Blog

Tips Mengatasi Batuk Pada Bayi 5 Bulan

Tips Mengatasi Batuk Pada Bayi 5 Bulan – Pada usia berapa pun, si kecil bisa saja terkena sakit. Salah satunya adalah sakit seperti batuk.  Penyakit seperti ini memang sangat wajar untuk menyerang bayi. Hal ini sering kali membuat orang tua menjadi resah dan juga bingung.

Tips Mengatasi Batuk Pada Bayi 5 Bulan

Si kecil pastinya juga akan sangat rewel karena menyebabkan rasa kurang nyaman di tenggorokannya. Bahkan hal ini sering kali juga membuat si kecil menjadi tidak nafsu makan. Saat ia tidak nafsu makan, maka kebutuhan nutrisinya juga berkurang.

Batuk sendiri yang terjadi pada si kecil ternyata juga bisa disebabkan oleh beberapa hal. Selain itu juga ada berbagai jenis batuk yang bisa menyerang si kecil. Berikut ini adalah beberapa jenis batuk pada si kecil yang penting Anda ketahui.

Jenis-jenis Batuk yang Bisa Terjadi Pada Bayi

  • Batuk croup

Jenis batuk yang pertama yang juga bisa menyerang si kecil adalah batuk croup. Batuk ini terjadi saat adanya infeksi pada bagian laring, bronkus, dan trakea yang merupakan saluran udara dari paru-paru yang kemudian membengkak dan juga iritasi.

Pembengkakan inilah yang menyebabkan si kecil menjadi kesulitan untuk bernafas karena saluran pernafasannya yang menyempit. Akibatnya si kecil akan batuk dan mengeluarkan suara seperti gonggongan.

Batuk jenis ini ternyata juga bisa menyebabkan gejala seperti demam dan juga ingus pada hidung. Jika kondisi batuk dan kesulitan bernafas ini semakin lama, maka akibatnya si kecil bisa saja sesak nafas hingga kulitnya memucat karena kekurangan oksigen.

  • Batuk pada flu

Batuk ini sering kali menyerang saat si kecil merasa tenggorokannya gatal dan juga hidungnya yang mengeluarkan ingus. Jenis batuk ini juga dibagi lagi menjadi 2 yaitu:

  • Batuk kering

Batuk kering umumnya akan disebabkan karena adanya virus flu dan juga alergi. Hal ini menyebabkan terjadinya post-nasal drip dimana akan menyebabkan hidung yang berlendir. Lendir tersebut terlalu banyak sehingga akan jatuh ke belakang tenggorokan dan menyebabkan batuk.

Jenis batuk ini biasanya akan lebih sakit pada bagian dada si kecil. Tips mengatasi batuk pada bayi 5 bulan dengan aman adalah berkonsultasi pada dokter. Dokter nantinya akan memberikan obat yang cocok agar si kecil bisa cepat sembuh.

  • Batuk pneumonia

Selanjutnya ada jenis batuk yang disebabkan oleh gejala pneumonia. Pneumonia sendiri adalah paru-paru yang meradang dan disebabkan adanya bakteri dan virus. Hal ini membuat paru-paru akan memproduksi dahak atau lendir yang berlebihan.

Gejala jika si kecil mengalami penyakit ini adalah adanya dahak dengan warna hijau dan juga cukup kental. Bahkan jika kondisinya cukup parah si kecil juga bisa batuk sambil mengeluarkan darah. Untuk itu harus segera ditangani secara medis. Biasanya pemberian obatnya akan bergantung pada penyebab dari batuk tersebut.

  • Batuk akibat asma

Asma ternyata juga bisa menyebabkan batuk pada si kecil. Asma adalah penyakit dimana terjadi penyempitan pada saluran udara diakibatkan adanya peradangan. Ada berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan asma menjadi kambuh.

Gejalanya sering kali si kecil yang kesulitan untuk bernafas dengan tarikan pada dadanya. Selain itu ia juga bisa terkena flu. Batuk karena asma ini bisa terjadi di siang hari, namun bisa semakin parah saat dimalam hari terutama dengan suhu yang cukup dingin.

Tips Mengatasi Batuk Pada Bayi 5 Bulan

Si kecil yang batuk pastinya akan cukup merepotkan dan juga membuat orang tua bingung. Hal ini karena bayi membutuhkan perawatan dan juga jenis obat yang berbeda dengan orang dewasa.

Oleh karenanya berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan saat si kecil terkena batuk seperti di atas:

  • Membantu meningkatkan cairan tubuhnya

Pertama adalah membuat agar si kecil tidak kekurangan cairan tubuh dan malah meningkatkannya. Adanya cairan tambahan dalam tubuhnya bisa membantu agar lendir tersebut lebih bisa berkurang sehingga si kecil juga bisa bernafas dengan mudah. Salah satunya yang bisa Anda berikan seperti ASI, jus atau air putih saja.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan bubur bayi organik dengan rasa sup ayam. Pastikan jika susu yang diberikan tersebut hangat. Untuk bayi dengan usia 5 bulan, tips mengatasi batuk pada bayi 5 bulan dengan efektif adalah dengan memberinya ekstra ASI.

  • Menaikkan kepalanya

Si kecil yang terkena batuk akibat flu, biasanya akan kesulitan untuk bernafas. Untuk mengatasi hal tersebut, coba saat ia tidur sedikit berikan tambahan bantal. Hal ini berguna agar posisi kepalanya sedikit lebih tinggi daripada tubuhnya. Tujuannya untuk membantunya agar bisa bernafas dengan lebih lega dan mudah.

  • Waktu istirahat dengan cukup

Semua orang saat sakit harusnya mendapatkan waktu untuk istirahat dengan cukup. Hal ini juga berlaku untuk si kecil yang sakit batuk. Selain itu si kecil yang sakit pastinya juga membuatnya menjadi kurang nafsu makan. Untuk itu usahakan agar si kecil bisa tidur sesuai dengan jadwalnya dan juga tidur dengan nyaman.

Saat ia sakit, Anda bisa menidurkannya dengan cara menggendongnya. Hal ini karena si kecil yang sakit memang akan rewel dan cukup sulit tidur. Cobalah melakukan berbagai cara agar ia bisa tidur, bahkan jika harus menidurkannya sambil menggendongnya.

  • Makanan yang bisa meringankan batuk

Tips mengatasi batuk pada bayi 5 bulan dengan benar adalah memberinya makanan yang bisa membantu agar batuknya berkurang. Untuk bayi dengan usia kurang dari 6 bulan, maka Anda bisa memberinya susu formula atau ASI saja dengan cukup.

Sedangkan jika si kecil sudah bisa mengonsumsi makanan, maka makanan yang hangat dan juga berkuah akan membantu meredakan batuknya. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan rasa ayam kemudian ditambahkan dengan sedikit kaldu ayam sebagai kuahnya. Pastikan juga bahwa bubur tersebut dalam kondisi yang hangat.

  • Memberinya obat demam

Selanjutnya adalah memberinya obat deman jika gejala dari batuk tersebu belum berkurang. Jenis obat yang bisa Anda berikan adalah parasetamol. Namun pastikan jika si kecil sudah berusia 37 minggu dengan berat minimal 4 kg.

Obat berupa ibuprofen juga bisa Anda berikan saat ia berusia lebih dari 3 bulan dan beratnya 5 kg lebih. Jika Anda masih takut untuk pemberian obat sendiri, tips mengatasi batuk pada bayi 5 bulan adalah dengan membawa si kecil ke dokter agar mendapatkan obat yang sesuai.

Jual Bubur Organik Berkualitas

Agar bayi tidak mudah sakit dan tetap sehat, Anda bisa memberinya asupan yang bergizi dan bernutrisi seperti bubur organik. Salah satu produk yang dapat dipercaya dan aman bagi bayi adalah bubur organik ONIC.

Kelebihan bubur ini yaitu:

  • Bebas MSG
  • Bebas pengawet
  • Banyak daging dan sayur
  • Praktis karena tinggal dihangatkan
  • Tidak terlalu cair
  • Harganya terjangkau

Apalagi bubur ONIC tersedia dalam 14 varian rasa yang enak dan pastinya disukai bayi. Anda bisa beli di berbagai outlets ONIC yang tersebat di seluruh Indonesia atau secara online.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp