Blog

Tips Memandikan Bayi 4 Bulan

Tips Memandikan Bayi 4 Bulan – Untuk si kecil, waktu untuk mandi juga bisa berarti waktu untuk melakukan bonding atau membangun hubungan yang baik dengan orang tua. Saat Anda mencoba untuk membersihkan tubuhnya dengan sabun dan busa yang banyak, maka si kecil juga akan merasa senang saat mandi.

Tips Memandikan Bayi 4 Bulan

Hal tersebut pastinya membuat si kecil kegirangan dan bisa saja suka untuk mandi. Namun perlu diketahui bahwa ada juga risiko yang bisa ditimbulkan saat memandikan bayi. Bisa saja si kecil akan jatuh karena terpeleset lantai kamar mandi yang basah. Bahkan bisa saja si kecil juga tenggelam.

Oleh karenanya berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat akan memandikan si kecil agar aman.

Ikuti Petunjuk Dari Tips Memandikan Bayi 4 Bulan Ini

  • Mengecek suhu air

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek mengenai suhu air yang digunak untuk mandi. Bayi yang masih 4 bulan, kulitnya akan lebih sensitif pada suhu dingin atau panas dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh karenanya penting untuk Anda mengecek apakah suhu air yang digunakan untuk mandi sudah tepat atau belum. Pastikan untuk menggunakan air yang tidak terlalu panas atau dingin.

Anda bisa memasukkan air panasnya dulu kemudian berikan air dingin. Jika dirasa terlalu dingin maka tambahkan sedikit air panas. Anda bisa mengukur suhu air untuk mandi tersebut dengan menggunakan siku atau pergelangan tangan. Hal ini karena kedua bagian tubuh tersebut lebih sensitif dibandingkan dengan jari.

  • Jangan meninggalkan si kecil

Tips memandikan bayi 4 bulan dengan aman selanjutnya adalah selalu dampingi si kecil saat mandi. Namun beberapa orang tua mungkin berpikir bahwa tidak apa untuk meninggalkan si kecil hanya satu atau dua menit saja.

Padahal sebisa mungkin untuk jangan meninggalkannya. Si kecil yang masih berusia 4 bulan bisa saja terbentur atau tidak sengaja tenggelam saat Anda tinggalkan. Untuk itu memang lebih baik jika jangan sampai meninggalkannya saat mandi.

Akan lebih baik jika saat si kecil akan mandi, Anda sudah menyiapkan beberapa keperluannya seperti handuk, sabun, sikat gigi, odol, sampo dan lainnya. Hal ini untuk memudahkan Anda agar tidak pergi meninggalkan si kecil untuk mengambilnya.

  • Memasang pengaman

Pada bagian bawah bathtub ataupun kamar mandi sudah pasti akan licin saat mandi. Untuk itu memang sangat penting apabila Anda bisa memasang pengaman untuk si kecil saat ia mandi. Anda bisa menggunakan karpet karet atau alas lainnya yang membuat lantai tidak licin. Hal ini penting karena si kecil pastinya akan banyak bergerak sehingga membuat lantai menjadi lebih licin.

  • Ketinggian air

Ketinggian air juga harus Anda perhatikan saat memandikan si kecil agar aman. Hindari untuk menggunakan air hangat terlalu banyak sampai tubuh bayi tertutupi. Hal ini bisa menyebabkan si kecil yang bisa saja tenggelam. Untuk bayi sebaiknya ketinggian air sampai 5 cm saja atau bisa kurang. Sedangkan untuk balita Anda bisa menggunakan air sampai ketinggian 10 hingga 12 cm.

  • Sabun secukupnya

Mandi dengan banyak sabun memang sangat menyenangkan. Terutama untuk si kecil yang pastinya suka untuk bermain busa. Akan tetapi hal ini patut dihindari. Tips memandikan bayi 4 bulan dengan benar adalah lebih baik Anda menggunakan sabun untuk mandi secukupnya saja.

Hal ini karena sabun atau sampo dengan busa yang terlalu banyak juga bisa masuk ke mata dan telinganya. Selain itu lantai atau bak mandi juga akan menjadi lebih licin. Saat memandikannya juga usahakan untuk selalu memegang tubuhnya karena licin dari sabun.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Memandikan Bayi

Selain beberapa hal di atas, ada juga beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat memandikan si kecil:

  • Suhu air

Sudah dikatakan sebelumnya, bahwa suhu air yang digunakan untuk mandi si kecil harus sesuai atau pas dengan kulitnya yang masih sensitif. Ukuran suhu air yang tepat untuk mandi si kecil adalah sekitar 35 sampai 40 derajat Celsius. Suhu tersebut dirasa tidak terlalu panas atau dingin untuk digunakan mandi si kecil. Anda bisa menggunakan termometer atau bagian siku tangan untuk mengukur suhu air tersebut.

  • Meninggalkan si kecil sendirian

Si kecil yang masih 4 bulan masih perlu didampingi untuk setiap kegiatannya. Hal ini juga berlaku saat ia akan mandi. Jangan pernah Anda meninggalkan si kecil sendirian karena berbahaya untuknya.

Si kecil bisa saja terpeleset, terbentur hingga tenggelam saat Anda tinggalkan. Untuk itu lebih baik tetap temani si kecil untuk mandi. Anda bisa mempersiapkan berbagai macam kebutuhan mandinya sebelum ia mandi untuk mempermudah Anda dalam mengambilnya dan tidak perlu meninggalkannya.

  • Menggunakan sampo dan sabun orang dewasa

Cara dan tips memandikan bayi 4 bulan selanjutnya adalah gunakan sabun dan juga sampo yang khusus untuk bayi. Hindari menggunakan sabun dan sampo untuk orang dewasa. Hal ini dikarenakan bayi masih memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga juga dibutuhkan alat atau perlengkapan mandi yang sesuai untuk jenis kulitnya.

Penggunaan produk sabun dan sampo orang dewasa akan membuat kulitnya menjadi kering hingga mengelupas. Selain itu sampo orang dewasa juga tidak cocok untuk bayi apabila terkena mata. Gunakan sampo dan sabun mandi bayi yang memang dirancang dengan lembut untuk kulitnya yang sensitif.

  • Handuk yang kasar

Selain menggunakan sabun dan sampo yang khusus untuk bayi, handuk yang digunakan untuk mengeringkan tubuhnya juga harus handuk bayi. Hindari untuk menggunakan handuk biasa yang memiliki tekstur kasar. Hal ini bisa menyebabkan kulit bayi yang iritasi karena terlalu digosok dengan tekstur kasar dari handuk.

Pilihlah jenis handuk yang memiliki permukaan lembut dan juga halus untuk menghindari kulitnya yang iritasi. Selain itu jenis bahan handuk yang menyerap air dengan mudah juga bisa Anda gunakan, sehingga Anda tidak perlu menggosok badan si kecil agar bisa kering.

  • Menggunakan tempat mandi yang licin

Hal yang harusnya dihindari saat memandikan bayi selanjutnya adalah menggunakan tempat yang licin. Memandikan bayi dengan sabun dan sampo memang akan membuat kamar mandi menjadi licin. Hal ini bisa menyebabkan si kecil yang mungkin terpeleset atau genggaman tangan Anda yang terlepas.

Untuk menghindari hal tersebut, tips memandikan bayi 4 bulan menggunakan tempat mandi yang tidak licin. Salah satunya dengan mengakalinya menggunakan alas dari bahan karet. Alas tersebut akan membantu Anda untuk membuat agar lantai tidak terlalu licin saat memandikan si kecil.

Cari MPASI Sehat Dan Enak Dimana?

Anda sudah tidak perlu bingung lagi karena ada produk MPASI berupa bubur organik bayi yang dibuat oleh perusahaan ONIC. Bubur ini menawarkan berbagai kelebihan seperti:

  • Cita rasa yang enak dengan banyak varian rasa yang sudah terbukti disukai bayi
  • Harga yang terjangkau
  • Cara penyiapan yang praktis karena tinggal dipanaskan
  • Banyak daging dan sayurnya
  • Bebas MSG serta pengawet
  • Mudah ditemukan di 40 outlets di seluruh Indonesia

Itulah sebabnya jangan ragu memberikan asupan bernutrisi dan bergizi seimbang seperti bubur organik ONIC ini.

[Total: 5   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp