Blog

Tips Mengatasi Bayi 7 Bulan Susah Makan

Tips Mengatasi Bayi 7 Bulan Susah Makan – Melatih bayi menyukai MPASI termasuk pekerjaan rumah yang sangat berat. Karena sejak usia 0 bulan bayi lebih familier dengan ASI. Meski terasa sulit dan terkadang melelahkan, Anda tidak boleh melewatkan MPASI pada bayi 7 bulan.

MPASI sangat penting untuk tumbuh kembang bayi juga mendukung kesehatannya. Masalahnya, tidak semua orang tua mampu mengaplikasikan wawasan tersebut dengan baik. Jika Anda masih kesulitan menentukan MPASI yang tepat untuk bayi Anda? ikuti sejumlah tips berikut.

Tips Mengatasi Bayi 7 Bulan Susah Makan

Inilah Tips Mengatasi Bayi 7 Bulan Susah Makan

  1. Tidak berikan gadget saat jam makan

Gadget adalah perangkat elektronik terpopuler, hampir semua orang menggunakannya untuk berbagai aktivitas. Mulai dari bekerja, bermain games, berkomunikasi dengan orang banyak dan sebagainya.

Sayangnya, gadget bukan mainan yang tepat bagi bayi 7 bulan terutama untuk teman makan. Memberikan gadget pada bayi hanya akan membuat mereka teralihkan. Kenikmatan MPASI juga akan berkurang sehingga bayi menolak untuk menghabiskan makanan mereka karena sudah tidak menginginkannya.

Meskipun bayi Anda sangat menyukai musik atau menyaksikan kartun dari smartphone. Jangan pernah memberikannya selagi jam makan. Memberikan smartphone selagi jam makan atau bukan memang tidak dibenarkan.

  1. Usahakan makan tidak lebih dari 30 menit

Berapa lama waktu yang bayi Anda butuhkan untuk menghabiskan MPASI mereka? apa itu satu jam atau justru lebih dari itu? Batas waktu makan terbaik bagi bayi 7 bulan selama 30 menit lamanya.

Walau terasa sulit atau bahkan mustahil, Anda harus membiasakan kebiasaan ini sejak dini. Cara ini merupakan solusi terbaik mencegah bayi menolak MPASI. Semakin lama waktu yang dihabiskan semakin tinggi pula persentase bayi menolak makanannya.

Jika kebetulan bayi Anda makan lebih lama dari 30 menit, coba berbagai cara untuk mengurangi waktunya. Selain membantu bayi menghabiskan makan, cara ini juga membantu menghemat waktu Anda. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas rumah tangga dan lainnya.

  1. Jangan alihkan makan dengan susu

Tips mengatasi bayi 7 bulan susah makan MPASI sejauh ini berhubungan dengan kebiasaan atau rutinitas makan.  Agar percobaan Anda memberikan MPASI berhasil, hilangkan kebiasaan memberikan susu ketika anak menolak makanan.

Konsumsi susu berlebihan secara tidak langsung membuat bayi tidak nafsu makan. Setelah MPASI diberikan, susu menjadi asupan pelengkap bukan utama. Nutrisi harian pada bayi 7 bulan akan terpenuhi setelah mereka mengonsumsi MPASI. Tidak cukup dengan konsumsi ASI atau susu formula saja.

Supaya bayi Anda tidak menolak MPASI, berikan makanan tersebut setelah kalian bermain. Tubuh yang lelah membuat bayi merasa lapar sehingga mereka tidak akan menolak MPASI yang Anda berikan.

  1. Hindari makanan keras

Tips terakhir adalah memberikan makanan yang memenuhi kriteria usia bayi. Di usianya yang ketujuh bulan, makanan bertekstur keras bukanlah pilihan terbaik. Alangkah baiknya jika Anda memberikan bubur susu atau makanan bertekstur lembut lainnya.

Makanan keras tidak bisa dikunyah dan cerna dengan baik oleh bayi 7 bulan. Bila dipaksakan, bayi bisa tersedak. Kondisi ini sangat membahayakan kesehatan termasuk sistem pernapasan bayi.

Buatlah MPASI berdasarkan pada resep dokter anak atau ahli gizi. Atau gunakan contoh resep MPASI yang banyak disediakan di internet atau buku resep. Semua resep tersebut dibuat berdasarkan berbagai pertimbangan. Termasuk cakupan porsi maupun nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi 7 bulan.

Faktor yang Mempengaruhi Berat Badan Bayi 7 Bulan

Selain tidak nafsu makan, ada beberapa penyebab lainnya mengapa bayi 7 bulan sulit gemuk. Sayangnya, kondisi ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum. Apa saja penyebabnya? Simak selengkapnya berikut:

  • Kesehatan bayi

Kondisi kesehatan bayi baik saat di dalam kandungan maupun di usianya yang ketujuh bulan dapat mempengaruhi berat badan bayi.  Jika sejak dalam kandungan bayi sudah tidak sehat diikuti dengan tubuh yang sakit-sakitan hingga usia 7 bulan.

Otomatis mereka akan memiliki berat badan yang tidak normal. Kebalikannya jika bayi dilahirkan dalam kondisi sehat dan jarang sakit. Timbangan berat badan mereka akan bergerak ke arah normal.

  • Jenis kelamin

Tips mengatasi bayi 7 bulan susah makan dengan lahap menjadi perhatian utama seluruh ibu di dunia. Faktanya, bayi yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki mengalami pertumbuhan fisik lebih pesat daripada bayi perempuan.

Anda tidak bisa menyamaratakan berat badan bayi laki-laki dengan perempuan. Atau memaksakan bayi perempuan harus memiliki bobot badan yang sama dengan bayi laki-laki.

  • Nutrisi yang diberikan

Bayi 7 bulan yang memperoleh ASI mencukupi serta MPASI memiliki persentase lebih tinggi untuk bertambah berat. Kebalikannya bayi yang tidak mendapatkan MPASI mempunyai bobot tubuh yang relatif kecil.

Supaya nutrisi atau gizi yang masuk ke tubuh bayi mencukupi dan seimbang. Berikan MPASI yang beraneka ragam mulai dari bubur buah hingga campuran daging ayam dengan sayuran. Kandungan nutrisi pada tiap makanan membantu pertumbuhan tulang, gigi, rambut dan sebagainya.

Anda bisa memberikan mereka nutrisi berkualitas seperti MPASI dalam bentuk bubur organik. Misalnya pemberian bubur ONIC yang mengandung banyak daging dan sayur. Selain itu, bubur ini juga aman bagi bayi sebab tidak mengandung bahan pengawet apalagi MSG. Jadi Anda dapat tenang memberikannya pada si kecil.

  • Usia kandungan

Memperoleh tips mengatasi bayi 7 bulan susah makan sampai habis kini bukan lagi hal mustahil. Banyak internet yang menyediakannya, Anda juga bisa mencari tahu dari dokter anak atau ahli gizi.

Tapi pernahkah Anda membayangkan jika usia kandungan bisa mempengaruhi berat badan bayi? Percaya atau tidak, bayi yang dilahirkan di usia 9 bulan memiliki berat badan yang normal. Kebalikan dengan bayi yang dilahirkan prematur, umumnya memiliki berat badan tidak normal.

Meski demikian, bayi prematur masih bisa menambah berat badannya secara signifikan selama Anda memberikan nutrisi mencukupi. Oleh karena itu, berikan MPASI secara rutin dengan porsi yang bayi 7 bulan butuhkan.

  • Kondisi kesehatan dan gizi ibu hamil

Selama ibu hamil mereka tidak hanya membutuhkan perhatian saja tapi juga nutrisi yang mencukupi. Selama tubuh sehat dan gizi terjaga secara otomatis perkembangan janin dalam rahim pun ikut terjaga.

Sehingga, bayi yang terlahir akan berada dalam kondisi normal dan sempurna. Memiliki berat badan yang cukup sesuai timbangan bayi yang baru saja dilahirkan.  Meskipun masa kehamilan Anda sulit disertai dengan morning sickness dan sebagainya. Jangan pernah lupa mengonsumsi makanan setiap harinya.

Memiliki bayi yang sehat dan kuat merupakan idaman setiap orang tua. Berikan nutrisi yang mencukupi dari ASI dan imbangi dengan MPASI. Nutrisi yang dimiliki MPASI jauh lebih banyak dan beragam daripada ASI.

Selama Anda memberikan MPASI yang sesuai dan bervariasi, tubuh bayi akan semakin sehat dan gemuk. Demikianlah tips mengatasi bayi 7 bulan susah makan, semoga bisa membantu Anda.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp