Blog

Tips Memberi Makan Bayi 5 Bulan

Tips Memberi Makan Bayi 5 Bulan – Si kecil yang berusia 5 bulan memang harusnya membutuhkan asupan nutrisi utamanya melalui ASI. Namun ada juga beberapa bayi yang merasa tidak puas sehingga ia membutuhkan tambahan asupan yang lainnya.

Tambahan asupan tersebut melalui susu formula dan juga makanan padat. Asupan nutrisinya bisa berasal dari beberapa sumber. Salah satunya adalah MPASI. Berikut adalah tips atau cara untuk Anda memberikan makan untuk si kecil yang berusia 5 bulan.

Tips Memberi Makan Bayi 5 Bulan

Tips Memberi Makan Bayi 5 bulan Agar Lahap

  • Kebutuhan ASI-nya

Akan lebih baik jika Anda dengan konsisten memberikan ASI pada si kecil yang sedang berusia 5 bulan. Bahkan banyak juga yang menyarankan untuk memberikan ASI eksklusif hingga si kecil berusia 6 bulan.

Pemberian ASI berguna untuk membantu sistem pencernaannya agar lebih bagus. Selain itu sistem pencernaan si kecil pastinya juga masih rentan sehingga ASI adalah jenis sumber energi yang paling bagus digunakan. pada usia tersebut biasanya si kecil akan sangat lapar sehingga menyebabkan ia lebih cepat merasa lapar.

Setiap ibu biasanya bisa menghasilkan jumlah ASI yang berbeda-beda. Hal ini karena memang ada beberapa faktor yang menyebabkan jumlah atau kuantitas dari ASI tersebut. Jika Anda merasa bahwa jumlah ASI yang Anda hasilkan sedikit, maka lebih baik juga menggunakan alternatif lainnya yaitu dengan memberikan susu formula.

Susu formula juga memiliki berbagai macam manfaat yang bagus untuk kesehatan si kecil. Akan tetapi memang lebih baik jika Anda memberinya jenis susu formula yang cocok untuknya. Hal ini dikarenakan ada juga beberapa bayi yang tidak tawar dengan beberapa jenis susu formula tertentu. Anda bisa mengonsultasikannya pada dokter anak ketika pemilihan jenis susu formula.

  • Jadwal untuk minum ASI

Selain pemberian susu formula, pemberian ASI juga harus bisa sesuai dengan jadwal yang baik juga. Berikut adalah beberapa jadwal yang bisa Anda gunakan saat memberikan ASI untuk si kecil:

  • 06.30 pagi:

Pada jam tersebut si kecil akan bangun dan Anda bisa mengusahakannya untuk minum ASI atau susu formula. Anda bisa menggunakan satu sisi payudara selama 5 menit kemudian ganti dengan sisi yang lainnya dengan waktu yang sama. Tujuannya untuk membantu agar jumlah ASI Anda bisa terangsang untuk bertambah banyak.

  • 08.00:

Pada jam tersebut adalah waktu yang bagus untuk si kecil bisa tidur kembali. Pada jam tersebut usahakan agar si kecil bisa tidur dalam keadaan yang tenang dimana setelah mandi dan juga berganti pakaian.

  • 09.00:

Pada jam tersebut usahakan untuk memberikan si kecil ASI lagi. Hal ini karena si kecil pastinya akan merasa lapar setelah bangun tidur. Jika si kecil sudah selesai untuk makan, maka selanjutnya Anda bisa mengajaknya untuk berjalan-jalan.

  • 11.00:

Anda bisa mencoba menidurkan si kecil saat di jam 11 siang ini. Pada saat jam tersebut, si kecil bisa lelah karena seharian bermain.

  • 12.00:

Pada jam tersebut Anda bisa mencoba memberikan si kecil ASI kembali. Tips memberi makan bayi 5 bulan terbaik adalah memberinya makan saat si kecil bangun tidur. Hal ini karena pastinya ia akan merasa lapar setelah makan.

  • 14.00:

Setelah jam 12 siang tersebut, coba tidurkan si kecil kemudian setelah ia bangun berikan ASI kembali.

  • 16.00:

Pada jam tersebut ia sudah bisa untuk minum ASI lagi. Pada saat tersebut coba berikan ASI dengan posisi yang berbeda.

  • 18.30:

Di jam tersebut adalah waktu si kecil untuk minum ASI kembali. Anda juga bisa memberikan susu formula pada si kecil.

  • 21.00:

Pada jam tersebut si kecil akan lapar lagi karena tidur untuk waktu yang lama. Anda bisa memberikannya ASI kembali. Si kecil biasanya akan bangun dan menangis untuk meminta ASI.

  • 01.00:

Pada tengah malam seperti jam tersebut, si kecil akan bangun kembali dan merasa lapar. Anda bisa memberinya ASI kembali.

Fakta Memberikan ASI Untuk Si Kecil Berusia 5 Bulan

  • Sistem pencernaan si kecil yang masih berusia 5 bulan akan lebih baik ketika diberikan makan atau asupan nutrisi berupa ASI dibandingkan dengan susu formula. Hal ini dikarenakan ASI tersebut menyumbangkan antibodi dimana akan dialirkan secara langsung ke sistem pencernaan dalam tubuh.

Manfaat dari adanya antibodi ini adalah sebagai bentuk dari bagian untuk membantu agar si kecil tidak mudah sakit. Selain itu hal tersebut juga berguna untuk melawan infeksi.

  1. Tips memberi makan bayi 5 bulan dengan benar adalah dengan memberikan ASI yang eksklusif sampai setidaknya 6 bulan. Pemberian ASI tersebut bagus untuk membantu mengurangi terjadinya penyakit seperti alergi, penyakit kulit, asma, dan juga menjaga kesehatan usus. Hal ini tentunya sangat baik untuk si kecil yang lahir dengan riwayat keluarga seperti asma atau alergi.
  2. Pada usia 5 bulan, Anda sudah bisa mencoba memberikan makanan semi padat. Makanan semi padat tersebut bisa berupa bubur bayi organik. Akan tetapi pastikan jika makanan tersebut benar-benar halus.

Hal ini karena si kecil masih belum bisa menerima makanan padat dengan kondisi sistem pencernaannya yang masih baru atau masih belum benar-benar baik atau sempurna.

  • Pemberian ASI untuk bayi dengan usia 5 bulan sebaiknya dilakukan secara rutin. Setidaknya 6 hingga 8 kali dalam satu hari. Sedangkan waktunya untuk menyusui bisa Anda lakukan setidaknya selama 5 sampai 10 menit.

Pemberian ASI yang cukup banyak ini akan membantu si kecil agar tidak kekurangan cairan. Tips memberi makan bayi 5 bulan pola makan adalah dengan usahakan juga untuk bisa memberikan atau menyusui si kecil secara bergantian.

  1. Biasanya jika si kecil sudah diberikan makanan padat, maka ia akan lebih cepat bosan atau malas untuk minum ASI. Oleh karena itu lebih baik memang berikan si kecil makanan padat saat sudah masuk usianya yaitu 6 bulan.

Cara untuk memberi makan si kecil dengan usia 5 bulan harus dilakukan dengan cara dan juga pola yang benar. Hal ini untuk membantunya bisa mendapatkan energi dan juga kebutuhan nutrisi yang seimbang.

Tips Memberikan Asupan Pada Bayi Dengan MPASI Bubur

Untuk tips memberi makan bayi 5 bulan yang lain jika memang sudah siap dengan MPASI, maka Anda dapat memberikan mereka bubur organik. Kenapa?

Bubur Bayi Organik di Indonesia

  • Karena bubur organik terbuat dari bahan alami sehingga aman bagi bayi
  • Pilih bubur organik yang juga bebas MSG dan pengawet
  • Bubur organik lebih bernutrisi seimbang bagi bayi
  • Mudah dibuat dan rasanya enak

Semua itu bisa Anda dapatkan dari bubur organik ONIC yang menawarkan cita rasa 14 varian berbeda. Semua dikemas secara praktis dan hanya tinggal dihangatkan saja untuk diberikan pada si kecil. Bubur ini juga tidak terlalu cair, banyak daging dan sayur serta harganya terjangkau.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp