Blog

Tips Makanan Bayi 9 Bulan

Tips Makanan Bayi 9 Bulan – Seiring dengan bertambahnya usia dan juga pertumbuhannya, si kecil membutuhkan banyak jenis gizi atau nutrisi untuk tubuhnya. Untuk itu si kecil yang sudah berusia 9 bulan akan lebih baik bisa mendapatkan makanan yang mengandung berbagai macam gizi atau jenis makanan yang beragam. Berbagai macam variasi bubur bayi organik tersebut sangatlah bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizinya agar bisa tetap tercukupi.

Tips Makanan Bayi 9 Bulan

Anda juga harus selalu sabar dalam memberikan jenis makanan dengan rasa dan tekstur yang baru. Tujuannya agar si kecil bisa terbiasa dengan jenis makanan tersebut dan juga bisa mengingat dengan baik rasanya. Agar bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, maka Anda bisa memberikan beberapa jenis makanan berikut ini.

Jenis Makanan untuk Bayi 9 Bulan

  1. Buah-buahan

Jenis makanan pertama yang bisa Anda gunakan adalah buah-buahan. Anda bisa menggunakan buah dengan tekstur yang lembut untuk lebih memudahkan saat dihancurkan nanti. Selian itu Anda juga bisa memberikannya dalam bentuk finger food atau makanan yang bisa si kecil genggam.

Misalnya menggunakan mangga, jeruk, pisang, melon, pepaya dan lain sebagainya. Sementara jika menggunakan buah dengan tekstur yang lebih keras, Anda bisa mengukusnya terlebih dulu agar teksturnya lebih lembut. Seperti buah pir atau apel. Namun pastikan terlebih dulu untuk mencuci buah-buahan tersebut sebelum diberikan pada si kecil. Selain itu perhatikan juga apakah ada bijinya dan kupas hingga bersih.

  1. Sayuran

Tips makanan bayi 9 bulan penambah berat badan adalah dengan menggunakan makanan yang mengandung sayuran. Namun si kecil yang berusia 9 bulan sudah tidak perlu lagi menggunakan makanan yang terlalu halus. Justru si kecil harusnya sudah mengonsumsi makanan dengan tekstur sedikit lebih kasar.

Anda hanya perlu menghaluskan sayuran tersebut dengan cara disaring atau ditumbuk dengan lebih kasar agar bisa dicerna si kecil. Untuk sayuran, Anda perlu untuk memasaknya terlebih dulu hingga lunak kemudian menumbuknya dan dicampurkan ke dalam bubur atau nasi yang lebih lunak.

Ada berbagai macam jenis sayuran yang bisa Anda gunakan seperti bayam, brokoli, wortel, kembang kol, kacang hijau, wortel, kubis dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan bubur bayi organik dengan tekstur yang lebih kasar dan kandungan sayuran tersebut agar lebih praktis.

  1. Makanan dengan kandungan pati dan karbohidrat

Makanan yang mengandung pati dan juga karbohidrat bisa Anda berikan sebagai menu untuk MPASI si kecil. Ada berbagai macam makanan yang bisa Anda gunakan seperti sereal, nasi, kentang, ubi jalar, pasta, roti, hingga quinoa. Anda bisa memasak bahan makanan tersebut terlebih dulu hingga lunak kemudian mencampurnya dengan susu formula.

  1. Produk susu

Memberikan si kecil menu MPASI dengan bahan yang berasal dari olahan susu juga bisa Anda gunakan. Berbagai macam produk susu yang sudah dipasteurisasi sudah bisa dikonsumsi si kecil mulai usia 6 bulan.

Salah satu produk olahan yang bisa Anda berikan adalah keju dan yoghurt. Untuk jenis yoghurt yang bisa digunakan antara plain atau full-fat. Susu sapi full-fat bisa Anda campurkan dalam menu MPASI-nya, namun bukan untuk diminum langsung.

  1. Makanan dengan kandungan protein

Makanan yang mengandung protein juga sangat penting untuk diberikan pada si kecil. Anda bisa menggunakan daging merah. Selain itu juga bisa menggunakan berbagai macam sumber protein yang lainnya seperti dari kacang-kacangan, tempe, telur, ikan dan tahu. Coba untuk mencampurkan daging sapi dengan nasi tim untuk hasil yang enak.

Sedangkan untuk penggunaan telur perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan alergi. Pastikan terlebih dulu si kecil tidak memiliki alergi pada telur. Si kecil yang usianya sudah 9 bulan bisa Anda kenalkan pada makanan berupa kuning telur.

Tips Makanan Bayi 9 Bulan

Saat si kecil sudah mulai dengan MPASI-nya, maka sering kali akan muncul berbagai macam permasalahan. Mulai dari si kecil yang rewel hingga memilih makanannya. Untuk itu Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Mengerti tanda saat si kecil kenyang atau lapar

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah Anda perlu tahu dulu tanda saat si kecil merasa kenyang atau lapar. Si kecil yang berusia 9 bulan biasanya sudah bisa menolak makanannya. Jadi Anda juga tidak perlu panik akan hal ini.

Hindari untuk memaksa si kecil saat ia merasa belum lapar. Pada usia tersebut si kecil akan menunjukkan bagaimana saat ia merasa lapar atau kenyang. Misalnya dengan sering memasukkan tangannya ke dalam mulut atau merengek.

  • Hindari memberikan finger food dengan kandungan garam dan gula tinggi

Saat ini memang ada berbagai macam makanan yang beredar di pasar atau supermarket. Untuk itu Anda perlu memilih jenis makanan dengan cermat saat ingin dibeli. Pastikan untuk melihat komposisi dari bahan yang digunakan.

Untuk si kecil yang berusia 9 bulan lebih baik menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula atau garam. Tips makanan bayi 9 bulan cepat gemuk dengan aman adalah menggunakan bubur bayi organik. Dalam bubur organik tidak menggunakan tambahan rasa atau penyedap rasa seperti garam atau gula. Sehingga rasa yang dihasilkan dari bubur tersebut juga masih sangat alami.

  • Mengenalkan berbagai jenis makanan dengan bertahap

Selanjutnya adalah untuk mengenalkan berbagai macam jenis makanan bayi secara bertahap. Si kecil yang sudah berusia 9 bulan memang harus mengonsumsi berbagai macam makanan untuk mendapatkan nutrisi yang lebih beragam juga. Namun hindari untuk memberikan berbagai macam makanan tersebut secara bersamaan dalam satu hari. Misalnya Anda menggunakan 3 macam jenis bahan MPASI yang berbeda dalam satu hari.

Hal ini harusnya dihindari karena membuat si kecil kesulitan mengingat rasa dari makanan tersebut. Tips makanan bayi 9 bulan MPASI adalah dengan memberikan bubur bayi dengan rasa yang berbeda namun dengan jarak waktu yang cukup lama. Anda bisa menggunakan satu jenis bahan makanan untuk beberapa hari. Hal ini juga bertujuan untuk mengetahui reaksi tubuh si kecil terhadap makanan tersebut.

  • Memperhatikan tekstur dari makanan

Tips makanan bayi 9 bulan yang terakhir adalah memberikan si kecil MPASI dengan tekstur yang halus atau lunak. Jika Anda menggunakan buah-buahan atau sayuran dengan tekstur yang keras maka lebih baik untuk mengukusnya terlebih dulu. Selanjutnya Anda bisa menghaluskannya atau hanya mencincangnya saja.

Namun jika Anda repot menyiapkan MPASI bagi si kecil, Anda dapat memberinya bubur organik dari ONIC. Kelebihan bubur ini yaitu:

  • Bebas pengawet dan MSG
  • Rasanya bervariasi
  • Tidak terlalu encer
  • Banyak daging dan sayurnya
  • Cukup dihangatkan
  • Bernutrisi
  • Terbuat dari bahan alami

Bubur ini mudah didapatkan secara online dan offline, sebab sudah tersedia di berbagai area di seluruh Indonesia. Bubur ONIC dijamin aman, sehat dan halal untuk si kecil yang sedang tumbuh dan berkembang.

[Total: 2   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp