Blog

Tips Makanan Untuk Bayi 9 Bulan

Tips Makanan Untuk Bayi 9 Bulan – Si kecil yang sudah berusia 9 bulan biasanya sudah bisa untuk menggenggam makanannya hingga memasukkan ke dalam mulutnya sendiri. Si kecil sudah mulai memiliki gerakan yang terkoordinasi dengan baik dan juga kemampuannya dalam mengenali tekstur dan rasa makanan sudah semakin berkembang.

Tips Makanan Untuk Bayi 9 Bulan

Untuk itu pemberian MPASI untuk si kecil yang berusia 9 bulan harus berbeda dengan usia sebelumnya. Berikut adalah beberapa tips pemberian MPASI untuk si kecil berdasarkan rasa, tekstur, bahan makanan, hingga porsinya.

Tips Makanan untuk Bayi 9 Bulan yang Sehat

  • Bahan makanan

Pertama adalah mengenai bahan makanan yang Anda gunakan saat membuat MPASI si kecil. sebenarnya berbagai macam bahan makanan sudah bisa digunakan sebagai menu MPASI untuk si kecil yang berusia 9 bulan. Akan tetapi sering kali jenis bahan yang banyak digunakan adalah bayam, wortel, brokoli, keju, telur, pisang, alpukat dan berbagai macam protein hewani.

Anda bisa menggunakan bahan tersebut namun jua dicampurkan dengan bahan yang lainnya. Tujuannya untuk memberikan kebutuhan gizi yang tercukupi dan juga membantu agar si kecil bisa lebih bereksplorasi dengan berbagai macam jenis makanan.

  • Porsi Untuk MPASI 9 bulan

Semakin bertambah usianya maka porsi makannya juga akan lebih bertambah. Selain itu jumlah atau frekuensi pemberian MPASI tersebut juga akan lebih sering sekitar 3 sampai 4 kali.

Hal ini karena kebutuhan kalori si kecil sangat penting untuk terpenuhi sekitar 700 hingga 900 kalori setiap harinya. 400 kalori di antaranya akan didapatkan dari asupan ASI. Untuk ukuran porsinya sendiri bisa sekitar setengah sampai ¾ mangkuk makannya atau sekitar 125 sampai 175 ml. Sedangkan untuk waktu makannya sebaiknya tidak lebih dari setengah jam.

Akan tetapi pemberian porsi makan tersebut tidak selalu berjalan dengan baik. Si kecil bisa saja tidak mood sehingga kurang makan dengan cukup. Oleh karenanya tips makanan untuk bayi 9 bulan penambah berat badan adalah dengan menggunakan porsi yang sedikit dulu. Nantinya saat si kecil menolak Anda bisa membujuknya beberapa waktu lagi.

  • Rasa MPASI 9 bulan

Beberapa ibu mungkin akan bingung apakah si kecil sudah boleh mengonsumsi MPASI dengan tambahan gula atau garam pada makanannya. Menurut IDAI atau Ikatan Dokter Anak Indonesia, hal tersebut sudah boleh dilakukan hanya saja harus sesuai dengan takaran atau tidak boleh secara berlebihan.

Anda bisa mencoba menu MPASI tersebut terlebih dulu. Jika rasanya hambar, Anda bisa menambahkan gula ataupun garam sedikit saja. Hal ini karena sebaiknya memang MPASI memiliki rasa yang alami sehingga si kecil bisa mengenali rasa tersebut.

  • Tekstur MPASI 9 Bulan

Untuk si kecil yang sudah berusia 9 bulan, makanan dengan tekstur yang terlalu halus tidak terlalu diperlukan. Si kecil biasanya sudah mulai tumbuh gigi. Oleh karenanya bahan makanan atau tekstur dari makanan yang Anda berikan tersebut lebih baik jika menggunakan tekstur yang lebih kasar.

Dibandingkan dengan menghaluskannya, lebih baik jika Anda mencincang bahan makanan tersebut atau menyaringnya untuk bisa mendapatkan tekstur yang lebih kasar. Tips makanan untuk bayi 9 bulan MPASI juga adalah memberikan lebih banyak makanan dalam bentuk finger food. Hal tersebut berguna untuk membantu meningkatkan koordinasinya.

Jenis Makanan untuk Menu MPASI Bayi 9 Bulan

Si kecil yang sudah berusia 9 bulan hendaknya sudah bisa mencoba berbagai macam jenis menu MPASI. Hal ini dikarenakan si kecil harusnya membutuhkan berbagai macam asupan nutrisi. Nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan jika memberikan berbagai jenis makanan yang berbeda-beda.

Berikut adalah jenis makanan yang bisa diberikan untuk si kecil yang berusia 9 bulan:

  1. Bubur organik

Bubur organik umumnya dibuat dari bahan-bahan alami berupa sayuran, buah dan daging yang dihaluskan. Bubur ini jelas lebih sehat karena terbuat dari bahan alami yang bebas MSG dan pengawet.

Sekarang ini sudah banyak produk bubur organik yang dikemas praktis dibandingkan harus buat sendiri. Misalnya bubur buatan ONIC FOOD yang tersedia dalam 14 varian rasa enak. Bubur ini banyak daging dan sayuran di dalamnya serta menyehatkan bagi si kecil.

  1. Kacang-kacangan

Dalam kacang-kacangan mengandung cukup banyak zat besi, mineral dan juga protein. Kacang-kacangan tersebut bisa Anda berikan dalam bentuk puree atau bisa mencampurnya dengan bubur bayi organik. Namun pastikan juga jika si kecil tidak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.

  1. Olahan susu

Si kecil yang sudah berusia 9 bulan bisa mengonsumsi produk olahan susu. Namun produk tersebut pastinya juga harus sudah dipasteurisasi. Produk olahan susu yang bisa Anda gunakan seperti yoghurt dan juga keju. Kedua produk tersebut mengandung kalsium yang cukup tinggi dimana bagus untuk membantu pertumbuhan dan juga menjaga kesehatan tulangnya. Keju tersebut bisa Anda gunakan sebagai campuran atau taburan pada MPASI untuk menambah rasa gurih. Sedangkan yoghurt bisa Anda sajikan dengan berbagai macam buah-buahan segar.

  1. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak juga sangat bagus untuk pertumbuhan si kecil. kandungan proteinnya yang banyak bisa berguna untuk membantu perkembangan tubuh si kecil. Anda bisa menggunakan daging ayam atau ikan.

Tips makanan untuk bayi 9 bulan cepat gemuk adalah dengan mencoba mencampurkan daging ikan atau ayam tersebut pada menu MPASI-nya. Pastikan jika daging tersebut bebas dari duri dan juga sudah Anda potong dalam ukuran yang kecil.

  1. Tahu

Menu atau bahan makanan selanjutnya yang juga penting untuk diberikan pada si kecil adalah tahu. Tahu ini walaupun terlihat sederhana, namun memiliki kandungan yang cukup banyak seperti zat besi, protein dan juga lemak sehat hingga seng yang bagus untuk membantu pertumbuhan tubuhnya.

Selain itu tahu juga memiliki tekstur yang lembut dimana akan lebih mudah untuk diolah dan dikonsumsi si kecil. Biasanya tahu tersebut bisa diolah dengan cara dikukus terlebih dulu kemudian dihaluskan dan dicampurkan dengan nasi tim atau bubur bayi organik. Anda juga bisa menambahkan kuah sayur sop atau kaldu untuk memberikan rasa yang gurih.

  1. Sayuran

Sayuran menjadi jenis makanan yang sangat penting diberikan untuk si kecil. Hal ini karena sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan juga nutrisi yang bagus untuk si kecil. Sayuran tersebut bisa Anda cincang kasar untuk memberikan tekstur pada MPASI tersebut.

Selain itu Anda juga bisa memberikan sayuran tersebut dalam bentuk finger food. Pastikan sayuran sudah Anda kukus sehingga teksturnya lebih lunak. Coba untuk menggunakan wortel, buncis, brokoli, bayam dan lain sayuran hijau lainnya.

  1. Roti

Si kecil yang sudah berusia 9 bulan bisa Anda berikan roti sebagai makanannya. Namun pastikan juga jika si kecil tidak memiliki adanya riwayat sakit seperti alergi. Tips makanan untuk bayi 9 bulan adalah dengan memberikan tidak hanya roti saja namun juga dengan keju atau dengan puree sayuran. Kedua menu tersebut bisa berguna sebagai pendamping makannya selain roti saja.

[Total: 2   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp