Blog

Tips Mengasah Otak Bayi

Tips Mengasah Otak Bayi – Semua orang tua pasti akan bangga ketika memiliki anak yang cerdas. Akan tetapi kecerdasan anak ternyata juga bisa distimulasi atau dirangsang sejak kecil. Sejak dalam kandungan hingga berumur 2 tahun adalah saat yang pas untuk menstimulasi kecerdasan si kecil. Hal ini dikarenakan pada usia 1000 hari otak si kecil bisa berkembang sampai 80% dari kapasitas otak orang dewasa. Berikut adalah beberapa cara untuk menstimulasi kecerdasan si kecil yang bisa dilakukan.

Tips Mengasah Otak Bayi

Tips Mengasah Otak Bayi Dengan Aktivitas Yang Merangsang Kecerdasan

  • Mengajak bayi mengobrol dengan rutin

Berbicara atau mengobrol dengan si kecil memang menjadi hal yang sederhana atau sepele untuk dilakukan. Akan tetapi kegiatan ini ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kecerdasan otaknya. Akan tetapi Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang penting dilakukan. Dalam hal ini adalah jenis dan jumlah kata yang diucapkan, hingga intonasi yang Anda gunakan. Anda bisa berbicara dengan intonasi yang menarik dan berbeda. Tujuannya untuk membantu si kecil lebih mudah meniru.

Selain itu pastikan juga Anda selalu menggunakan kontak mata ketika berbicara dengan anak. Tujuannya untuk membantu mengasah memorinya. Selain itu bagus juga untuk membangun hubungan yang baik antara orang tua dengan anak.

  • Melakukan bonding

Tips mengasah otak bayi sejak dini yang mudah Anda lakukan adalah dengan bonding time. Kegiatan ini berguna untuk menstimulasi kecerdasannya dengan cara kegiatan yang bisa menjalin emosional. Kegiatan sederhana yang bisa Anda lakukan adalah menggantikan popok, menyusui, dan bermain bersama.

Ketika Anda sedang melakukan kegiatan tersebut, jangan lupa untuk juga mengajarkan beberapa hal kecil. Misalnya mengajarkan mengenai nama buah-buahan, hewan dan lain sebagainya.

  • Memberikan mainan yang sesuai dengan usianya

Bermain memang bagus untuk dilakukan si kecil. Terutama jika Anda menggunakan mainan yang bisa mengasah kemapuan motorik dan sensoriknya. Jika si kecil berusia 1 sampai 3 bulan, Anda bisa memberikan mainan yang bisa digenggam dengan mudah dan mengeluarkan bunyi. Pastikan jika bahan dari mainan tersebut adalah bahan yang aman.

Sedangkan jika ia sudah berusia sekitar lebih dari 3 bulan, gunakan mainan yang memiliki variasi tekstur, seperti boneka. Untuk bayi berusia 9 bulan lebih berikan mainan yang memiliki berbagai macam bentuk yang bagus untuk ketangkasan misalnya seperti balok susun atau puzzle.

  • Mengajak anak untuk mengenal sekitar

Mengajak si kecil untuk beraktivitas di lingkungan sekitar juga akan membantunya untuk mengasah kemampuan otaknya agar lebih aktif. Misalnya dengan berjalan-jalan ke taman, mengajaknya berbelanja, hingga pergi ke mall. Tujuannya untuk menstimulasi otaknya dan juga menambah kosakata.

Selain beberapa kegiatan di atas, mengasah otak anak agar cerdas dan juga aktif bergerak juga bisa Anda lakukan sejak si kecil masih ada dalam kandungan. Konsumsi makanan yang mengandung kandungan atau nutrisi tertentu akan memungkinkan si kecil juga mendapatkan asupan nutrisi dari makanan tersebut. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi.

Makanan Untuk Membantu Kemampuan Otak Si Kecil

  • Telur

Tips mengasah otak bayi agar aktif dengan bantuan makanan yang Anda konsumsi adalah telur. Dalam telur mengandung asam amino dan juga kolin yang bagus untuk mendorong perkembangan otak serta membantu meningkatkan memori pada si kecil. Untuk jumlah telur yang bisa Anda konsumsi adalah dua butir telur dalam satu hari agar memenuhi kebutuhan kolinnya.

Selain mengandung kolin dan asam amino, dalam telur juga mengandung zat besi dan protein yang bagus untuk membantu berat badan si kecil agar naik. Dengan begitu si kecil bisa lahir dengan berat badan yang normal atau sesuai.

  • Ikan

Selain ikan pada bubur bayi organik yang bisa Anda berikan pada bayi, mengonsumsi ikan untuk ibu hamil juga penting. Terutama untuk ikan tuna, salmon dan mackerel yang bagus dengan kandungan lemak omega 3nya. Bahkan ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi 2 porsi ikan per minggunya, maka si kecil juga akan memiliki IQ yang tinggi.

  • Blueberry

Buah-buahan seperti tomat, blueberry dan kiwi memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk tubuh Anda. Antioksidan ini juga bagus untuk perkembangan janin. Kandungan dalam buah ini berguna untuk melindungi jaringan pada otak si kecil dan juga membantu untuk meningkatkan perkembangannya.

  • Makanan yang mengandung yodium

Tips mengasah otak bayi agar cerdas dengan makanan yang bisa Anda konsumsi selanjutnya adalah makanan dengan kandungan yodium. Kurangnya konsumsi yodium untuk ibu hamil terlebih lagi pada 12 minggu pertamanya akan membuat IQ anak cenderung kurang. Oleh karenanya Anda bisa mengonsumsi garam beryodium selama hamil. Beberapa bahan makanan lainnya yang juga mengandung yodium adalah telur, ikan laut, tiram dan yogurt.

  • Makanan dengan sumber vitamin D

Vitamin D juga bisa membantu untuk meningkatkan kecerdasan anak. Ada penelitian yang menyatakan bahwa ibu dengan tingkat vitamin D rendah dalam tubuh akan lebih cenderung melahirkan bayi yang kecerdasan otaknya rendah. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D dan mengusahakan agar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Selain itu bahan makanan yang mengandung vitamin D seperti hati, daging sapi, dan telur bisa Anda konsumsi juga.

  • Yogurt

Pada saat Anda sedang hamil, tubuh akan berusaha untuk membentuk sel-sel syaraf pada bayi. Untuk itu Anda membutuhkan asupan protein yang lebih. Yogurt mengandung protein yang bagus untuk tubuh. Selain itu juga ada kalsium yang bagus dalam menjaga kesehatan tulang Anda selama hamil. Anda bisa mengonsumsi yogurt dengan ditambahkan beberapa sereal atau dessert lainnya.

  • Suplemen prenatal dengan asam folat

Selanjutnya adalah mengkonsumsi suplemen dengan kandungan asam folat. Asam folat sangat dibutuhkan untuk ibu yang sedang hamil. Hal ini dikarenakan asam folat bagus untuk membentuk sel otak bayi. Asam folat tersebut bisa Anda temukan pada makanan berupa sayuran hijau seperti brokoli atau bayam.

Selain itu jika kebutuhan asam folat dirasa masih kurang, Anda bisa menggunakan suplemen yang mnegandung asam folat dengan vitamin B12. Namun pastikan Anda sudah bertanya atau berkonsultasi terlebih dahulu agar suplemen yang Anda konsumsi tetap aman bagi bayi.

Demikian adalah artikel mengenai tips mengasah otak bayi dengan melakukan beberapa aktivitas dan juga mengonsumsi makanan yang bisa berpengaruh pada perkembangan si kecil. Untuk membantu bunda menyiapkan makanan bernutrisi dengan mudah kini sudah tersedia bubur organik Onic.

Bubur ini terbuat dari bahan terbaik yang sudah diproses sedemikian rupa sehingga aman dikonsumsi si kecil. Selain itu bubur Onic juga tersedia dalam kemasan yang praktis untuk digunakan sehingga Bunda tidak perlu repot lagi. Nutrisi yang baik akan membantu perkembangan otak bayi dengan baik agar lebih cerdas dan pintar.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp