Blog

Tips Membawa Bayi 9 Bulan Naik Pesawat

Tips Membawa Bayi 9 Bulan Naik Pesawat – Naik pesawat dengan membawa si kecil sebenarnya adalah mode transportasi atau cara yang lebih aman dibandingkan dengan bepergian dengan jalur darat. Namun jika Anda menggunakan kursi bayi. Banyak orang yang mengira bahwa membawa si kecil untuk bepergian dengan pesawat akan membuatnya terkena berbagai macam virus atau bakteri.

Tips Membawa Bayi 9 Bulan Naik Pesawat

Padahal hal ini tidak berpengaruh dengan jenis transportasi yang Anda gunakan. Ancaman infeksi virus atau bakteri bisa terjadi dimana saja bahkan di rumah sekalipun. Untuk itu memang penting melakukan beberapa hal yang penting sebelum atau pada saat Anda membawa si kecil untuk naik pesawat.

Tips Membawa Bayi 9 Bulan Naik Pesawat

  • Memperhatikan usia si kecil

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah perhatikan berapa usia bayi terlebih dahulu saat akan Anda ajak naik pesawat. Hal ini dikarenakan biasanya setiap maskapai memiliki aturannya sendiri mengenai usia minimal yang boleh naik pesawat.

Biasanya ada yang berusia 2 sampai 14 hari setelah lahir sudah boleh untuk naik pesawat. Namun ada juga maskapai yang mengharuskan Anda untuk menyertakan surat kesehatan si kecil yang menyatakan bahwa ia dan juga Anda sehat dan mampu untuk naik pesawat.

  • Perlengkapan si kecil

Tips membawa bayi 9 bulan naik pesawat pertama kali juga dengan memperhatikan perlengkapan yang harus Anda bawa. Berbagai macam perlengkapan yang bisa Anda bawa seperti botol susu, selimut, baju hangat, mainan, popok dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membawa alat makan si kecil.

Anda juga bisa bertanya mengenai bagaimana ketentuan untuk membawa makanan ke dalam pesawat. Biasanya Anda bisa memesan makanan khusus untuk bayi namun lebih baik jika Anda menggunakan bubur bayi organik yang lebih aman dan juga praktis.

  • Pernafasan si kecil

Jumlah atau kadar oksigen yang ada dalam pesawat 30% lebih sedikit daripada yang ada di darat. Jika si kecil memiliki masalah dalam pernafasannya, biasanya dokter akan menyarankan untuk membawa oksigen cadangan.

Akan tetapi jika si kecil lahir dalam keadaan yang prematur dan memiliki gangguan pernafasan maka dokter akan menyarankan untuk menunda terlebih dulu perjalanan Anda tersebut setidaknya sampai si kecil berusia 1 tahun.

  • Memilih bangku depan

Saat hendak memesan tiket Anda bisa menanyakan mengenai apakah maskapai penerbangan tersebut memberikan atau bisa menyediakan ruangan lebih untuk tempat tidur si kecil.

Biasanya maskapai penerbangan akan memperbolehkan Anda untuk duduk di kursi baris depan tanpa perlu menambah biaya lagi. Si kecil yang berusia 9 bulan biasanya sudah bisa Anda berikan kursi sendiri atau bisa juga menggunakan kursi khusus untuk bayi.

  • Tempat tidur bayi atau baby bassinet

Tips membawa bayi 9 bulan naik pesawat dengan aman selanjutnya adalah dengan menggunakan tempat tidur khusus bayi atau baby bassinet. Anda bisa bertanya pada maskapai tersebut apakah bisa menyediakannya. Jika tidak maka Anda perlu untuk membawa stroller atau carrier. Si kecil yang berusia 9 bulan dan bepergian dengan pesawat memang lebih baik jika menggunakan tempat tidur khusus.

  • Memilih jam atau waktu terbang

Jam atau waktu untuk penerbangan juga penting diperhatikan terutama jika Anda membawa bayi. Akan lebih baik memilih jam penerbangan di waktu jam tidur si kecil. Baik dimalam atau siang hari. Jika perjalanan tersebut cukup pendek, maka lebih baik memilih jadwal siang.

Sedangkan jika jaraknya jauh dan membutuhkan waktu yang lama maka lebih baik Anda memilih di jam malam hari. Pemilihan jam tersebut bagus untuk membantu agar si kecil bisa tidur di dalam pesawat sehingga ia tidak rewel.

  • Gunakan tas yang berbeda

Sudah wajar jika membawa si kecil maka memang perlengkapan atau barang yang Anda bawa akan lebih banyak. Hal ini karena kebutuhan dan perlengkapan si kecil berbeda dan tidak bisa sama dengan kebutuhan Anda. Untuk itu lebih baik menyiapkan atau meletakkan barang bawaan si kecil ditas khusus.

Untuk barang yang tidak digunakan secara langsung seperti baju ganti bisa Anda letakkan di koper yang sama dengan Anda. Sedangkan kebutuhan yang penting seperti popok, makanan, susu, botol minum, mainan, selimut dan lainnya lebih baik diletakkan dalam satu tas dan Anda bawa masuk ke dalam pesawat agar lebih mudah.

  • Bawa snack/ MPASI

Anda perlu menyiapkan makanan khusus bagi si kecil karena perut yang lapar bisa membuat bayi rewel selama perjalanan dalam pesawat. Anda dapat membawakan camilan seperti snack bayi ataupun MPASI seperti bubur organik ONIC. Bubur ini dibuat dari bahan alami yang tinggal dihangatkan sebelum dihidangkan jadi amat praktis untuk dibawa ke mana saja.

Anda bisa memberikan MPASI untuk memastikan bayi tidak rewel karena lapar selama dalam pesawat. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkannya sebelum pergi.

Tips Membawa Bayi 9 Bulan Saat di Dalam Pesawat

Pada saat di pesawat Anda juga perlu untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Anda bisa membawa si kecil untuk berjalan-jalan saat sabuk pengaman sudah boleh dilepaskan. Coba gendong dan ajak berjalan di sekitar koridor pesawat. Tujuannya untuk menghilangkan rasa bosan atau takut si kecil dengan suasana yang asing. Sehingga ia juga tidak akan rewel.
  • Menggunakan pembersih tangan. Dimasa pandemi seperti ini sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan dan diri Anda. Hal ini juga berlaku untuk si kecil yang Anda bawa bepergian. Saat Anda hendak menyentuh si kecil selalu gunakan pembersih tangan terlebih dulu. Selain itu juga saat selesai mengganti popoknya atau saat akan menyuapi si kecil, Anda juga harus menggunakan pembersih tangan.
  • Ketika Anda naik pesawat makan akan terjadi tekanan udara di dalamnya. Hal ini akan membuat telinga Anda dan juga si kecil menjadi nyeri. Tips membawa bayi 9 bulan naik pesawat jarak jauh agar si kecil tidak merasa nyeri adalah dengan kondisikan si kecil untuk menyusu. Minum susu dari botol atau menghisap dotnya saat akan lepas landas dan mendarat bisa membantu agar telinganya tidak terlalu nyeri atau sakit.
  • Selain untuk si kecil, penting juga bagi Anda untuk mengonsumsi banyak cairan. Tujuannya agar jumlah ASI Anda tetap meningkat sehingga tetap bisa memberikan susu pada si kecil.
  • Selain selalu menggunakan pembersih tangan, penting juga untuk Anda selalu menghindarkan si kecil pada paparan virus atau bakteri yang bisa mengganggu kesehatannya. Misalnya hindari untuk dekat dengan orang yang batuk atau bersin.

Membawa si kecil untuk bepergian dengan pesawat memang butuh banyak persiapan. Selain itu Anda juga harus lebih repot karena tempat atau keadaan yang ada di pesawat kurang nyaman atau leluasa dimana berbeda jika Anda menggunakan mobil pribadi.

Untuk itu penting untuk memastikan Anda sudah melakukan tips membawa bayi 9 bulan naik pesawat di atas saat memutuskan membawa si kecil naik pesawat.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp