Blog

Tips Mendiamkan Bayi yang Menangis

Tips Mendiamkan Bayi yang Menangis – Bayi dan tangisan memang menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Bayi yang menangis adalah hal yang sangat wajar. Bahkan Anda mungkin perlu waspada jika di kecil jarang menangis. Oleh karena itu jangan terlalu panik ketika si kecil menangis.

Tips Mendiamkan Bayi yang Menangis

Si kecil yang menangis pasti memiliki alasan atau ada sebabnya mengapa ia bisa menangis. Hal tersebutlah yang justru harus Anda ketahui. Namun tidak semua ibu tahu mengenai hal ini. Terutama mungkin bagi Anda baru saja menjadi seorang ibu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bayi bisa menangis.

Alasan Mengapa Bayi Menangis

  • Gelisah

Bayi yang sudah memasuki usia sekitar 7 hingga 8 bulan biasanya akan senang untuk melakukan eksplorasi. Seperti mulai belajar merangkak, mengambil sesuatu dan lain sebagainya. Ketika ia ditidak dekat dengan sang ibu, biasanya ia akan merasa kurang percaya diri dan juga gelisah. Hal inilah yang menyebabkan ia menjadi menangis. Dalam kata lain si kecil akan selalu merasa rewel jika ditinggal oleh sang ibu walaupun hanya sebentar saja.

  • Lapar

Bayi menggunakan cara menangis untuk memberikan tanda bahwa ia membutuhkan sesuatu. Salah satunya saat ia lapar. Si kecil yang sudah semakin bertambah usia akan membutuhkan asupan kalori atau makanan lebih banyak. Hal ini karena kebutuhan untuk gizi dan nutrisinya juga lebih banyak. Menangis adalah cara yang bisa ia lakukan jika sedang merasa lapar dan ingin makan. Jadi ketika si kecil sudah memasuki waktu untuk makan dan rewel, berarti Anda bisa segera memberikannya makan.

Bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas biasanya sudah bisa mengonsumsi MPASI. Tips mendiamkan bayi yang menangis agar tenang adalah dengan memberikannya makan sesuai dengan usianya. Untuk yang sudah mengonsumsi MPASI, Anda bisa menggunakan bubur bayi organik agar lebih cepat dan si kecil tidak perlu menunggu terlalu lama.

  • Ingin sesuatu

Si kecil yang berusia 2 bulan atau lebih dan sering menangis biasanya karena ia menginginkan sesuatu. Seperti ingin digendong, ingin ditemani bermain, ingin mengambil barang, dan lian sebagainya. Untuk itu Anda bisa mencoba menemani si kecil agar tahu apa yang diinginkannya.

  • Merasakan rasa sakit

Menangis juga bisa menjadi salah satu cara untuk si kecil mengatakan bahwa ia sedang merasakan rasa sakit. Misalnya saat ia belajar tengkurap dan salah satu tangannya terjepit oleh badannya, maka si kecil akan menangis untuk memberitahu orang-orang di sekitarnya.

Namun biasanya si kecil menangis bukan karena merasakan rasa sakit, tetapi lebih karena ia merasa kaget dengan apa yang dialaminya. Ada juga si kecil menangis karena ingin manja. Seperti ketika ia terbentur sesuatu dan Anda mengelus bagian yang terkena tersebut, maka bisa saja si kecil justru menangis karena memang ingin dimanja.

  • Terlalu lelah

Selain lapar, bayi yang menangis juga bisa menjadi tanda bahwa ia sedang mengantuk atau lelah. Jika si kecil sudah merasa lelah, maka apa pun yang Anda lakukan akan membuatnya menangis. Bahkan si kecil tidak mudah untuk tertidur dan lebih rewel walaupun ia merasa lelah dan mengantuk.

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuatnya tenang terlebih dulu. Coba untuk menghentikan tangisannya dengan menggendongnya, kemudian jika sudah tenang baringkan secara perlahan agar si kecil mulai tertidur.

Cara atau Tips Mendiamkan Bayi yang Menangis

Jika Anda sudah mengetahui beberapa hal yang membuatnya menangis, selanjutnya adalah mencari cara bagaimana agar si kecil tersebut tidak menangis. Si kecil yang terus-terusan menangis juga akan kasihan dan bisa menyebabkan efek yang buruk untuk kesehatannya.

Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi yang menangis:

  • Menggendong di satu sisi

Cara yang pertama adalah dengan menggendong si kecil di satu sisi. Posisi ini bagus karena bisa membantu si kecil untuk merasa nyaman dengan lebih cepat. Hal ini karena gendongan dengan bentuk satu sisi tersebut sama dengan posisi saat ia ada di dalam rahim.

Caranya adalah dengan tengkurapkan si kecil dengan posisi perutnya yang pada bagian lengan Anda, sedangkan untuk kaki dan tangannya menjuntai bebas.

  • Membedongnya

Tips mendiamkan bayi yang menangis dengan efektif selanjutnya adalah dengan membedongnya. Si kecil yang menangis biasanya karena ia merasa tidak atau kurang nyaman. Untuk itu membedong bisa menjadi cara agar si kecil merasa nyaman dan aman. Posisi membedong ini akan membuat si kecil merasa seperti di dalam kandungan yang sempit.

Caranya dengan menggunakan selimut hangat untuk membedongnya. Namun pastikan untuk tidak membedongnya terlalu ketat atau menggunakan banyak lapisan kain karena si kecil akan kesulitan untuk bergerak. Dengan begitu sama saja dengan membuat si kecil jadi lebih mudah untuk menangis lagi.

  • Membisikkan suara yang lembut

Si kecil yang menangis biasanya juga karena merasa resah atau gelisah karena tidak ada yang menemani. Oleh karena itu Anda bisa membuatnya merasakan kehadiran Anda dengan cara mengucapkan suara yang bisa membuatnya tenang. Seperti “shh, shhhh, shh” suara tersebut sama dengan suara yang ada ketika ia masih di dalam rahim, sehingga membantu si kecil lebih nyaman dan tidak menangis lagi.

  • Bersandar di bahu

Selanjutnya adalah dengan menggendong si kecil dengan posisi yang tegak. Dalam hal ini caranya adalah dengan memosisikan kepalanya agar bisa berada di atas bahu Anda. Jangan lupa posisi wajahnya menghadap ke belakang. Sandarkan bagian dada si kecil dengan dada Anda. Kemudian topang leher bagian belakang dengan satu tangan.

Hal ini penting untuk menjaga agar leher dan kepalanya tetap tegak. Terutama untuk si kecil yang masih belum bisa mengangkat lehernya sendiri. sedangkan tangan Anda yang satunya berguna untuk menopang pantat dan juga punggungnya.

  • Mengayunkan

Tips mendiamkan bayi yang menangis dengan cepat memang dengan cara yang hampir sama seperti keadaan saat ia ada di dalam kandungan. Salah satunya dengan mengayunkan tubuhnya kebagian depan dan belakang secara hati-hati dan juga perlahan. Hal ini akan membuatnya merasa tenang dan juga nyaman.

  • Menghisap

Tips mendiamkan bayi yang menangis terakhir adalah dengan memberikan si kecil sesuatu untuk dihisapnya misalnya dengan cara menyusuinya, menggunakan jari Anda atau botolo. Hal tersebut berguna untuk membantunya agar merasa nyaman dan tidak gelisah lagi.

Jual Bubur Organik Terbaik dan Aman

Kami dari bubur organik ONIC menawarkan produk bubur yang halal, aman dan bernutrisi bagi bayi. Kadang bayi rewel dan menangis bisa karena perut mereka yang lapar dan kosong. Karena itu, Anda bisa memberikan mereka asupan bernutrisi seperti bubur organik ONIC.

  • Kemasan bubur organik praktis
  • Cepat dan mudah dibuat
  • Harga terjangkau
  • Mudah dibeli secara online dan offline di 40 outlets seluruh Indonesia
  • Bebas MSG dan pengawet
  • Rasanya dijamin enak bagi bayi

Dengan mengisi perut bayi lewat MPASI yang berkualitas seperti bubur organik, maka tips mendiamkan bayi yang menangis akan lebih efektif.

[Total: 4   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp