Blog

Tips Membawa Bayi 5 Bulan Naik Pesawat

Tips Membawa Bayi 5 Bulan Naik Pesawat – Orang tua pastinya akan selalu mengajak anak untuk bepergian. Salah satunya juga saat bepergian dengan naik pesawat. Namun beberapa orang tua mungkin akan merasa kurang yakin atau khawatir saat membawa si kecil untuk bepergian menggunakan pesawat.

Tips Membawa Bayi 5 Bulan Naik Pesawat

Hal ini karena memang pergi dengan pesawat terkadang tidak bisa senyaman jika menggunakan mobil pribadi. Oleh karenanya berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan saat ingin pergi bersama si kecil naik pesawat.

Cara atau Tips Membawa Bayi 5 Bulan Naik Pesawat

  • Usia bayi yang aman

Sebelum Anda membawa si kecil akankah lebih baik untuk mengetahui umur atau usia berapakah yang aman untuk membawa bayi naik pesawat. Sebenarnya membawa si kecil naik pesawat dibolehkan saja. Hanya saja ada beberapa maskapai yang memiliki peraturan tertentu untuk membawa bayi ke dalam pesawat.

Ada pesawat yang memperbolehkan si kecil untuk naik pesawat dengan usia minimal 2 hari. Ada juga yang minimal 14 hari. Si kecil yang berusia kurang dari 2 minggu biasanya akan lebih rentan untuk terkena penyakit. Jadi sebaiknya hindari membawa bayi yang berusia kurang dari 2 minggu untuk naik pesawat.

Usia yang tepat setidaknya adalah minimal 3 bulan.  Pada usia tersebut daya tahan si kecil akan lebih tinggi sehingga lebih aman untuk bisa naik pesawat. Anda biasanya juga akan dimintai surat keterangan sehat dari dokter yang menyatakan bahwa si kecil dalam keadaan yang baik untuk naik pesawat.

  • Berbagai macam barang yang diperlukan

Saat mengajak si kecil naik pesawat, pastinya Anda perlu membawa berbagai macam perlengkapan khusus milik bayi. Hal ini karena perlengkapan si kecil berbeda dengan milik Anda.

Berikut adalah berbagai macam barang yang bisa Anda bawa:

  • Baju cadangan

Saat Anda memutuskan untuk membawa si kecil bepergian, jangan lupa untuk membawa baju cadangan. Baju cadangan tersebut berbeda dengan baju yang bisa si kecil pakai saat nanti sudah sampai di tempat tujuan.

Baju cadangan tersebut adalah baju yang mudah digunakan dimana berguna untuk mengganti pakaian si kecil saat keadaan darurat. Misalnya seperti terkena susu atau si kecil yang muntah. Letakkan baju cadangan tersebut ditas yang mudah untuk Anda jangkau.

  • Popok

Tips membawa bayi 5 bulan naik pesawat dengan aman selanjutnya adalah dengan selalu membawa popok. Bayi yang berusia 5 bulan biasanya masih memiliki tingkat buang air kecil yang cukup sering. Untuk mengatasi hal tersebut maka Anda perlu mempersiapkan popok yang cukup banyak. Letakkan popok dan juga tisu basah di tempat yang mudah untuk Anda jangkau, misalnya di tas bagian atas.

  • Makanan bayi dan susu

Selanjutnya adalah membawa makanan bayi dan juga susu yang pastinya wajib saat Anda bepergian dengan si kecil. Anda bisa menggunakan susu formula yang sudah diletakkan di dalam botol susu, kemudian untuk air panasnya coba untuk minta pada awak kabin. Hal ini juga berlaku untuk makanan bayi, Anda bisa menggunakan bubur bayi organik yang selanjutnya bisa meminta air panas pada pramugari. Hal ini akan lebih praktis daripada Anda harus membuatnya beku terlebih dahulu dari rumah.

  • Celemek atau nursing apron

Tidak semua bayi suka untuk minum susu formula. Ada juga yang lebih suka meminum ASI secara langsung. Jika memang diharuskan untuk menyusui si kecil, maka lebih baik Anda membawa nursing apron atau celemek. Celemek tersebut digunakan untuk menutupi saat Anda harus menyusui si kecil di tempat umum.

  • Selimut bayi

Hampir semua maskapai penerbangan akan memberikan selimut untuk Anda yang sedang melakukan perjalanan jauh terutama di malam hari. Namun akan berbeda jika Anda membawa si kecil. Anda harus tetap membawa selimut khusus untuk bayi.

Hal ini karena selimut yang diberikan di pesawat sudah pasti berbeda dengan selimut bayi yang lebih halus. Untuk itu guna mencegah agar si kecil tidak iritasi karena menggunakan selimut yang tidak cocok dengan kulitnya, maka lebih baik untuk Anda membawa selimut sendiri.

  • Mainan si kecil

Saat Anda menempuh jarak jauh dan waktu perjalanan yang lama, maka lebih baik usahakan untuk membawa mainan si kecil. Si kecil pastinya akan merasa jenuh dengan waktu perjalanan yang lama.

Hal ini bisa membuatnya rewel sehingga bisa saja mengganggu penumpang yang lainnya. Untuk itu lebih baik jika Anda membawa mainan si kecil untuk mengatasi rasa bosan dan rewelnya.

  • Saat memilih tiket

Tips membawa bayi 5 bulan naik pesawat saat liburan selanjutnya adalah Anda perlu memperhatikan saat akan memesan tiket penerbangan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan seperti berikut:

  • Waktu untuk terbang

Jika Anda pergi dengan tujuan yang dekat atau hanya membutuhkan waktu terbang sekitar beberapa menit atau jam saja, maka lebih baik untuk memilih jadwal di jam siang hari. Hal ini karena di siang hari menjadi jadwalnya si kecil untuk tidur siang.

Dengan begitu, sambil membawa si kecil ia juga bisa tidur di pesawat. Hal ini untuk menghindari si kecil yang rewel. Sedangkan jika jarak penerbangannya cukup jauh, maka pilih jadwal penerbangan malam hari agar si kecil lebih banyak menghabiskan waktu di pesawat dengan tidur.

  • Pilih tempat duduk yang sesuai

Selanjutnya adalah memilih tempat duduk yang sesuai untuk si kecil. Tips membawa bayi 5 bulan naik pesawat traveling adalah memilih tempat duduk yang di sebelah gang atau jalan. Hal ini untuk lebih memudahkan Anda dalam keluar masuk untuk ke toilet atau sekadar berjalan-jalan.

Selain itu jika si kecil sudah besar, maka lebih baik memesan tempat duduk untuknya sendiri daripada Anda harus memangkunya untuk waktu yang lama. Hal ini juga berguna agar si kecil bisa lebih merasa nyaman dan mudah bergerak.

  • Stroller

Saat bepergian dengan bayi memang lebih nyaman jika Anda membawa stroller. Namun pastikan apakah stroller tersebut bisa dibawa masuk ke dalam pesawat atau harus diletakkan di bagasi, karena setiap maskapai memiliki peraturan yang berbeda-beda.

Membawa si kecil untuk bepergian memang cukup merepotkan. Akan tetapi hal tersebut bisa dihindari jika Anda melakukan beberapa tips membawa bayi 5 bulan naik pesawat seperti di atas.

Jual Bubur Organik Berkualitas dan Sehat

Bubur organik ONIC memiliki beberapa kelebihan yang sangat cocok bagi para bunda yang ingin anaknya mendapatkan asupan sehat. Di dalam bubur organik ini terdapat nutrisi dari berbagai bahan alami seperti daging dan sayuran. Selain itu, bubur ini juga mempunyai banyak kelebihan lain seperti:

  • Banyak daging dan sayur
  • Tidak mudah berair
  • Bebas MSG dan pengawet
  • Praktis karena tinggal dihangatkan
  • Rasanya juga lebih enak apalagi tersedia 14 varian rasa

Anda bisa mendapatkan bubur ini secara offline di 40 outlets ONIC yang sudah tersebar di seluruh Indonesia atau secara online.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp