Blog

Tips Menidurkan Bayi 1 Bulan

Tips Menidurkan Bayi 1 Bulan – Malam adalah waktu dimana orang tua harus menidurkan si kecil. namun tidak semua orang tua bisa berhasil untuk menidurkan si kecil dengan mudah. hal ini karena beberapa anak memiliki pola tidur yang berbeda-beda. Bayi yang baru saja lahir biasanya butuh waktu sekitar 16 jam lamanya untuk tidur. Walaupun begitu memang bukan berarti harus selama 16 jam tanpa henti.

Tips Menidurkan Bayi 1 Bulan

Si kecil yang tadi masih belum memiliki pola tidur dengan baik pastinya akan membuat orang tua menjadi bingung. Terlebih saat di malam hari yang cukup melelahkan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat si kecil lebih mudah tidur dengan nyenyak.

Cara atau Tips Menidurkan Bayi 1 Bulan

  • Memijatnya

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan pijatan pada tubuh si kecil sebelum tidur. Anda bisa melakukan pijatan ringan untuk membantunya bisa tidur dengan lebih nyaman dan tidak mudah terbangun.

Gunakan baby oil untuk membantu saat memijat tubuhnya dengan lembut dan perlahan. Dengan begitu si kecil juga akan lebih mudah terlelap dan jarang untuk terbangun lagi saat malam hari.

  • Suasana kamar yang nyaman

Tips menidurkan bayi 1 bulan dengan aman yang selanjutnya adalah sebisa mungkin memberikan suasana tidur di kamar yang nyaman. Si kecil yang mudah terbangun atau sulit untuk tidur bisa saja karena ia merasa kurang nyaman dengan keadaan kamarnya. Aturlah suhu kamar agar tidak terlalu panas atau dingin.

Pilihlah kamar yang tidak dekat dengan jendela jalan raya agar si kecil tidak merasa bising dan sulit tertidur. Khusus untuk di malam hari, sebaiknya gunakan pencahayaan yang remang. Hal ini juga membantu si kecil untuk membedakan antara waktu malam dan siang hari.

Kebanyakan orang tua mungkin akan memberikan berbagai macam benda di sekeliling si kecil saat tidur. Alasannya agar si kecil tidak mudah jatuh atau terguling. Padahal hal ini justru bisa membuat si kecil yang kesulitan saat tidur. Ia akan merasa sesak dan kesulitan untuk bergerak dengan lebih leluasa. Untuk itu gunakan bantal dan guling secukupnya saja saat ia akan tidur.

  • Menenangkan bayi

Tidak semua bayi bisa tertidur dalam keadaan yang tenang. Ada juga beberapa bayi yang tidur dengan rewel untuk itu sebelum mengajaknya tidur, tenangkan bayi terlebih dahulu. Anda bisa melakukan beberapa cara seperti dengan menggosok-gosok lembut bagian kepalanya. Hal ini akan membantunya untuk bisa tidur dengan lebih tenang dan juga tidak rewel

  • Mengatur suhu kamarnya

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, mengatur suhu kamar juga bisa membuat suasana kamar menjadi lebih nyaman untuk digunakan tidur. Hindari untuk menggunakan suhu kamar yang terlalu panas atau dingin. Jika Anda menggunakan AC di dalam kamar, lebih baik mengaturnya dengan suhu sekitar 21 sampai 23 derajat Celsius.

  • Membangun pola tidur

Salah satu tips menidurkan bayi 1 bulan dengan cepat adalah apabila si kecil sudah memiliki pola tidur. Pola tidur tersebut hendaknya dibangun oleh sang ibu dimana Anda sudah menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang berpengaruh pada cara si kecil untuk lebih cepat tidur.

Misalnya dengan memberinya asi atau bubur bayi organik 1 jam sebelum waktu tidurnya. Kemudian mengganti baju dan popoknya dengan yang baru. Hingga menidurkannya di tempat tidur sampai ia merasa mengantuk dan tertidur. Jika kegiatan ini dilakukan secara rutin atau terus menerus maka si kecil juga akan tahu mengenai pola atau rutinitas saat akan tidur.

Tips Tempat Tidur Aman Untuk si Kecil

Tempat tidur untuk membantu si kecil tidur dengan nyaman dan lebih mudah terlelap adalah tempat tidur yang baik. Tempat tidur tersebut memerlukan beberapa hal atau kriteria agar bisa digunakan dengan nyaman.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat tempat tidur si kecil menjadi lebih nyaman:

  • Jangan kepanasan

Si kecil yang tertidur dalam kondisi gerah atau kepanasan pastinya akan kurang nyaman untuknya. Oleh karena itu Anda bisa mencoba untuk menggunakan seprei dari bahan katun. Bahan ini memiliki tekstur yang halus dan juga aman dan nyaman untuk digunakan oleh bayi.

Selain itu bahan ini juga dingin sehingga si kecil tidak akan merasa kepanasan. Dan soal seprei, Anda juga bisa menggunakan sarung bantal dan juga sarung guling dengan bahan katun ini. Jangan lupa membuat suhu kamar menjadi tidak terlalu panas dengan suhu yaitu sekitar 21 hingga 23 derajat Celsius.

  • Kasur yang tepat

Tips menidurkan bayi 1 bulan dengan benar jika Anda menggunakan kasur adalah dengan memilih kasur yang tepat. Misalnya seperti:

  • Kasur yang sesuai dengan box bayi jika memang akan ditempatkan di dalam box. Ukurannya pas sehingga tidak ada ruang yang tersisa.
  • Kasur juga harus kencang dan padat. Selain itu pada bagian permukaannya juga harus lebih rata dimana tidak mudah tertekan oleh berat badan si kecil.
  • Ketika semakin besar dan bertambah berat badan si kecil, lebih baik Anda mengganti kasurnya dengan yang lebih rendah.
  • Menggunakan tempat tidur yang berbeda untuk satu ruang yang sama

Kebanyakan orang tua di Indonesia akan menggunakan satu kasur untuk tidur dengan bayi. Hal ini memang boleh saja namun lebih baik jika menggunakan kasur yang berbeda. Anda bisa meletakkan box di samping tempat tidur Anda untuk si kecil. Tujuannya untuk membantu pola tidur bayi yang lebih berani tidur sendiri.

Kasur yang berbeda dalam satu ruangan memang lebih dianjurkan daripada terpisah ruangan. Dikarenakan si kecil setidaknya sampai berusia 6 bulan harus dekat dengan orang tuanya saat tidur. Si kecil yang tidur dekat dengan Anda juga akan lebih memudahkan Anda dalam mengganti popok atau menyusuinya saat ia terbangun tengah malam.

  • Posisi tidur dalam kamar

Posisi tidur si kecil dalam kamar juga harus diperhatikan. Jangan sampai si kecil tidur dalam posisi atau letak yang dekat dengan jendela. Hal ini menyebabkan sinar matahari akan secara langsung mengenainya. Selain itu juga jangan dekatkan dengan tirai karena bisa saja si kecil meraihnya dan malah membahayakannya. Carilah posisi atau letak box bayi yang aman di dalam kamar Anda.

Alasan Memberikan MPASI Bubur Organik ONIC Pada Bayi

Jika bayi Anda sudah cukup umur untuk asupan MPASI, maka ada baiknya memberikan produk bubur organik ONIC dibanding bubur biasa lainnya. Kenapa?

  • Bubur ONIC terbuat dari bahan alami bebas MSG dan pengawet
  • Dikemas secara praktis dalam kemasan pouch yang bisa dibawa kapan saja
  • Dapat disiapkan secara mudah dan cepat
  • Tersedia dalam 14 varian rasa enak yang pasti disukai bayi
  • Lebih banyak daging dan sayur sehingga nutrisinya seimbang bagi bayi
  • Tidak terlalu cair dan benyek, teksturnya sangatlah baik

Itulah sebabnya, selain tahu tips menidurkan bayi 1 bulan, orang tua juga perlu tahu tips memberikan asupan yang baik bagi anak Anda.

[Total: 4   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp