyebabkan adanya bakteri sehingga menyebabkan kulitnya menjadi infeksi. Untuk mengatasi hal tersebut, mandi dengan dua kali sehari akan sangat perlu dilakukan. Sehingga si kecil juga lebih bersih badannya.

  • Menggunakan baju yang nyaman

Baju atau pakaian yang bagus untuk digunakan bayi adalah pakaian yang tidak terlalu tebal, tidak terlalu kecil atau ketat dan juga tidak terlalu terbuka. Biasanya jenis pakaian yang digunakan adalah dari bahan kain katun.

Kain katun tersebut akan lebih mudah untuk menyerap keringat dan juga lebih dingin. Jika si kecil masih berusia 3 bulan atau kurang, Anda bisa memakaikannya sarung tangan dan kaos kaki. Jika Anda ingin si kecil untuk dibedong, bisa Anda lakukan namun jangan terlalu membungkusnya dengan ketat karena akan menyebabkan si kecil menjadi sulit untuk bergerak.

  • Memberikan bedak untuk si kecil

Tips biar bayi tetap wangi setelah mandi adalah dengan memberikan bedak untuk si kecil setelah ia selesai mandi. Anda bisa memberikan si kecil bedak khusus untuk bayi. Bedak tersebut juga akan membantu agar tubuh si kecil merasa nyaman dan juga sejuk.

Kandungan dalam bedak juga bisa membantu untuk mengurangi keringat sehingga tubuh si kecil tidak akan lengket karena keringat yang berlebih. Anda bisa menggunakan bedak bayi dengan kandungan yang bisa membantu mencegah terjadinya iritasi ringan pada kulit bayi. Kandungan tersebut seperti chamomile.

  • Mengganti popoknya

Cara yang terakhir adalah dengan selalu mengganti popok si kecil setiap 3 sampai 4 jam. Mengganti popoknya setiap 2 atau 3 jam bisa membantu untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dan juga wangi. Hal ini dikarenakan kulitnya yang lembap dan tertutup dengan popok dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan peradangan pada kulitnya.

Selain menggantinya setiap 2 atau 3 jam sekali setelah pipis, penting juga untuk selalu membersihkan bagian pantatnya dan memberikannya bedak setelah ganti popok karna pup.

  • Pemberian nutrisi yang baik

Anda juga harus merawat bayi dari dalam, misalnya dengan pemberian asupan bernutrisi yang baik bagi tubuh bayi serta kulitnya. Contohnya pemberian bubur MPASI dari bahan organik. Kalau Anda tidak sempat membuatnya sendiri, maka Anda bisa memberi produk bubur organik instan yang bebas pengawet dan MSG seperti bubur buatan perusahaan ONIC FOOD. Bubur ini halal, rasanya enak dan memiliki kandungan gizi seimbang yang bagus untuk si kecil.

Jenis Bau Pada Bayi Yang Harus Diwaspadai

Bayi memang dilahirkan dengan aroma yang khas. Namun aroma tersebut akan hilang ketika si kecil sudah berusia enam minggu. Bau bayi yang mulai berbeda tersebut karena bau susu dan juga sabun yang digunakan.

Selain itu makanan yang dikonsumsi si kecil yang sudah berusia 6 bulan atau MPASI juga bisa berpengaruh pada bau si kecil. Tips biar bayi tetap wangi dan segar adalah Anda bisa memberikan si kecil menu MPASI bubur bayi organik dengan kandungan seledri atau bahan makanan yang bisa memberikan bau sedap pada tubuh.

Selain bau wangi yang akan hilang tersebut. Si kecil juga bisa terkena bau yang kurang sedap. Bau yang tidak sedap pada tubuh bayi tersebut bisa menjadi tanda ia terkena masalah medis tertentu. Berikut adalah jenis bau bayi yang tidak normal:

  • Bau kubis

Bau kubis atau kol yang busuk bisa tercium saat si kecil pipis. Hal ini mungkin bisa menjadi penyebab bahwa kadar asam aminonya yang tinggi dalam darah. Hal ini berarti si kecil mengalami kelainan metabolisme bawaan.

Biasanya juga disertai dengan berat badan yang sulit untuk naik, penyakit hati dan masalah neurologis yang mungkin parah. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menjadi masalah.

  • Bau ikan

Jenis bau selanjutnya yang bisa menjadi hal berbahaya untuk si kecil adalah bau ikan. Jika si kecil mengeluarkan bau ikan pada urin dan juga nafasnya, kemungkinan si kecil mengalami sindrom bau ikan. Bau ini juga bisa menjadi pertanda adanya bakteri pada usus yang kurang sehat. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa segera mengonsultasikannya pada dokter.

  • Bau apak

Bau apak yang keluar dari tubuh bayi bisa jadi karena fenilketonuria. Penyakit ini adalah jenis penyakit bawaan yang menyerang metabolisme bayi sehingga si kecil mengeluarkan bau apak. Penyakit ini termasuk dalam penyakit genetik yang termasuk langka dan muncul sejak si kecil lahir.

Namun kondisi ini masih bisa diobati jika masih kecil dengan menggunakan terapi diet. Masalah yang bisa ditimbulkan jika tidak segera ditangani dengan baik adalah kejang, cacat intelektual, gangguan kejiwaan, keterlambatan dalam perkembangan hingga memiliki masalah dalam perilakunya.

  • Nafasnya berbau buah

Hal ini juga sering disebut dengan diabetic ketoacidosis dimana kondisi yang bisa mengancam keselamatan. Penyakit ini merupakan penyakit diabetes atau kadar gula darah yang terlalu tinggi namun tidak segera diobati pada si kecil. anak-anak yang terkena diabetes tipe 1 jika tidak segera diobati akan menyebabkan koma hingga kematian.

  • Bau sirup maple

Bayi yang memiliki bau sirup maple juga bisa menjadi tanda adanya suatu penyakit pada tubuhnya. Gejala yang ditimbulkan seperti sering muntah, nafsu makan yang jelek hingga kejang. Untuk mengatasinya perlu dilakukan diagnosis sejak dini.

Cara untuk membantu si kecil tetap wangi adalah dengan melakukan beberapa tips biar bayi tetap wangi di atas. Cara yang paling mudah dan umum digunakan adalah dengan selalu menjaga kebersihan tubuhnya dan menggunakan bedak.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp