Blog

Tips Membawa Bayi 3 Bulan Naik Pesawat

Tips Membawa Bayi 3 Bulan Naik Pesawat – Ada banyak sekali tantangan yang harus Anda hadapi ketika membawa bayi naik pesawat. Apalagi jika usia bayi masih sangat muda, tepatnya 3 bulan.

Tips Membawa Bayi 3 Bulan Naik Pesawat

Selain mempersiapkan perlengkapan bayi dengan seksama. Anda juga wajib memperhatikan hal lainnya bahkan detail paling kecil. Agar perjalanan udara Anda dan bayi berjalan dengan lancar. Simak tips membawa bayi 3 bulan sebelum dan ketika naik pesawat berikut.

Tips Membawa Bayi 3 Bulan Naik Pesawat 

  • Lakukan security checking

Saat berada di depan counter security checking, semua barang Anda akan diperiksa oleh petugas maskapai penerbangan. Ada baiknya, tempatkan perlengkapan bayi di tempat yang gampang dijangkau. Dan gunakanlah botol susu 100 ml agar tidak menyalahi aturan.

Membawa botol susu merupakan keharusan terutama jika perjalanan udara yang Anda lakukan cukup lama. Terkecuali ASI Anda cukup banyak untuk mengakomodasi kebutuhan nutrisi bayi selama perjalanan.

  • Tempatkan bayi duduk dekat jendela

Setiap maskapai penerbangan memiliki pengaturan seat yang berbeda-beda. Ketika memesan tiket pesawat terbang, pastikan pilih kursi di tengah atau dekat jendela. Selain membuat Anda merasa nyaman, kondisi ini juga baik untuk keamanan bayi.

Setidaknya, Anda tidak perlu menyesuaikan badan ketika gerobak makanan lewat atau penumpang lain yang berlalu-lalang. Tidur bayi juga bisa terganggu ketika badan Anda banyak bergerak.

  • Jaga ketenangan bayi

Tips membawa bayi 3 bulan naik pesawat dengan benar hanya bisa dilakukan oleh orang tua yang berpengalaman. Tapi bahkan orang tua berpengalaman pun tidak bisa memprediksi kapan bayi tenang atau rewel bukan?

Menjaga ketenangan bayi bukanlah hal yang mudah. Alih-alih sibuk meminta maaf dan toleransi dari penumpang lainnya. Baiknya, Anda focus terlebih dahulu dengan si kecil. Lakukan berbagai upaya, agar bayi tidak rewel dan menangis lagi.

  • Berhati-hati dengan kuman

Bayi mudah sakit karena tubuhnya masih sangat rentan. Sebelum Anda menyentuh bayi terutama bagian-bagian yang sensitif. Seperti mata, hidung, mulut maupun telinga pastikan tangan sudah steril dan bersih terlebih dahulu.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu khawatir bayi menginjak lantai toilet pesawat yang kotor. Mengingat usianya masih 3 bulan sehingga belum lancar berjalan. Hindarkan juga kontak langsung antara bayi dengan penumpang lain yang sedang sakit.

Jika memungkinkan, berangkatlah bersama pasangan atau keluarga. Sehingga Anda bisa menitipkan bayi saat butuh ke toilet. Bagaimana pun juga, meminta bantuan pramugari bukanlah tindakan bijaksana. Karena mereka pun memiliki tugas dan perannya masing-masing.

  • Perhatikan tekanan udara

Tips membawa bayi 3 bulan naik pesawat dengan aman adalah memperhatikan tekanan udara dalam pesawat. Tekanan yang terlalu tinggi membuat telinga bayi merasa tidak nyaman bahkan nyeri.

Baiknya, Anda memberikan bayi ASI beberapa menit setelah pesawat lepas landas. Jangan lupa untuk menyusui bayi kembali 30-45 menit sebelum pesawat mendarat.

Cara ini efektif untuk menghidrasi tubuh bayi sekaligus mengatasi tekanan udara dalam pesawat. Jika memungkinkan, kenakan bayi penutup telinga khusus. Anda bisa membelinya secara daring atau luring.

  • Bawa cadangan ASI botolan

Sulit memberi ASI pada bayi? Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan ASI botolan sebagai cadangan. Bawa ASI botolan dengan jumlah yang mencukupi. Tapi pastikan jika barang bawaan Anda tersebut tidak menyalahi aturan maskapai penerbangan.

  • Pilih stroller yang tepat

Traveling tanpa membawa stroller, bukan tindakan cerdas. Agar Anda tidak kerepotan saat membawa stroller ke pesawat, pilih ukuran yang tepat. Sama seperti botol ASI, Anda bisa membeli stroller bayi secara online maupun offline.

5 Tips Aman Bawa Bayi Sebelum Naik Pesawat

Sebelumnya telah dijelaskan sejumlah tips membawa bayi 3 bulan naik pesawat tidak rewel. Agar hasilnya lebih optimal, pahami pula informasi menarik berikut ini:

  • Booking pesawat jam pagi

Untuk pengalaman naik pesawat terbaik bersama bayi, ada baiknya Anda booking jam penerbangan pagi. Penerbangan pagi risiko delay-nya lebih kecil karena peminatnya masih sangat sedikit.

Anda dan bayi juga bisa terbang dengan nyaman karena penumpang lain lebih banyak memilih untuk beristirahat. Silakan cek harga tiket pesawat penerbangan pagi di situs booking pesawat terbang.

  • Pilih kelas ekonomi

Anda mungkin berpikir naik pesawat kelas bisnis atau eksekutif jauh lebih baik untuk kenyamanan bayi. Tapi faktanya, kelas ekonomi jauh lebih menyenangkan. Mengapa? Karena penumpang kelas ekonomi sudah lebih akrab dengan tangisan bayi.

Otomatis mereka tidak akan terganggu ketika mendengar tangisan bayi Anda. Bahkan merasa maklum dan berempati. Dengan catatan, perjalanan udara yang Anda lakukan tidak terlalu lama.

Khusus untuk penerbangan yang membutuhkan waktu lama, baiknya Anda pilih kelas bisnis atau eksekutif. Supaya Anda dan bayi tidak merasa kelelahan selama perjalanan dan bisa beristirahat dengan lebih nyaman.

  • Pertimbangkan batas usia bayi

Saat memilih salah satu maskapai penerbangan, pastikan Anda sudah memahami ketentuan dan peraturan penerbangan yang mereka tetapkan. Apakah bayi Anda diizinkan untuk terbang atau tidak?

Apakah ada dokumen yang harus dipersiapkan sebagai syarat penerbangan sebagaimana dokumen orang dewasa? Informasi penting seperti ini harus Anda kantongi jauh hari. Agar penerbangan berjalan dengan lancar. Baik Anda dan maskapai penerbangan keduanya sama-sama senang.

  • Packing seefisien mungkin

Berapa hari Anda bepergian bersama bayi? Hitunglah kebutuhan pakaian dan perlengkapan bayi secara seksama. Bawalah perlengkapan yang harus dibawa sementara popok instan bisa Anda beli di tempat tujuan.

Karena usianya masih sangat kecil, bayi 3 bulan tidak membutuhkan camilan atau mainan. Jadi gunakan ukuran yang kosong untuk membawa obat-obatan dan barang penting lainnya.

Jika Anda pergi seorang diri bersama bayi, baiknya bawa satu koper dan satu hand bag. Sehingga Anda tidak kesulitan dan kerepotan membawa barang.

  • Kenakan baju berlapis pada bayi

Suhu di dalam pesawat berbeda dengan suhu di rumah. Alangkah baiknya jika Anda mengenakan baju berlapis pada bayi. Apalagi jika cuaca sedang dingin. Pilih pakaian yang mudah menyerap keringat sehingga bayi bisa tidur dengan nyenyak.

Jangan lupa pula mengenakan kaos kaki dan sarung tangan serta topi kupluk. Cara ini akan menghindarkan bayi dari dinginnya suhu AC.

Bepergian bersama bayi 3 bulan mungkin bukan aktivitas biasa yang dilakukan oleh orang tua. Tapi bila kondisinya benar-benar mendesak, lakukan persiapan dengan matang dan baik.

Ikuti seluruh tips yang telah dijelaskan sebelumnya agar bayi Anda tetap sehat, aman dan nyaman selama terbang. Tips membawa bayi 3 bulan naik pesawat di atas, cocok diaplikasikan saat Anda bepergian seorang diri maupun bersama orang lain.

Jual Bubur Berkualitas untuk MPASI

ONIC bubur adalah produk MPASI yang dibuat dari bahan organik alami yang bebas pengawet dan MSG. Bagi Anda yang tidak ingin repot menyiapkan MPASI saat bepergian ke luar kota bahkan ke luar negeri dapat memberikan bubur ini kepada bayi.

Karena kemasannya praktis dan mudah disiapkan. Bubur organik ONIC dikemas dalam kemasan pouch simpel yang cepat dimasak. Saat ini Anda bisa beli produk bubur organik ini di sekitar 40 outlet seluruh Indonesia atau secara offline.

[Total: 1   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp