Blog

Tips Menaikkan Berat Badan Bayi 4 Bulan

Tips Menaikkan Berat Badan Bayi 4 Bulan – Terkadang yang bisa menjadi permasalahan adalah mengenai bagaimana cara untuk bisa menaikkan berat badan si kecil. Terutama dengan semakin bertambahnya usia membuat berat badan si kecil tidak mudah untuk naik seperti baru lahir.

Tips Menaikkan Berat Badan Bayi 4 Bulan

Si kecil yang sudah mulai bertambah usia pastinya membuatnya semakin aktif juga. Si kecil yang aktif membutuhkan banyak tenaga dan juga energi yang terbuang sehingga membuatnya cukup sulit untuk membuat berat badannya naik.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat si kecil bisa naik berat badannya.

5 Tips Menaikkan Berat Badan Bayi 4 Bulan Secara Sehat

  • Memberikan makanan dengan kandungan lemak baik

Si kecil akan membutuhkan banyak energi untuk membantunya agar bisa naik berat badan. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberinya makanan dengan kandungan lemak.

Lemak sendiri dibagi menjadi dua macam, lemak yang baik untuk tubuh dan lemak yang tidak baik untuk tubuh. Makanan dengan kandungan lemak tersebut akan bagus untuk membantu si kecil agar berat badannya bisa naik. Ada berbagai macam makanan yang bisa Anda gunakan seperti keju, alpukat, yougurt dan lain sebagainya.

  • Tetap menyusui

Si kecil yang berusia 4 bulan kebanyakan sumber nutrisi dan juga gizinya berasal dari ASI. Oleh karenanya untuk menjaga dan menambah berat badan si kecil Anda harus tetap menyusuinya dengan rutin.

Terutama untuk si kecil yang masih memasuki masa adaptasi dengan makanan padat. ASI menjadi salah satu sumber tenaga dan juga nutrisinya. Bahkan banyak yang menyarankan untuk memberikan ASI pada si kecil sejak bayi hingga si kecil berusia 2 tahun.

  • Menambahkan oat dalam menu makannya

Tips menaikkan berat badan bayi 4 bulan effektif selanjutnya adalah dengan mencoba memberinya oat dalam menu makannya. Oat menjadi salah satu makanan yang banyak disarankan oleh para dokter untuk menambah berat badannya. Oat memiliki kandungan yang membuat makanan ini menjadi lebih rendah lemak jenuh dan juga kolesterol.

Kandungan dalam out berupa mineral juga termasuk gizi atau nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh si kecil saat masih dalam masa pertumbuhan. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan kandungan oat atau mencoba menambahkan sendiri kandungan oat tersebut.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun ternyata juga bagus untuk membantu menambah berat badan si kecil. Untuk menggunakan minyak zaitun pada makanan si kecil, Anda bisa menambahkannya saat memasak makanannya.

Namun hindari untuk menggunakannya terlalu banyak karena bisa merusak cita rasa dari makanan dan juga tekstur makanan si kecil. Jadi tips menaikkan berat badan bayi 4 bulan ideal adalah dengan mencoba memberinya minyak zaitun sebagai campuran makannya.

  • Hindari terlalu banyak memberikan camilan

Beberapa orang tua mungkin akan berpikir untuk memberikan si kecil banyak camilan saat ingin menaikkan berat badannya. Padahal hal ini bukanlah cara yang benar. Hal ini karena si kecil yang terlalu banyak ngemil juga akan membuatnya menjadi sulit atau tidak mau untuk minum ASI.

Anda tetap bisa memberinya  camilan, hanya saja coba untuk membatasinya menjadi satu kali saja dalam sehari. Hal ini untuk membantunya agar si kecil tetap mau minum ASI. Selain itu gunakan jenis camilan yang baik dimana mengandung nutrisi dan juga lemak baik.

Faktor Penyebab Kenaikan Berat Badan si Kecil

Memberikan makanan yang banyak bukanlah satu-satunya cara agar si kecil bisa naik berat badannya. Berat badan si kecil ternyata juga bisa naik karena ada beberapa faktor penyebabnya.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan berat badannya bisa naik:

  • Masa kehamilan

Masa kehamilan sang ibu ternyata juga menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi berat badan si kecil. Si kecil yang lahir secara prematur biasanya akan memiliki berat badan yang lebih kecil dibandingkan dengan bayi yang lahir dengan normal.

  • Genetik

Faktor genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa si kecil berat badannya susah untuk naik. Ukuran tubuh ibu dan ayah sebelum si kecil lahir akan memengaruhi pertumbuhan berat badan dan juga tingginya saat lahir.

Untuk itu Anda tidak perlu terlalu khawatir saat si kecil sulit untuk naik berat badannya. Bisa saja hal tersebut karena dipengaruhi oleh faktor genetik dari orang tuanya.

  • Asupan nutrisi saat hamil

Asupan nutrisi yang dikonsumsi sang ibu saat hamil juga bisa memengaruhi berat badan si kecil saat sudah lahir. Pola makan ibu yang sehat dan teratur saat masih hamil akan membantu untuk tumbuh kembang si kecil di dalam kandungan hingga lahirnya. Untuk itu tips menaikkan berat badan bayi 4 bulan gemuk juga bisa berasal dari bagaimana cara Anda untuk menjaga pola makan dengan baik dan sehat.

  • Kondisi kesehatan ibu saat hamil

Ibu yang sehat saat hamil pastinya juga bisa membuat si kecil tumbuh dan lahir dengan sehat pula. Hal ini juga berlaku sebaliknya dimana jika Anda mengalami beberapa masalah kesehatan saat hamil seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Beberapa jenis penyakit tersebut juga bisa memengaruhi kesehatan si kecil dalam hal ini adalah berat badannya saat lahir nanti.

  • Gaya hidup saat hamil

Menjadi hal yang wajar apabila orang yang sedang hamil tidak boleh mengonsumsi alkohol atau merokok. Hal ini memang akan berpengaruh pada kesehatan si kecil dimana tumbuh kembangnya nanti saat lahir menjadi terhambat. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda juga mengatur gaya hidup saat hamil.

  • Urutan kelahiran

Beberapa orang mungkin menyadari bahwa berat badan anak pertama akan lebih sedikit daripada berat badan anak kedua dan selanjutnya. Hal ini memang urutan kelahiran anak juga bisa menjadi faktor penyebab mengapa si kecil memiliki berat badan yang sedikit. Jadi untuk Anda yang memiliki anak pertama, berat badan yang lebih kecil adalah wajar dan tidak perlu terlalu khawatir.

Si kecil yang memiliki berat badan ideal atau gemuk sesuai dengan usianya pastinya menjadi hal yang membahagiakan untuk orang tua. Untuk membantu menaikkan berat badannya yang sesuai dengan usianya, Anda bisa melakukan beberapa tips menaikkan berat badan bayi 4 bulan di atas pada si kecil.

Bubur Bayi Organik Terdekat

Selain tips di atas, silakan juga berikan bubur organik berupa MPASI apabila bayi sudah cukup usianya. Anda dapat memberikan produk bubur ONIC yang terkenal di seluruh Indonesia sebagai bubur yang aman karena bebas MSG dan pengawet serta menyehatkan.

Bubur ini dibuat dari bahan alami dan di dalamnya menawarkan sejumlah kandungan nutrisi baik bagi bayi berkat adanya daging dan sayuran. Selain itu, cara menyiapkannya tinggal dipanaskan sehingga sangat praktis.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp