Blog

Tips Membawa Bayi 7 Bulan Naik Pesawat

Tips Membawa Bayi 7 Bulan Naik PesawatTravelling atau melakukan perjalanan udara bersama bayi memiliki tantangan yang sangat besar. Sebagai orang tua yang baik dan bertanggung jawabkan, rencanakan perjalanan Anda dan bayi secara detail.

Tidak terkecuali strategi atau cara membawa bayi 7 bulan naik pesawat dengan nyaman dan aman. Bukan hanya untuk diri Anda sendiri maupun bayi tapi juga untuk penumpang lain yang satu penerbangan dengan Anda.

Tips Membawa Bayi 7 Bulan Naik Pesawat

Tips Membawa Bayi 7 Bulan Naik Pesawat Supaya Tidak Rewel

  1. Sesuaikan jadwal penerbangan dengan kenyamanan bayi

Bayi 7 bulan tidur lebih lama di malam hari. Bila dilihat berdasarkan pada kebutuhan dan kenyamanan bayi. Ada baiknya Anda pesan tiket penerbangan malam hari. Terlepas waktu penerbangan singkat atau panjang. Dengan demikian, bayi akan tertidur dengan nyenyak dan nyaman selama berada di dalam pesawat. Anda juga tidak perlu khawatir bayi rewel atau mengganggu penumpang lainnya.

  1. Gendong bayi di sepanjang lorong pesawat

Tips membawa bayi 7 bulan naik pesawat jarak jauh menjadi perhatian utama seluruh orang tua. Apalagi jika Anda terbiasa travelling atau melakukan perjalanan bisnis beberapa kali dalam satu bulan.

Supaya bayi tidak menangis atau rewel, gendong bayi di sepanjang lorong pesawat. Tapi pastikan terlebih dahulu situasi dan kondisi memungkinkan. Perhatikan pula kenyamanan penumpang lain maupun lalu lintas pramugari dan pramugari.

  1. Pesan tempat duduk ekstra

Membiasakan bayi duduk mandiri di area publik merupakan kebiasaan yang baik. Tidak terkecuali dalam pesawat, tapi sebelum itu perhatikan pula kondisi tempat duduknya. Apakah maskapai penerbangan tersebut memiliki kursi khusus bayi?

Cara ini tidak hanya menjaga kenyamanan bayi tapi juga keamanannya. Karena duduk bersama bayi dan menggunakan satu sabuk pengaman bukanlah pilihan yang tepat. Meski anggaran yang dikeluarkan lebih banyak ketika membeli tempat duduk ekstra. Langkah ini jauh lebih bijaksana jika yang Anda utamakan adalah keamanan dan kenyamanan si kecil.

  1. Beri susu atau MPASI ketika mendarat atau lepas landas

Orang dewasa mungkin tidak merasakan perubahan tekanan udara ketika pesawat mendarat maupun lepas landas. Berbanding terbalik dengan bayi yang bisa merasakannya. Supaya bayi Anda tidak nangis atau rewel berikan susu atau MPASI ketika mendarat maupun lepas landas.

Dengan begitu rasa nyeri yang telinga bayi rasakan akan terbagi dengan menikmati ASI atau MPASI. Meskipun menangis, bayi tidak menghabiskan waktu yang lama bahkan mengeluarkan suara tangisan yang keras.

Anda juga bisa memberikan bayi MPASI berupa bubur organik ONIC. Bubur ini memiliki kandungan yang bergizi dari daging serta sayuran di dalamnya. Karena dikemas praktis, maka menyiapkannya bagi bayi dalam pesawat juga tidak perlu repot.

  1. Kenakan bayi pakaian yang nyaman

Tips membawa bayi 7 bulan naik pesawat pertama kali bukan perkara mudah terlebih jika Anda tidak didampingi oleh orang lain. Maka dari itu, persiapkan segalanya dengan baik termasuk melengkapi bayi dengan pakaian yang nyaman dan hangat. Katun adalah bahan pakaian bayi yang mudah menyerap keringat dan nyaman dikenakan dalam jangka waktu panjang. Jika diperlukan, kenakan pula kaos kaki atau topi pada bayi Anda.

  1. Selimuti bayi selama perjalanan

Udara di dalam pesawat terbang bisa jadi lebih dingin daripada suhu kamar karena AC yang dinyalakan. Agar bayi Anda tidak masuk angin atau kedinginan, berikan selimut pada bayi selama perjalanan. Tapi jangan paksakan mengenakan selimut jika bayi Anda rewel atau tidak menginginkannya. Bisa jadi selimut tersebut justru membuat bayi kepanasan dan berujung menjadi rewel.

  1. Susun perlengkapan bayi dalam satu koper

Tips membawa bayi 7 bulan menggunakan pesawat selanjutnya dengan menyusun perlengkapan secara cermat. Daripada memakai banyak koper, lebih baik tempatkan semua perlengkapan si kecil dalam satu koper yang sama.

Susunlah perlengkapan bayi mulai dari popok, pakaian, obat-obatan, tisu dan sebagainya pada koper tersebut. Sehingga Anda bisa menemukan alat yang dibutuhkan dengan cepat dan praktis. Tidak perlu membuka satu per satu koper yang menghabiskan banyak waktu.

Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Bawa Bayi Naik Pesawat

  • Biaya

Tips membawa bayi 7 bulan naik pesawat travelling agar semuanya berjalan dengan lancar adalah rencanakan anggaran sedetail mungkin. Tidak hanya menghitung biaya naik pesawat saja, tapi berikut biaya hotel, kendaraan dan sebagainya.

Ketika Anda memutuskan menggunakan pesawat daripada kendaraan lainnya. Cek biaya tiket khusus bayi 7 bulan di seluruh maskapai penerbangan. Tapi biasanya, maskapai penerbangan memberikan tiket gratis bagi anak di bawah 2 tahun.

  • Peraturan maskapai penerbangan

Selain memperhatikan secara seksama anggaran tiketnya, perhatikan juga peraturan di setiap maskapai penerbangan. Mengingat tiap maskapai menetapkan peraturan dan kebijakan yang berbeda-beda.

Ketika memilih salah satu maskapai, cek peraturan maskapai penerbangan tersebut secara seksama. Sehingga tidak ada poin yang Anda lewatkan satu pun. Pelajari pula pengaturan tempat duduk pada maskapai tersebut.

Apakah bayi memiliki tempat duduk khusus atau tidak? lebih bijaksana memilih maskapai penerbangan yang menyediakan kursi untuk bayi dan anak-anak.

  • Usia bayi

Sebelum mengajak bayi travelling ke luar kota atau luar negeri dengan pesawat. Alangkah baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan kesehatan bayi ke dokter anak.

Periksakan pula peraturan terbaru untuk bayi 7 bulan yang hendak naik pesawat. Khawatirnya ada peraturan baru yang Anda lewatkan sebelumnya. Normalnya, bayi 7 bulan diizinkan terbang karena sistem kekebalan tubuhnya sudah lebih baik.

Jika masih khawatir dengan kesehatan dan keamanan bayi. Tidak ada ruginya memberikan vaksin sebelum membawa bayi naik pesawat.

  • Datang lebih awal

Mau bepergian sendiri atau bersama bayi, biasakan datang lebih awal ke bandara agar tidak ketinggalan pesawat. Datang lebih awal juga membantu Anda mempersiapkan bayi secara maksimal. Dan menghindari antrean atau desakan panjang ketika naik ke pesawat.

Setelah duduk nyaman di dalam pesawat, ajak bayi bermain sehingga bayi merasa lebih nyaman di lingkungan baru tersebut. Tidak lupa berikan bayi ASI atau MPASI supaya mereka tidak rewel karena terganggu perubahan tekanan udara.

  • Ketika penerbangan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama bayi rewel dan menangis dalam pesawat. Seperti kelaparan, bosan adan tekanan udara berlebih pada telinga. Strategi terbaik mengatasi kondisi ini adalah dengan memahami penyebab bayi menangis atau rewel.

Jika karena bosan, Anda bisa mengajak bayi bermain untuk mengalihkan perhatian mereka. Sementara jika alasannya karena tekanan udara, berikan bayi MPASI atau ASI.

Anda juga bisa memberikan empeng atau mengajak bayi berjalan di sepanjang lorong pesawat. Hindari berdiam diri selama penerbangan apalagi jika waktu penerbangannya panjang.

Pada dasarnya tidak sulit terbang dengan aman dan nyaman bersama bayi 7 bulan. Anda hanya perlu membiasakan diri dan mengetahui tips membawa bayi 7 bulan naik pesawat yang baik dan benar.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp